Komunikasi publik melalui media sosial sangat diperlukan demi memperlancar proses penyampaian informasi publik serta peningkatan keterlibatan publik itu sendiri. Penelitian ini mengkaji bagaimana komunikasi publik berperan melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik pada Badan Kepegawaian Negara (BKN). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi, dan analisis konten terkait aktivitas komunikasi publik di akun Instagram @bkngoidofficial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi publik melalui Instagram berperan secara signifikan dalam meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi publik kepada masyarakat. Interaksi aktif antara instansi BKN dan masyarakat melalui fitur komentar dan pesan langsung juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap informasi yang disampaikan. Kesimpulannya, penggunaan komunikasi publik melalui media sosial Instagram dinilai efektif dalam mendukung keterbukaan informasi publik di instansi BKN. Selain itu, evaluasi berkala terhadap efektivitas komunikasi publik melalui Instagram juga penting untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan kualitas informasi yang disampaikan.
Turnitin Skripsi
Skripsi
Jurnal 44200296
Arifin, T. S. N. (2020). Revolusi Nirkabel Dan Akses Universal Media Penyiaran Dalam Lingkup Konvergensi. Journal of Public Policy and Administration Silampari, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.31539/joppa.v1i2.1271
Arko-Mensah, A. (2024). International Journal of Education Humanities and Social Science. International Journal of Education Humanities and Social Science, 7(02), 10–23. https://ijehss.com/uploads2024/EHS_7_641.pdf
Auralia, S. D., & Fitriyah, P. (2024). Two Way Communication Kominfotik pada Program Kerja Pemerintah sebagai Keterbukaan Informasi Publik. 14(1), 89–103. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/download/345/197
Aurelia Bilqis, A., Aliputri, N., Aisyah Andini, R., & Andini Dwi Lestari, S. (2023). Analisis Platform SP4N LAPOR! Dalam Perannya Mendorong Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Hukum,Sosial,Dan Humaniora, 1, 101–110. https://doi.org/10.572349/kultura.v1i2.286
Balakrishnan, K., Angusamy, A., & Danial, M. (2024). Two-way asymmetrical communication mediating internal communication and employee engagement. 9(2), 1–15. https://doi.org/10.54517/esp.v9i2.2074
BPK, D. P. (2008). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Download/28425/UU Nomor 14 Tahun 2008.pdf
BPK, D. P. (2022). Peraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Satu Data Bidang Aparatur Sipil Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Download/293612/Peraturan BKN Nomor 13 Tahun 2022.pdf
Celebi, E. (2020). Public relations in public institutions: A research on the effectiveness of communication process. Journal of Human Sciences, 17(3), 768–779. https://doi.org/10.14687/jhs.v17i2.5970
Dianti, Y. (2019). Efektivitas media cetak internal tabloid. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(2), 5–24. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13755/13497
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press. https://books.google.co.id/books?id=rN4fEAAAQBAJ
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi, 32. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7
Hermalia, R. (2018). Dinamika Konflik Desa Tegal Maja(Studi Kasus: Relokasi Pemukiman Desa Tegal Maja Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16512/12259
Hidayati, Y. H. (2023). Unsur Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Tunas Jaya Desa Jelutung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 3(2), 108–116. https://doi.org/10.32923/kpi.v3i2.3684
Iryani, J., & Syam, N. (2023). Peran Media Sosial dalam Menyebarkan Pesan Agama dan Perubahan Sosial. Pusaka, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1242
Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886
Kamil, H. H., & Tanno, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Investor Berinvestasi, Latar Belakang Pendidikan dan Penghasilan Sebagai Variabel Kontrol. Owner, 6(2), 1622–1637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.568
Kartikawangi, D. (2020). Focus group based evaluation of social media usage in Indonesia’s digital government. Asian Journal for Public Opinion Research, 8(1), 41–58. https://doi.org/10.15206/ajpor.2020.8.1.41
Mardiyanto, D. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo. Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329
Meiranti, M. (2022). Modifikasi penerapan konsep - konsep dasar komunikasi publik dalam kegiatan dakwah kontemporer. INTERCODE – Jurnal Ilmu Komunikasi, 02(01), 1–7. http://www.journal.uml.ac.id/IRE/article/download/807/493
Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi Publik Yang Efektif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82. https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1830/1495
Mukarom, Z. (2021). Teori-Teori Komunikasi. In Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah (Issue Juni). http://md.uinsgd.ac.id
Mukoyimah, M., & Bariyah, C. (2023). Analisis Komunikasi Publik Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Mu’ashir: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(1), 41–58. https://doi.org/10.35878/muashir.v1i1.746
Muspawi, M., Fitriyanti Gustian, I., Rini, E. P., & Nega, S. (2023). Format Interaksi Komunikasi Organisasi Dalam Lingkungan Perkuliahan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5485
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Oktana, E. (2023). Strategi Bisnis Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Di Pt Bpr Asia Sejahtera. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 309–321. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2832
Perea, D., Bonsón, E., & Bednárová, M. (2021). Citizen reactions to municipalities’ Instagram communication. Government Information Quarterly, 38(3). https://doi.org/10.1016/j.giq.2021.101579
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis-jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 29–37. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/download/158/132
Purnama, T. T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung. 1. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60929
Puspitasari, K., & Irwansyah, I. (2022). Fleksibilitas interpretatif teknologi web 2.0 bagi pengelola media sosial instansi pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(2), 220. https://doi.org/10.24198/prh.v6i2.28623
Rahayu, D. A. (2024). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Dalam Komunikasi Publik Media Sosial Pada Kaum Milenial Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 7(1), 52–57. https://doi.org/10.47532/jic.v7i1.982
Rasyid, A. A. (2020). Pemanfaatan Instagram Oleh Generasi Milenial Sebagai Media. Jurnal Ekonomi, Sosial & …, 01(July), 1–8. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/download/185/127
Setyawati, D. N., & Fitriati, R. (2023). DIGITAL GOVERNANCE DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. Jurnal Kebijakan Publik, 14(1), 48. https://doi.org/10.31258/jkp.v14i1.8217
Stahl, N. A., & King, J. R. (2020). Expanding Approaches for Research: Understanding and Using Trustworthiness in Qualitative Research. JOURNAL of DEVELOPMENTAL EDUCATION. https://www.jstor.org/stable/45381095
Suryana. (2019). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 2, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Susilawaty, F. T., Wardanhi, S. S., Sudirman, F. A., & Halika, L. O. H. (2022). Persuasi Fitur Instagram : Stay on Screen. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(1), 107. https://doi.org/10.52423/jikuho.v7i1.22539
Yusuf, A., Aisyiyah, P., & Dewi, R. (2023). Studi Kasus Keterbukaan Informasi Publik Dinas Komunikasi Dan Informasi Kab. Mojokerto Dalam Tinjauan Komunikasi Publik Di Masa Pandemi Covid-19. 6(3), 151–158. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/52856/42518