Industri pariwisata merupakan kumpulan usaha pariwisata yang bekerja sama
membuat barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dalam
penyelenggaraan pariwisata. Pelayanan kamar merupakan aspek krusial dalam upaya
hotel untuk menciptakan kesan positif bagi tamu. Dalam hal ini, departemen
housekeeping memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kenyamanan
dan keamanan tamu selama menginap. Metode pengumpulan data pada tugas akhir
ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi
dengan metode analisanya berupa analisis kualitatif, yaitu metode analisis data untuk
mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada. Tugas akhir ini
membahas bagaimana penggunaan peralatan dan bahan kimia oleh petugas
kebersihan dapat mempengaruhi efisiensi kerja mereka dan, pada gilirannya, kualitas
pelayanan kamar di Tasneem Hotel dan Convention Yogyakarta. Penelitian ini
menilai berbagai aspek terkait, termasuk pelatihan petugas, prosedur penggunaan
peralatan, dan penanganan bahan kimia, serta dampaknya terhadap kepuasan tamu.
Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna
untuk meningkatkan standar layanan di hotel, serta menawarkan rekomendasi untuk
perbaikan yang dapat mendukung pencapaian kepuasan tamu yang lebih tinggi.
Armawan, R. (2013). Studi Analisis Tentang Pengaruh Standard Operating
Procedure Penggunaan Chemical Terhadap Tingkat Kesehatan Kerja Oomboy
Di Housekeeping Department Bintan Lagoon Resort. Jurnal Pariwisata
Indonesia, 9(1).
Darsono, A. (2011). Housekeeping Hotel. Gramedia Pustaka Utama.
Devi Hari Putri, E., Wicaksono, F., & BSI Yogyakarta, A. (2015). Peranan
Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu Di The Sahid Rich
Yogyakarta. In Jurnal Khasanah Ilmu (Vol. 6, Issue 2).
Hasibuan, P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran
Temperatur Udara Dengan Metode Observasi Analysis of Air Temperature
Measurements Using the Observational Method. ABDIMAS:Jurnal Garuda
Pengabdian
Kepada
Masyarakat,
1(1),
8–15.
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman
Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Scramble. Jurnal
Al-Amar (JAA), 4(2), 121–130.
Kania, D., & Suhendi. (2022). Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan pada
Hotel Grandia Bandung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1).
Maristy, H. S., & Trisna Murni, C. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kinerja Room
Boy Untuk Mendukung Operasional Housekeeping Departement Di Hotel New
Saphir Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan
Perhotelan), 2021.
Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori
Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK UNESA, 18, 1–8.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-
unesa/article/view/22037
Murjani, M., & Ramdhani. (2020). Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan
Hunian Kamar Pada Swiss-Bellhotel Borneo Banjarmasin. Jurnal Sosial
Pariwisata, 113–126.
Novita, Y. (2017). HOUSEKEEPING (Salmiah (ed.)). CV.. Mifan Karya Sekawan.
Prayogi, D., & Putri, N. D. (2018). Pengaruh Kelengkapan Peralatan Room
Attendant Terhadap Kinerja Housekeeping Di Hotel Santika Premiere Malang.
Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1). https://doi.org/10.26905/jpp.v3i1.1406
Said, K. (2022). Manajemen Housekeeping Hotel.
Suriyati, Putri, F. T. ., & Irmayanti. (2023). Pendampingan Strategi Pemasaran secara
Online pada Home IndustryRengginang di Desa Padaelo, Kajuara, Bone,
Sulawesi Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56–61.
Trinaldo Simatupang, D., & Mulyadi. (2022). Pelaksanaan Pembersihan KamarTamu Oleh Pramugraha Di Hotel Naripan Bandung. Jurnal Mekar, 1, 21–27.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,
Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed
Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.