Implementasi Strategi Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Pelayanan Pelanggan di CV. Porta Citra Lestari

research
  • 22 Oct
  • 2024

Implementasi Strategi Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Pelayanan Pelanggan di CV. Porta Citra Lestari

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta menggambarkan strategi komunikasi customer service yang diterapkan CV. Porta Citra Lestari dalam meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, kualitas layanan pelanggan menjadi kunci penting dalam mempertahankan dan menarik pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk memahami berbagai strategi komunikasi yang ada, termasuk teknik komunikasi verbal dan non-verbal, penggunaan media digital, serta mekanisme penanganan keluhan dan feedback. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan staf customer service, analisis dokumentasi internal, serta observasi lapangan yang dilakukan. Temuan peneliti menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif, seperti pelatihan rutin untuk staf, penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah interaksi dan pendekatan personal dalam menangani masalah pelanggan, berperan signifikan dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil dari studi ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi CV. Porta Citra Lestari dalam merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi yang lebih efektif.

Unduhan

 

REFERENSI

Ali, Ali Sanusi, & Qadariah, L. (2021). Strategi Komunikasi Customer Service dalam Meningkatkan Pelayanan di Koperasi Sejahtera Abadi Kota Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan.

Creswell, J. ., & Plano Clark, V. . (2011). Designing and Conducting Mixed. Methods Research (2 nd ed.). SAGE.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Hariyati, F., & Sovianti, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Customer Loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 52–66. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2019

Laswell, H. (1960). The Structure and Function of Communication in Society. University of Illinois Press.

Mahanani, F. P., Christanti, M. F., & Uljanatunnisa. (2020). Strategi Komunikasi Organisasi Fungsi Hsse Pt Pertamina Patra Niaga Dalam Menjaga Citra Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 100–111.

Maryanto, T., & Syahida, A. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Hasil Penjualan di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i1.8

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014a). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014b). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W., Peterson, B. D., & Burnett, M. D. (1997). Techniques for Effective Communication. Addison-Wesley.

Philip, K., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education LimitedSugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Aphabet.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.