Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta

research
  • 22 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui : (1) Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta, (2) Faktor – Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Dalam Misinya Meningkatkan Motivasi Siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dan dalam proses pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi datas, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kaitan dan penyesuaian kepada literatur terdahulu dalam mengidentifikasi Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini melalui tahapan strategi komunikasi menurut anwar Arifin yaitu melalui 5 (lima) tahapan yaitu, Mengenal Khalayak, Menyusun Pesan, Menentukan Metode, Pemilihan Penggunaan Media, dan Peranan Komunikator.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, Menik Tetha, and Danang Afi Kurniawan. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Psikologi Perseptual 5(2): 120. doi:10.24176/perseptual.v5i2.5168.

Akib, Syubhan, and Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa. 2022. “Peran Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6): 5589–96.

Andi Makkulawu Panyiwi Kessi. 2019. “MOTIVASI, KOMPETENSI, DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DOSEN.” Jakad Media Publishing: 9–10. https://books.google.co.id/books?id=aMXZDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false.

Anggraini, Sintia. 2022. “Jurnal Basicedu.” 6(3): 5287–94.

Cikka, Hairuddin. 2020. “Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.” Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 15(2): 359. doi:10.24239/al-mishbah.vol15.iss2.171.

Giantika, G G. 2020. “Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi 11(30): 143–50. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/8575.

Harahap, Neni Fitriana, Dewi Anjani, and Nabsiah Sabrina. 2021. “Article Analysis of Motivation Methods and Student Learning Motivation Functions.” Indonesian Journal Of Intellectual Publication 1(3): 198–203.

Harianto, Yudi Asmara. 2017. “Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif.” The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century.

Hasanah, Uswatun, Sugandi, and Dwivayani. 2022. “Fungsi Komunikasi Sosial Pada Program Berencana Di Kecamatan Sambutan.” Ilmu Komunikasi 10(3): 144–53.

Iii, B A B, and Metodologi Penelitian. 2017. “Unit Analisis.” : 29–60.

Ilmiah, Jurnal, Teknik Informatika, Maria Stella Meinda, Program Studi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi, Universitas Bina Sarana, et al. 2023. “Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ( Studi Pada Guru – Guru Di SMP Van Lith ).” 3(3).

Indriani, Desy. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3: 851–54. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x.

Khairunisa, Safira Aulia. 2024. “Strategi Komunikasi Guru Kepada Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ( Studi Kasus Pada Kelas 5 Sdn Beji 1 Depok ).” 2(3): 1–10.

Liat, Tanah, and D I Desa. 2023. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PESANTREN MAWARIDUSSALAM DALAM MENINGKATKAN MINAT SANTRI DI BATANG KUIS DELI SERDANG.” 08(1): 1319–32.

Liza Aprillia. 2020. “IMPLEMENTASI TUGAS POKOK GURU P.” 2013.

Maknun, Mardiana. 2023. “Angka Putus Sekolah Meningkat, Penyebabnya Tak Melulu Ekonomi.” Investor.id. https://investor.id/lifestyle/333349/angka-putus-sekolah-meningkat-penyebabnya-tak-melulu-ekonomi (July 26, 2024). 

Mannan, Audah. 2019. “Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone.” Jurnal Aqidah 5(1): 1–22.

Munawi, Ahmad Syarif, Syahril Maulana Yusup, Tatang Mulyana, and Deri Alan Kurniawan. 2023. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Pemandian Air Panas Tirtagangga Cipanas Garut.” Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management 2(02): 80–86. doi:10.52434/jesm.v2i02.242.

Mustajab, Ridhwan. 2023. “Ada 44,19 Juta Murid Di Indonesia Pada 2022/2023.” Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/ada-4419-juta-murid-di-indonesia-pada-20222023.

Nurwin, Kartika Juanita, and Agus Frianto. 2021. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Asuransi.” Jurnal Ilmu Manajemen 9(3): 876–85. doi:10.26740/jim.v9n3.p876-885. 

Rois, Nur. 2019. “Konsep Motivasi, Perilaku, Dan Pengalaman Puncak Spiritual Manusia Dalam Psikologi Islam.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas 7(2): 184–98. doi:10.31942/pgrs.v7i2.3096.

Safitri, Bela, and Nendi Sahrul Mujahid. 2024. “Komunikasi Efektif Dalam Organisasi.” Cendekia Inovatif Dan Berbudaya 1(3): 309–16. doi:10.59996/cendib.v1i3.318.

Sahid, Muhammad. 2021. “Hambatan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Menggunakan Media Whatsapp Group.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(1): 299–308. doi:10.58258/jisip.v5i1.1673.

Sallma Fadila. 2023. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Guna Atasi Anak Putus Sekolah.” Kumparan.com. https://kumparan.com/sallmaafadila/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-sekolah-dasar-guna-atasi-anak-putus-sekolah-20yKZ9C2eFc/full (July 26, 2024).

Sartika, Rawit, Panji Suratriadi, and Fajar Diah Astuti. 2023. “Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP Negeri 13 Bogor.” Jurnal Public Relations (J-PR) 4(1): 13–22. doi:10.31294/jpr.v4i1.1977. 

Syahrul Abidin. Syahrul Abidin : Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.

Tahsinia, Jurnal. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik.” 4(2): 300–311.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai  7(1): 2896–2910. 

Yuliana. 2021. “Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi.” Journal: Sudut Pandang 2(1): 1–5.