Penggunaan teknologi komputer khusunya dalam hal pengolahan data pada saat ini
sangat diperlukan. Baik untuk kepentingan perorangan maupun untuk kepentingan
organanisasi. Salah satu contohnya adalah banyaknya penggunaan sistem aplikasi
untuk menunjang pekerjaan agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Termasuk di
PT Mora Telematika Indonesia yang menggunakan Sistem Aplikasi Oracle sebagai
wadah untuk mengolah data pelanggan sebagai penunjang pekerjaan dari sisi
administrasi agar bisnisnya dapat berjalan lancar, Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi pada PT Mora Telematika Indonesia. Langkah – langkah dalam
melakukan Prosedur Penginputan Data Pelanggan pada PT Mora Telematika
Indonesia di lakukan mulai dari penerimaan Purchase Order (PO) dari pelanggan yang
kemudian di email oleh Sales lalu dilakukan penginputan pada sistem oleh Admin.
Langkah selanjutnya adalah penerimaan Berita Acara Serah Terima (BAST) dari
pelanggan yang kemudian di email oleh sales lalu dilakukan penginputan data pada
sistem oleh Admin. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya sistem
aplikasi sangat membantu kegiatan administrasi pada sebuah perusahaan. Namun,
tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sistem aplikasi bisa berguna sesuai
dengan tujuannya yaitu membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
PROSEDUR PENGINPUTAN DATA PELANGGAN PADA SISTEM APLIKASI ORACLE DI PT MORA TELEMATIKA INDONESIA
Cover
Deny Sudalraljalt, Ralhalyu Tri Utalmi, Nurul Giswi Kalromalh, Yoelialstuti, & Balkri (2023).
Malnaljemen AL dministralsi Perkalntoraln: Teori daln Pralktek . Penelitialn , 1, 68–68.
Firdalus, AL . (2020). Profitalbility: Jurnal Ilmu Malnaljemen PROSEDUR PENJUAL ALN
AL ALT BERALT (TOYOTAL FORKLIFT) PALDAL PT TRALKTOR NUSALNTALRAL CALBALNG
MALKALSSALR. 4.
Nelsikal Talsirileleu, & Romi Susalnto. (2023). Prosedur Pemberialn Kredit Mikro Krealsi
Paldal PT. Pegaldalialn (Persero) Calbalng Teralndalm Paldalng . Penelitialn , 1, 2–2.
Nur Alfni & AL brinal Malulidnalwalti Jumralh (2019). Malnaljemen Kelals di SD . Penelitialn, 1,
81–81.
Rusdialnal, (2021). MALNAL JEMEN PERKALNTORALN Halnd Out Maltal Kulialh Malnaljemen
Perkalntoraln. Penilitialn, 1, 87–87.
Rethal Dwi Putri Veralnialnsyalh, & Erlalnggal AL ndi Sukmal. (2019). PROSEDUR
PENGELOLALALN ALRSIP UNTUK KEALMALNALN DOKUMEN DI RSIAL PURI
BUNDAL MAL ALNG . Penelitialn, 1, 67–67.
Salwitri, D. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 : BIG DALTAL MENJALWALB TALNTALNGALN
REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Siti Haljalr Rizkiyalh, Indalh Maluludial, Dinuriyalh Halyaltunnissal, Talntrialnal Malrtal, AL . N., &
Halrfialhalni Indalh Ralkhmal Ningtyals (2023). Whalt Is Public Service ? . Penelitialn, 1,
45–45.
Sripin Talalregal, Ridnalvel Lal al al, Relly Potobodal , & Eliyalh AL M Salmpetoding. (2021).
Pelaltihaln Penginputaln Konten Website di Kalntor Calmalt Kalbalrualn Kalbupalten
Kepulalualn Tal alud . 2, 37–37.
33
Sutrisno AL rialnto Palsalribu. (2023). ALlgoritmal daln Pemrogralmaln Dal alm Balhalsal Palscal
daln C++ . 1, 46–46