ANALISA KEPUASAN MASYARAKAT PADA KUALITAS APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW

research
  • 22 Oct
  • 2024

ANALISA KEPUASAN MASYARAKAT PADA KUALITAS APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aplikasi Depok Single Window

(DSW) dan menganalisis kepuasan masyarakat terhadap aplikasi Depok Single

Window (DSW) dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM).

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan

deskriptif, menerapkan model TAM. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang

disebarkan menggunakan Google Form dan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat koefisien korelasi sebesar 0,968 antara

persepsi kemudahan dan kemanfaatan aplikasi dengan minat perilaku menggunakan

teknologi. Mayoritas responden adalah perempuan berusia 21-25 tahun. Validitas

kuesioner terkonfirmasi dengan nilai korelasi item yang lebih dari 0,195, dan data

dinyatakan sangat reliabel dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,968. Aplikasi DSW

dinilai positif dalam hal kemudahan penggunaan, manfaat yang diberikan, dan sikap

pengguna terhadap aplikasi.

Unduhan

  • judul (1).pdf

    Cover

    •   diunduh 18x | Ukuran 301 KB

 

REFERENSI

Agustina, 2019. (n.d.). 10–17.

Chairunnisa, T. L. T., Rosmika, E., & Azulaidin, A. (2021). Analisis Kepuasan

Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi SiBisa dengan Pendekatan TAM.

Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 174–180.

https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1117

Dandi, M., Fernando, K., & Hidayat, T. (2020). Studi Kasus Sistem Pencarian Data

Penduduk Menggunakan Metode Study Practice. Teknokom, 3(1), 22–28.

https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.48

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner

Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar

Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

(SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Fitratul Aini, Fitriani Muttakin, Tengku Khairil Ahsyar, & Eki Saputra. (2023).

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM

dan EUCS.

Jurnal Sistem Cerdas,

6(1), 65–76.

https://doi.org/10.37396/jsc.v6i1.288

Gunawan, I., & Hasanah, H. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. At-Taqaddum,

8(1), 29.

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat

Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care : Jurnal

Kesehatan, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114

Irawati, D. S., & Pibriana, D. (2021). Perbandingan Kualitas Dua E-Commerce

Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal

Teknologi Sistem Informasi,

2(2), 251–264.

https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1382

Krismianto, U. (2019). SPSS (Statistical Package for the Social Sciens) Makalah

Olah Data SPSS. Data SPSS, Makalah Olah Data SPSS Kelembaban Udara 5

Kota Provinsi Jateng, 2.

https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/38562004/Makalah_Stati

stik_olah_data_SPSS.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3

A&Expires=1531070893&Signature=OlmZzCyduB38PqPStzua5VTXoco%3

D&response-content-disposition=inline%3B filename%3Dstatistic.pdf

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa

Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer,

5(1), 77–86. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610

Kusumaningtyas, A., Gunadarma, U., Korespondensi, P., Control, U., Design, M.,

Prevention, E., & Recall, R. T. (2024). EVALUASI LAYANAN KESEHATAN

APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW EVALUATION OF DEPOK SINGLE

WINDOW MOBILE HEALTH APPLICATION USING SYSTEM USABILITY

SCALE AND HEURISTIC EVALUATION METHODS.

11(1). 41

https://doi.org/10.25126/jtiik.20241117714

Nerisafitra, P., & Susanto, F. A. (1996). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi

Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology

Acceptance Model ( TAM ). 03, 97–100.

Putri Sekti Ari, D., & Hanum, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp

Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual. Profit, 15(01),

104–111. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.11

Ramadhayanti, F. N., Mulyadi, & Rasywir, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna

Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah

Media Sisfo,

17(1), 143–151.

https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792

Sari, I. N., Santoso, A. B., & Informasi, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Mobile

Untuk Monitoring Laporan Penjualan Pada Cv Cakrawala Nusantara.

Teknologiterkini.Org, 2(3), 2022–2023.

Scale, T. M. (2013). LIKERT ( The Measurement Scale and The Number of

Responses in Likert Scale ). 2(2), 127–133.

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam

Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer.

Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22.

https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna

Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model

(TAM). Journal of Information Systems and Informatics, 3(1), 172–184.

https://doi.org/10.33557/journalisi.v3i1.107

Technologi, M., & Model, A. (n.d.). Analisis Kualitas Aplikasi Myrepublic

Menggunakan Metode. 83–92.