Perkembangan kemajuan teknologi informasi mendorong perubahan komponen penggunan perangkat pendukungnya, pada masa sekarang penggunaan ponsel pintar (smartphone) menjadi kebutuhan mendasar untuk penggunaan aplikasi-aplikasi mobile. Pengembangan aplikasi-aplikasi mobile bukan hanya untuk tujuan sosial dan hiburan semata saja, tujuan bisnis pun ikut berpartisipasi di dalamnya. Penelitian terhadap PT. Arrizstra, dimana didalam pengelolaan absensi karyawan ditemui masih menggunakan absensi secara manual dan dibantu pemanfaatan aplikasi berbagi pesan whatsapp dalam proses absensi, sehingga perlu ada peningkatan guna menjaga efiesiensi waktu, terjaganya produktivitas karyawan dan memperbaiki keamanan sehingga menggurangi indikasi kecurangan prosesi absensi karyawan. Solusi permasalahan tersebut yaitu dengan membangun sebuah sistem yang tersistemastis. Penelitian ini menggunakan motode waterfall secara terurut mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Dalam proses desain perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, dan rancangan database. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah sistem absensi karyawan berbentuk aplikasi mobile dan menggunakan fitur geolocation. Sistem ini dibuat agar memudahkan karyawan sehingga dalam pelaksanaannya menggunakan ponsel pintar (smartphone), dimana dalam proses input absensi hanya dapat dilakukan di dalam area penempatan kerja.
Skripsi
Cover
Abdallah Umar, S. A., & Isyawati Permata Ganggi, R. (2019). EVALUASI DESAIN USER INTERFACE BERDASARKAN USER EXPERIENCE PADA iJATENG. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8, 11–21. https://kominfo.go.id
Abdul ’alim, M., Kartika Dewi, R., & Brata, K. C. (2021). Pengembangann Aplikasi Rekomendasi Musik Berdasarkan Emosi Pengguna Pada Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 242–249. http://j-ptiik.ub.ac.id
Adawiyah Robi’atul Vina, Nadya Afrida Reffansyah, & Bakti Fatwa Anbiya. (2024). TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: PERAN WHATSAPP DALAM INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. Jurnal Edukasi, 2, 84–98.
Adityawan, O., Firman Rahadi, P., Destian Pratama, S., & Fachrurozi, R. (2023). PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF CERITA NABI-NABI ULUL AZMI UNTUK ANAK-ANAK DALAM BENTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF. 1, 1–9.
Akbar Syahrizal. (2019, October 28). Belajar Widget-widget Pada Flutter : Flutter Starter Pack Part 1. Medium. https://medium.com/flutter-developer-indonesia/belajar-widget-widget-pada-flutter-flutter-starter-pack-part-1-7f386a02fbb6
Alfaridzi Rifki. (2024, January 31). Perkembangan Revolusi Industri dari 1.0 sampai 4.0. SHA SOLO. https://shasolo.com/perkembangan-revolusi-industri-dari-1-0-sampai-4-0/
Ariantara Merta Gede I, & Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra. (2020). Penerapan REST API dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Rental Mobil berbasis Web dan Mobile (Studi Kasus: CV. Dwi Cipta Rent Car). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(8), 2569–2576. http://j-ptiik.ub.ac.id
Ary Juru Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng, N. (2020). Analisis Struktur Organisasi Terhadap Kinerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen,Ekonomi,DanAkuntansi), 4(2), 1–13.
Astro, R. B., & Humairo, D. S. (2019). TEORI RELATIVITAS PADA GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS). Jurnal Dinamika Sains, 3(1), 96–102.
Ayu Rifka Sitoresmi. (2023, January 10). 19 Macam Android dari Tingkatan Pertama hingga Terbaru Lengkap Beserta Fiturnya. Https://Www.Liputan6.Com/Hot/Read/5307605/19-Macam-Android-Dari-Tingkatan-Pertama-Hingga-Terbaru-Lengkap-Beserta-Fiturnya?Page=5. 05/07/2024https://www.liputan6.com/hot/read/5307605/19-macam-android-dari-tingkatan-pertama-hingga-terbaru-lengkap-beserta-fiturnya?page=5
Aziz Nur, Pribadi Gali, & Nurcahya Savitrie Manda. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 4, 4, 1–5.
Bratha Endra Gede Wayan. (2022). LITERATURE REVIEW KOMPONEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: SOFTWARE, DATABASE DAN BRAINWARE. Jurnal Ekonomi Manejamen Sistem Informasi, 3(3). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3
Buana, T. I., Putra Kharisma, A., & Al Huda, F. (2022). Pengembangan Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi dengan menggunakan Validasi Koordinat Lokasi dan Foto Selfie di PT. Bintang Mas Glassolutions. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(12), 5799–5808. http://j-ptiik.ub.ac.id
Chandar Surya Gerry, & Suhatati Tjandar. (2020). Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, GRAPHICS, HOSPITALITY AND TECHNOLOGY, 76–81. https://jurnal.istts.ac.id/index.php/insight/article/view/109
Damayanti, L., Norisanti, N., & Nurmala, R. (2023). EFFECT OF ELECTRONIC ATTENDANCE AND CYBERLOAFING BEHAVIOR ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY PENGARUH ELEKTRONIK ABSENSI DAN PERILAKU CYBERLOAFING TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN. COSTING: Jurnal of Economic, Business and Accounting, 7, 884–891.
Darise, G. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X di MAN Model Manado. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 226. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.475
Deo Eka Putra, R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Online Tiket Bioskop Berbasis Mobile.
Dr. H. Abdussamad, Z. (2021). Buku Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. syakir Media Press.
Enggar Krisnada, F., & Tanone, R. (2020). Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 5(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v5i3.1865
Erwandi, C. (2022). Analysis of Academic Database Design for SD Negeri 195 Lubuk Mumpo. In Jurnal Media Computer Science (Vol. 1, Issue 1).
Fadli Raffi Muhammad, & Windah Wibawanto. (2020). Arty: Journal of Visual Arts USER INTERFACE AND USER EXPERIENCE OF INDOSPORT MOBILE APPLICATIONS USING A USER CENTERED DESIGN APPROACH. Arty: Journal of Visual Arts. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty
Fauziah Nabila. (2022, February 21). Bahasa Pemrograman Dart – Pengertian, Sejarah, Fitur, dan Contoh Aplikasi. Alterra Blog. https://academy.alterra.id/blog/bahasa-pemrograman-dart/
Ferisa Danesvaran. (2022, October 29). Analisis Masalah: Pengertian dan Metode-metodenya. Https://Www.Hitoko.Co.Id/Blog/Analisis-Masalah/#:~:Text=Kesimpulan-,Pengertian%20Analisis%20Masalah,Prinsipil%20di%20dalam%20proses%20pembelajaran.
Gunawan, R. H., Rahadian, D., & Purwanti, Y. (2019a). PEMBUATAN ABSENSI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI IPI GARUT. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan, 2, 318–328.
Gunawan, R. H., Rahadian, D., & Purwanti, Y. (2019b). PEMBUATAN ABSENSI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL UNTUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI IPI GARUT. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan, 2, 318–328.
Hambali Ridho. (2023, April 13). Sejarah Whatsapp. INews Jambi. https://jambi.inews.id/read/268621/sejarah-whatsapp
Handayani, N. S. (2024). APAKAH PENUNDAAN WAKTU TIDUR DAPAT DISEBABKAN OLEH REGULASI DIRI DAN KECENDERUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE? JUKEKE, 3(2), 11–17. https://doi.org/10.56127/juk
Hanif, I. F., & Sinambela, G. M. (2020). PEMBUATAN APLIKASI E-TATIB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DART MAKING AN ANDROID-BASED E-TATIB APPLICATION USING THE DART PROGRAMMING LANGUAGE. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis (JTTB), 3(2), 23–29.
Ikhsan. (2023, November 17). Sejarah Perkembangan Revolusi Industri Era 1.0 sampai 4.0. Sasana Digital. https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/
Imamsyah, I., Nurbaiti, N., & Dharma, B. (2023). GENERATION Z’S INTEREST IN USING ONLINE SHOP APPLICATIONS FROM USER INTERFACE AND USABILITY FACTORS. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 308–321. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna
Indah Nurlita, & Reni Anggraini. (2023). Analysis and Design of Incoming and Outgoing Cash Accounting Information Systems at Kilometer 28 Laundry using the Pieces and Waterfall Methods with Unified Modeling Language (Uml) Tools. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(6), 1065–1090. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i6.4411
Iskandar Mulyana, D., & Afidin, A. O. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BISNIS ONLINE BERBASIS MOBILE PADA MASTER ONLINE COMMUNITY JAKARTA. CKI ON SPOT, 1–8. http://www.kodingindonesia.com/install-
Kania Inten Della. (2023, June 24). 3 Jenis Aplikasi yang Harus Kamu Ketahui. Dicoding. https://www.dicoding.com/blog/3-jenis-aplikasi-yang-harus-kamu-ketahui/
Kartika, S., & Raissa Amanda Putri, dan. (2021). SISTEM PENCARIAN LOKASI DAN RUTE TERDEKAT MENGGUNAKAN METODE HAVERSINE FORMULA PADA APLIKASI DONATUR PAKAIAN BERBASIS ANDROID. In Al Ulum Sains dan Teknologi (Vol. 7, Issue 1).
Kosasih, A., Putri Nur, A. K., & Reza Ghifari, M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Anjas Kosasih|https://Jurnalmahasiswa.Com/Index.Php/Teknobis| Page 93TEKNOBIS : Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan, 1, 93–100. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/teknobis
Lase, aro, & Haitan Rachman, M. (2021). IMPLEMENTASI APLIKASI CHATTING KELUARGA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPS PADA TELEPON SELULER BERBASIS IOS. In Jurnal FIKI: Vol. XI (Issue 2). http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki
Mario Manogi Jeremia. (2019, August 31). Tutorial Flutter — Widgets Mengenal Berbagai Widget pada Flutter. Medium. https://medium.com/komandro-ccit-ftui/tutorial-flutter-widgets-430926aa45
Martalena, E. (2020). PENGARUH EXPERIENTTIAL MARKETING, EMOTIONAL BRANDING DAN CITRA MEREK TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA SMARTPHONE OPPO (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Etrepreneur Dan Manajemen Sains, 1, 135–142. http://gs.statcounter.com/vendor-market-share/mobile/indonesia
Miftachudin, M. (2022). Penerapan Sistem Ujian Online Terhadap Kemampuan Dasar Pemrograman PHP Berbasis Website. Teknologipintar.Org, 2(1), 2022–2023.
Nistrina, K., & Lestari, T. A. (2024). Desain Inovatif Sistem Informasi Profil Hotel Damanaka Pangalengan Berbasis Website Menggunakan UML dan Figma. JurnalSistemInformasi, J-SIKA, 6, 8–17.
Nugraha, I. B. (n.d.). PENERAPAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA NON-PLAYER CHARACTER GAME MOBILE DUNGEON ESCAPE. .
Nur Prasetyo, D., & Rahmawati, D. (2023). Perancangan Sistem Pemilihan Ketua Osis Dan Ketua Kelas Di Smk Yuppentek 2 Kabupaten Tangerang Berbasis Web Menggunakan Unified Modelling Language (Uml). Jurnal Teknik Informatika Unis, 11(2), 214–226.
Perdana Arkan. (2021, January 18). Mengenal OOP, Teknik Pemrograman Modern yang Berorientasi pada Objek. Glints. https://glints.com/id/lowongan/oop-adalah/
Pradita, T., & Mubarok, A. (2021). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA PADA LUCKY PHOTO DENGAN FRAMEWORK LARAVEL. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 2(1), 326–334.
Pratama, P. A., & Saputra, P. S. (2023). APLIKASI KASIR TOKO PETSHOP MENGGUNAKAN DATABASE MYSQL BERBASIS JAVA DESKTOP OBJECT ORIENTED PROGRAM (OOP). Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 2(1), 12–15. https://glints.com/id/
Prayoga J, Sinar Sinurat, Andy Rachman, Irmawati Carolina, Yuwan Jumaryadi, Frieyadie, Andi Irmayana, Adi Supriyatna, Pasnur, Budanis Dwi Meilani, & Munawarah. (2023). PEMOGRAMAN MOBILE DENGAN FLUTTER (Syahrizal Muhammad, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. Graha Mitra Edukasi.
Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 01(2), 143–147. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i1.533
Pustaka, S., Pentingnya, T., Beragama, I. M., Bentuk, S., Berkarakter, P., Made, N., Putri, A. A., Agama, I., Negeri, H., Penyang, T., & Raya, P. (2023). Studi Pustaka Terkait Pentingnya Implementasi Moderasi Beragama sebagai Bentuk Pendidikan Berkarakter. In Jurnal Ilmu Hukum (Vol. 6, Issue 1). https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/satya-dharma
Rahmadhani, A. Y., Heildayana, I., Sistem, ), & Akuntansi, I. (2021). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Tiket Pesawat Terbang. Ilmu Data, 1(2), 1–13.
Ramadhani Nuritia. (2021, September 28). Kelebihan dan Kekurangan Absensi Karyawan Manual. Appsensi. https://appsensi.com/absensi-karyawan-manual/
Ramadhanu, P. B., & Priandika, A. T. (2021). RANCANG BANGUN WEB SERVICE API APLIKASI SENTRALISASI PRODUK UMKM PADA UPTD PLUT KUMKM PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 59–64. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Rony Setiawan. (2021, November 17). Black Box Testing Untuk Menguji Perangkat Lunak. Dicoding. https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/
Saga, U., Kaka Mahemba, A., Wahyu, C., & Rahayu, E. (2019, November). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta THE EFFECT OF PRODUCT PRICE AND QUALITY ON CONSUMER RE-BUYING INTEREST WITH CONSUMER SATISFACTION AS VARIABLE MEDIATION Study on Xiaomi Smartphone Users at Sanata Dharma University Yogyakarta. 428–439. https://tekno.tempo.co/read/1020224/kiat-sukses-ceo-xiaomi-lei-jun-kuncinya-inovasi,
Samsir, & Jimmi Hendrik P Sitorus. (2021). Perancangan Sistem Monitoring Lokasi Kendaraan Menggunakan Gps U-Blox Berbasis Android. Jurnal Bisantara Informatika(JBI), 5, 1–10.
Santoso, S., Surjawan, D. J., & Handoyo, E. D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.3071
Saputra, T., Utari, A., Teisnajaya, U., & Agustine, G. T. (2023). PENINGKATAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM ABSENSI SELF POTRAIT DAN GEOLOCATION PADA PT SUCOFINDO PALEMBANG. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 68–77.
Sari, I. S., & Fadli, U. M. D. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG KARAWANG. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 232–237. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.137
Selviana, E. Z., Wahanani, H. E., & Aditiawan, F. P. (2023). Black Box Testing in Community Service Systems Using Boundary Value Analysis and Cause Effect Graph Methods (Case Study of Jombang District Community and Village Empowerment Service). East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(10), 4161–4184. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i10.6435
Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179. https://doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.67
Sofi, N., & Dharmawan, R. (2022). PERANCANGAN APLIKASI BENGKEL CSM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER (BAHASA DART). PERANCANGAN APLIKASI BENGKEL CSM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER (BAHASA DART), 1, 1–11.
Sukma Anugrah, C., Harry B, S., & Indra Budi. (2019). Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS) (pp. 83–88). Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS).
Syafnidawaty. (2020, October 20). Black Box Testing. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/10/20/black-box-testing/
Tahir, M. Y., Hadjaratie, L., Ramdhan, M., & Kaluku, A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Absensi Kepegawaian Menggunakan Geolocation Di SMP Negeri 1 Bongomeme. Diffusion Jurnal Of System And Information Technology, 2(2), 108–118.
Tampubolon, K. (2023). Pelatihan Pengenalan Dasar Bahasa Dart Dalam Pemograman OOP. ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 24–29. https://jurnal.faatuatua.com/index.php/ORAHUA
Ulwan, A. (2021). Perancangan User Interface Aplikasi Absensi Berbasi Android Menggunakan Metode Human Centered Design Pada PT. Ofeq Inovasi. DIES NATALIS KE-52 PERBANAS INSTITUTE SEMINAR NASIONAL PERBANAS INSTITUTE, 208–214.
Voutama, A., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Timur, T., & Barat Kode, J. (2022). I N F O R M A T I K A PEMANFAATAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DALAM PERENCANAAN SISTEM PENYEWAAN BAJU ADAT BERBASIS WEBSITE. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 14(2).
Wahid Abdul Aceng. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 1–5. https://www.researchgate.net/publication/346397070
Waidah Fara Dina, Afrizal, & Zakrimal. (2024). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ABSENSI SISTEM GPS BERBASIS ANDROID UNTUK ABSENSI KEPEGAWAIAN DI UNIVERSITAS KARIMUN. Jurnal TIKAR, 5, 1–11.
Wayahdi, M. R., & Ruziq, F. (2023). Pemodelan Sistem Penerimaan Anggota Baru dengan Unified Modeling Language (UML) (Studi Kasus: Programmer Association of Battuta). Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1514–1521. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12870
Wibowo, B. B., & Setiawan, E. B. (2024). IMPLEMENTASI FACE RECOGNITION DAN GEOLOCATION PADA SISTEM PRESENSI KARYAWAN BERBASIS MOBILE APPS. KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(1).
Wibowo, P. F. (2019). PRIMANOMICS:JURNAL EKONOMI DAN BISNIS-VOL.17.NO.1(2019). Pengaruh Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT.Media Bernas Jogja, 17, 1–11.
Yulsilviana, E., Adytia, P., & Riandika, I. N. (2021). PENCARIAN DRIVER DRY CLEAN TERDEKAT DENGAN METODE HAVERSINE FORMULA. Sebatik, 25(1), 201–207. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1210
Zen, M., & Farta Wijaya, R. (2023). RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel 9 dan RFID Arduino Pada SMKN 9 Medan. Media Online, 3(4), 108–115. https://djournals.com/resolusi