KONSEP DIRI ANAK BROKEN HOME (Studi Fenomenologi Pada Kesehatan Mental Anak Broken Home di Wilayah Pegadungan Jakarta Barat)

research
  • 22 Oct
  • 2024

KONSEP DIRI ANAK BROKEN HOME (Studi Fenomenologi Pada Kesehatan Mental Anak Broken Home di Wilayah Pegadungan Jakarta Barat)

Konsep diri ialah kumpulan keyakinan dan persepsi diri terhadap diri sendiri yang terorganisir. Konsep diri bukan suatu hal yang tetap, dapat berubah-ubah, dan terus berkembang serta selalu di terpa dari informasi baru untuk di persepsikan dan di interpretasikan. Konsep diri ialah faktor yang sangat berpengaruh dalam komunikasi interpersonal, dikarenkan tiap orang mempunyai tingkah yang sesuai dengan konsep dirinya. Melalui komunikasi, individu dapat menemukan dirinya, mengembangkan konsep diri, dan mengembangkan interaksi dengan dunia dan sekitarnya. Keluarga juga dapat menjadi acuan utama anak dalam proses menjalani kehidupan selanjutnya. Keluarga memiliki tanggung jawab terhadap pendewasaan dan pertumbuhan sosial pada anak. Permasalahan yang dihadapi pada setiap remaja tidak lepas dari banyak faktor, salah satunya adalah kesehatn mental. Kesehatan mental ialah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan ataupun bagian integral dan suatu bagian unsur utama untuk menunjang terwujudnya kualitas dalam hidup. Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif, yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi untuk mengumpulkan data yang valid dan terperinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri anak broken home memiliki konsep diri yang berbeda-beda yaitu konsep diri postif dan konsep diri negatif. Konsep diri positif yaitu dapat menerima dirinya dan berdamai dengan masa lalunya, sedangkan konsep diri negatif yaitu tidak dapat berdamai di dalam kondisi baru dan tidak mempercayai dirinya. Temuan ini menegaskan pentingnya interaksi dan komunikasi yang baik di dalam proses penyesuaian konsep diri dan pentingnya menjaga kesehatan mental individu, serta memberikan informasi tentang dinamika konsep diri dan kesehatan mental dalam proses kehidupan yang dijalani.

Unduhan

 

  • SKRIPSI.pdf

    KONSEP DIRI ANAK BROKEN HOME (Studi Fenomenologi Pada Kesehatan Mental Anak Broken Home di Wilayah Pegadungan Jakarta Barat)

    •   diunduh 1x | Ukuran 2,078,785

REFERENSI

Arini, T., Nuril Amalia, R., & YKY Yogyakarta, A. (n.d.). (2019). PERAN            KELUARGA DALAM             PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK UNTUK   MENENTUKAN KARAKTER. Jurnal.

Dr. Abdul Fattah Nasution M.Pd. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa            Creative. Jurnal.

Usman, Hasmiah Herawati, Nurlela Ramli, Wirawan Setia Laksana. (2019).            COOPERATIVE LEARNINGS. DIRAH. Jurnal. (n.d.).

Damayani Pohan, D., & Fitria, U. S. (2021). JENIS JENIS KOMUNIKASI. In     Cybernetics:    Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2,      Issue3).                                                                      http://pusdikrapublishing.com/index.php/jrss

Effy, O., Maryam, W., Psi, S., Ramon, M. S., Paryontri, A., & Psi, M. (n.d.). (2020).         BUKU AJAR PSIKOLOGI KOMUNIKASI UNIVERSITAS            MUHAMMADIYAH SIDOARJO. UMSIDA Press.

Hudi, I., Purwanto, H., Nisa Defi, K., Nur Bintang, P., Mayfitri Dewi, S., & Yulianti        Nuraliffah,      W. (2024). Kesehatan Mental Anak di Dalam Keluarga Broken Home. Jurnal Ilmu pendidikan Dan Psikologi 1(2).                                                https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about

Sabbila Nurcahyani1, Nelyahardi Gutji2, Muhammad Zulfikar3. (2023). Hubungan           komunikasi orang tua dengan konsep diri siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi   7(2), 59–65.                                                                 https://doi.org/10.26539/teraputik.722013

Ns. Debby Sinthania, S.Kep., M.Kep., Dkk .(2020). KESEHATAN MENTAL (TEORI       DAN             PENERAPAN). MEDIA SAINS INDOENSIA .(n.d.).

Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, S.Sos., M.Si. etc. (2021). Komunikasi Kesehatan            (Z-Library). (n.d.).

Mufaroha, L., & Yosyva, F. T. (2023). DAMPAK PERCERAIAN KEDUA ORANG          TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL SEORANG ANAK. Triwikrama:    Jurnal Ilmu Sosial. 4(2).

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal., 21(1),          33–54.                                                                           https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sani, Y., & Syahrul Jiwandono, I. (2021). HUBUNGAN KOMUNIKASI             INTERPERSONAL             ANAK TERHADAP ORANG TUA DENGAN      KONSEP DIRI ANAK THE             RELATIONSHIP OF INTERPERSONAL COMUNICATION BETWEEN CHILDREN          AND PARENTS WITH       THE CHILD’S CONCEPT. Jurnal.

Saputra, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja Melalui penanaman Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal.,        (Vol. 18, Issue 2).                                                       http://alhikmah.iain-jember.ac.id/

Widya, P.,Anak, P., Dini, U., & Mutiara Magta, O. (2019). PERAN KOMUNIKASI           KELUARGA             TERHADAP KONSEP DIRI ANAK USIA DINI.             https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Dr. Sumarto, S.Sos.I, M.Pd.I. (2019). REALITAS KELUARGA (Kajian Bimbingan            Konseling Keluarga) Penyunting. Buku Literasiologi                                              www:http://literasikitaindonesia.com

Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si. etc. (2020)., Membentuk Konsep Diri Melalui         Budaya Tutur Tinjauan Psikologi Komunikasi. (Z-Library) (1). (n.d.).

Ushfuri Amini, N., & Ushfuri Amini, N. (2022). Motif dan Makna Sukarelawan    sebagai Pelaku Komunikasi Terapeutik (Studi Fenomenologi mengenai Motif      Sukarelawan sebagai   Pelaku Komunikasi Terapeutik melalui Metode Kasih             Sayang di Yayasan Penyandang Disabilitas Mental Mentari Hati             Tasikmalaya). In MHC JOURNAL OF Mental Health Concerns (Vol. 1, Issue        2).