GAME EDUKASI SEJARAH UNTUK ANAK DAN REMAJA

research
  • 22 Oct
  • 2024

GAME EDUKASI SEJARAH UNTUK ANAK DAN REMAJA

Sejarah merupakan bagian kehidupan manusia, yang dengan mempelajarinya, manusia bisa mengetahui apa yang pernah terjadi dan memperbaiki untuk masa depan yang lebih baik. Dalam kasus ini adalah sejarah orang-orang saleh: Rasul, Nabi, dan orang saleh yang tercatat dalam sejarah. Salah satu cara untuk memudahkan dan menjadikannya menyenangkan mempelajari sejarah orang-orang saleh adalah dengan dibuatnya media hiburan berupa game dengan tema sejarah tersebut. Dikarenakan teks-teks yang berisi sejarah biasanya hanya berupa tulisan yang membuat anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa menjadi kesulitan untuk mempelajari sejarah, atau dalam kasus yang lebih parah adalah malas mengetahuinya. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan metode analisisnya berupa analisis kualitatif yaitu metode analisis data tanpa menggunakan analisis statistik. Pada TPA Masjid Nur-Rohman sendiri memiliki sesi pembelajaran khusus berupa kelas Shirah atau sejarah para Rasul, dengan cara pemateri menyampaikan materi sejarah yang sudah disederhanakan untuk anak-anak, baik berupa pemateri sendiri yang menyampaikan atau melalui video dan film yang berkaitan. Oleh karena itu, jika ada media lain, dalam kasus ini berupa game, maka anak-anak bisa merasakan sendiri sejarah itu dengan tangan mereka. Mereka akan merasakan apa yang sebenarnya terjadi dan tugas yang diberikan oleh Allah kepada orang saleh tersebut.

Unduhan

  • Cover.jpg

    Cover

    •   diunduh 17x | Ukuran 339 KB

 

REFERENSI

[1] Arta, A., & Putri, D. A. P. (2020). Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Berdirinya Indonesia untuk Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 77–81. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9085

[2] Chowanda, A. (2012). PERANCANGAN GAME EDUKASI BERTEMAKAN SEJARAH INDONESIA (Indonesian History Education Game Design, Indonesia). September. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3884.7764

[3] Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64

[4] Ramdhany, T., BAS, I., Pahrilah, D., & Krisdiawan, R. A. (2021). Pembuatan Game Edukasi Sejarah Kerajaan Sriwijaya Menggunakan Rpg Maker Mv. Nuansa Informatika, 15(2), 21–29. https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4220

[5] Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.153