Kekerasan terhadap perempuan di ranah digital meliputi pelecehan fisik, verbal, atau seksual yang terjadi di ruang publik. Melalui analisis konten di akun Instagram @perempuanberkisah, kita dapat mengevaluasi strategi kampanye pencegahan
kekerasan serta mengidentifikasi faktor-faktor penting yang berkontribusi pada keberhasilan kampanye tersebut. Kekerasan terhadap perempuan merupakan masalah yang kompleks dan melibatkan berbagai tahap. Banyak perempuan merasa enggan melaporkan kekerasan yang mereka alami karena rasa malu, ketakutan akan tidak dipercayai, atau karena kurangnya mekanisme pelaporan yang memadai. Akun Instagram ini bertujuan untuk menyebarluaskan pesan tentang kekerasan seksualsekaligus meningkatkan pemahaman yang lebih empatik dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis data dan memberikan penjelasan yang mendalam. Dengan memadukan jalur pusat dan periferal, kampanye @perempuanberkisah mampu menjangkau berbagai kelompok audiens dengan tingkat keterlibatan yang bervariasi, sehingga mampu mendorong perubahan sikap dan perilaku yang lebih luas dan berkelanjutan. Konten kampanye pencegahan kekerasan melalui akun ini efektif dalam meningkatkan kesadaran publik. Pesan-pesan yang disampaikan tidak hanya menarik perhatian tetapi juga memperdalam pemahaman tentang isu kekerasan terhadap perempuan. Penggunaan visual yang kuat, seperti gambar dan infografis di Instagram, membantu menyampaikan pesan yang kompleks dengan cara yang lebih mudah dimengerti dan diingat. Dengan menerapkan teori Elaboration Likelihood Model (ELM), konten tersebut diharapkan dapat memengaruhi audiens melalui dua jalur, jalur pusat yang melibatkan analisis kritis dan mendalam, serta jalur periferal yang mengandalkan isyarat visual dan emosional untuk membentuk sikap dan perilaku.
Full Skripsi
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan fitur instagram sebagai sarana
komunikasi pemasaran kedai babakkeroyokan di kota palu. 9(2), 176–182.
Bella Juliet Arianita, V., Widiyani Roosinda, F., & Ekantoro, J. (2021). Kampanye
Digital pada Instagram @Perhumas_Indonesia melalui #IndonesiaBicaraBaik
dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0. Journal Administrasi Publik Dan Ilmu
Komunikasi, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.55499/intelektual.v8i2.4
Ginting, M. H. P., Akbar, M., & Gusmarani, R. (2022). Kekerasan terhadap
perempuan dalam perspektif hukum dan sosiokultural. Journal Law of Deli
Sumatera, II(1), 1–10.
https://jurnal.unds.ac.id/index.php/jlds/article/view/192
Herdiyani, S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam
Mengembangkan Suatu Bisnis : 18(2), 103–121.
Hoffman, D. W. (n.d.-a). Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing.
Hoffman, D. W. (n.d.-b). Pengaruh Konten Channel Youtube Jurnalrisa Terhadap
Opini Subscriber Tentang Konten Mistis Oleh: 7, 1–11.
Ibrahim, M. M., & Irawan, R. E. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial terhadap
Sumber Informasi Pandemi Covid-19. Representamen, 7(02).
https://doi.org/10.30996/representamen.v7i02.5727
Indrawati, N. (2019). Analisis Elaboration Likelihood Model Dalam Kalimat
Persuasi Kampanye Presiden 2019 Di Facebook. UNDAS: Jurnal Hasil
Penelitian Bahasa Dan Sastra, 15(2), 175.
https://doi.org/10.26499/und.v15i2.1741
Lkp, P., & Masa, P. (2021). JOLL 4 (1) (2021) Journal Of Lifelong Learning. 4(1).
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial
69
Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi
Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Matematika, W., Matematika, J., No, V., Khaesarani, I. R., Hasibuan, E. K.,
Matematika, W., Matematika, J., & No, V. (2021). Studi Kepustakaan
Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa. 15(3), 37–49.
Media, P., Dalam, S., Interaksi, M., Keluarga, A., Desa, D., Tombatu, K., Kabupaten,
T., Tenggara, M., Liedfray, T., Waani, F. J., Lasut, J. J., & Timur, K. T.
(2022). Jurnal ilmiah society. 2(1).
Tengah, K. B. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat
Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. 6(1).
Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam
Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in
Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga:
Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8.
https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18
Waruwu, M., Pendidikan, M. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan
Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian
Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). 7, 2896–
2910.