Pengaruh Konten Instagram @quranreview Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Dalam Mengkaji Ayat Al-Qur'an

research
  • 22 Oct
  • 2024

Pengaruh Konten Instagram @quranreview Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Dalam Mengkaji Ayat Al-Qur'an

Teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami perkembangan pesat. Di era globalisasi saat ini, industri 4.0 menjadi solusi permasalahan sekitar yang dikembangkan lewat inovasi digital. Revolusi Industi 4.0 merupakan evolusi industri teknologi menuju digitalisasi di seluruh aspek. Salah satunya ditandai dengan kemudahan untuk mengakses internet.

Menurut (Clark, 2018) menuturkan internet adalah fasilitas komunikasi yang dirancang untuk menghubungkan komputer bersama-sama sehingga mereka dapat bertukar informasi digital. Dengan internet, pengguna smart phone dapat terhubung dengan beragam arus informasi secara cepat, mendapat berita terkini, berkomunikasi virtual, hingga melakukan pemasaran digital tanpa terhalang oleh waktu, tempat dan ruang. Pada Januari 2024, We Are Social mencatat jumlah populasi rata-rata pengguna internet sebesar 66,2% di seluruh dunia dan 62,3 % di dalamnya merupakan pengguna media sosial.

 Media sosial berperan penting dalam sistem sosial di masyarakat, sebab kehadirannya memberi peluang bagi siapapun untuk berperan aktif dan berinteraksi secara global (Frederick & Maharani, 2021). Media sosial juga menjadi wadah informasi serta berbagi kabar terkini yang menjangkau seluruh dunia.

Dengan kemudahan akses informasi saat ini, media sosial telah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dari aktivitas manusia. Karenanya, frekuensi penggunaan media sosial jangka panjang dapat menyebabkan berbagai efek, baik efek positif maupun negatif. Data lain dari We Are Social menunjukkan pada Januari 2024 tercatat 139 juta jiwa menggunakan media sosial, dan Instagram menempati urutan kedua setelah WhatsApp di Indonesia.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. www.bening-mediapublishing.com

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari., M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI.

Adilla, P. N., & Lubis, W. U. (2024). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Di Sma Negeri 2 Medan the. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 133–152.

Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499

Arsi, A. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen dengan Menggunakan SPSS. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad, 1–8.

Clark, D. D. (2018). Designing an Internet. The MIT Press.

Dhety Chusumastuti, & Amienah Atthahirah. (2023). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Kepuasan Followers @barkas.jogjakarta. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.120

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) (Cetakan ke). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069

Handriyani, P. E., & Astawa, I. G. P. B. (2022). Pengaruh Tingkat Penghasilan, Pemahaman Aturan Perpajakan, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kabuoaten Buleleng. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 11(01), 13–22. https://doi.org/10.23887/vjra.v11i01.50572

Helmy, N. (2019). KOMUNIKASI PEMASARAN KOMPASTV MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PERSAINGAN BISNIS (Studi Kasus di KOMPASTV). Communicology, 7(1), 85–86.

Huang, G. (2020). Platform Variation and Content Variation on Social Media: A Dual-Route Model of Cognitive and Experiential Effects. Journal of Promotion Management, 26(3), 396–433. https://doi.org/10.1080/10496491.2019.1699633

Irwanto, I., & Hariatiningsih, L. R. (2019). Identitas Diri pada Media Sosial (Konstruksi Sosial dan Potensi Rumor Pengguna Instagram). Jurnal Komunikasi, 10(2), 184–190. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6411

Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing an integrated approach. In Digital Marketing an integrated approach (1st editio, p. 232). Kogan Page Limited.

Lauren, S., Saputri, H., & Magda, S. (2022). Analysis of the Use of Instagram as a Publication Media in Building a Brand Image of @Kurve.official. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5(1), 1687–1696.

M-progress, J. I., Pengembangan, P., Dan, K., Kerja, D., Wardani, S., Rita, P., & Permatasari, I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862

Maharani, Aulia, N. & F. F. (2023). Effectiveness, The Instagram, Of. Journal Visi Komunikasi, 22(02), 172–179.

Nimnada, P. (2023). The History of New Media. 10.13140/RG.2.2.34753.33125

Nisrina Fajari, & Diana Khuntari. (2023). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers @Wonosobozone. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 3(2), 42–55. https://doi.org/10.55606/juitik.v3i2.475

Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 626–635. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1124

Nurmuhammad, R., & Pamungkas, I. N. (2020). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Sikap Konsumen Game Mobile Pt. Agate International the Influence of Instagram Content To the Consumer Attitude of Mobile Game Pt. Agate International. 7(1), 1752–1767.

Nurudin. (2017). Pengantar komunikasi massa. Rajawali Pers.

Perdana, K. E. (2021). Volume 5 . issue 1 . 2021. Analisa Model Komunikasi Lasswell Pada Halaman “@Aswaja_Sunda” Dalam Mempertahankan Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah Di Media Instagram, 5(1).

Richard, West, Turner, Lynn H, D. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (D. E. I. Aklia Susila (ed.); 5th ed.). Salemba Humanika.

Rizkulloh, M. A., Nasichah, N., & ... (2023). Fungsi dan Pengaruh Sistem Komunikasi Massa terhadap Psikologi Guru Agama di SMPN 97 Jakarta Timur. Indonesian Journal of …, 17–22. https://www.dmi-journals.org/ijls/article/view/477

Romli, K. (2016). Teori Uses and Gratification. In Adipramono (Ed.), Komunikasi Massa (pp. 49–53). PT Grasindo.

Saudah, S., Fanirin, M. H., & ... (2023). Analisis Pengaruh Akun Instagram@ Quranreview Terhadap Minat Followersnya Belajar Bahasa Arab. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 816–824. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19441%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/19441/14216

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Penerbit Alfabeta.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Tawaf, & Khaidir, A. (2023). Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 1–59.

Wakas, J. E., & Wulage, M. B. N. (2021). Analisis Teori Uses And Gratification: Motif Menonton Konten Firman Tuhan Influencer Kristen Pada Media Sosial Tiktok. Tepian: Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen, 1(1), 25–44. https://vt.tiktok.com/ZSJVqaok6/

We Are Social. (2024). SPECIAL REPORT DIGITAL 2024 Your ultimate guide to the evolving digital world. We Are Social.

West Richard & Turner Lynn H. (2017). Teori Penggunaan dan Gratifikasi berdasarkan penelitian Elihu Katz, Jay G. Blumler & Michael Gurevitch. In Pengantar Teori Komunikasi Jilid 2 (5th ed., p. 129). Penerbit Salemba Humanika.