ANALISIS TINGKAT KEPUASAN GAME WUTHERING WAVES MENURUT PLAYER MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

research
  • 22 Oct
  • 2024

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN GAME WUTHERING WAVES MENURUT PLAYER MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

Penelitian tentang kepuasan pemain dalam penggunaan game menjadi hal yang penting, terutama
dalam konteks industri game yang berkembang pesat. Salah satu game yang mendapatkan perhatian
besar di Indonesia adalah Wuthering Waves, yang dikenal dengan konsep open-world dan grafis yang
memukau. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pemain game Wuthering Waves
menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dengan menggunakan media Google Form
untuk penyebaran kuesioner kepada 35 pemain Wuthering Waves secara acak, penelitian ini
berfokus pada aspek gameplay, mekanisme, grafis, dan musik dalam game tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SUS efektif dalam mengukur kepuasan pengguna,
dengan nilai rata-rata skor SUS sebesar 56,53. Acceptability Range berada pada Acceptable Low dan
Adjective Ratings berada pada posisi Grade E. Dapat disimpulkan bahwa kualitas game Wuthering
Waves sudah sangat baik untuk dapat diterima oleh pemain, tetapi masih terdapat beberapa aspek
yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan pengguna secara keseluruhan.
Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pengembang
game mengenai aspek-aspek yang perlu diperbaiki, serta memberikan kontribusi pada literatur
akademik di bidang studi game dan penelitian kegunaan.

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 20x | Ukuran 63 KB

 

REFERENSI

[1]         R. Rahyuni, M. Yunus, and S. Hamid, “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo,” Bosowa J. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 65–70, 2021, doi: 10.35965/bje.v1i2.657.

[2]         F. Widiyana, “Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 5 September 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW AS A COOPERATIVE LEARNING MODEL ON,” vol. 6, no. September, pp. 1385–1393, 2022.

[3]         S. Widayati, Y. I. Chandra, and D. Ruri, “Penerapan Metode Agile Process dengan Model Extreme Programming Dalam Pembuatan Game RPG ‘The Realm of Unknown’ Menggunakan MV RPG Maker,” J. Esensi Infokom  J. Esensi Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2022, doi: 10.55886/infokom.v6i1.456.

[4]         A. M. Nur Fauzi, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Kearsipan Menggunakan System Usability Scale Dan Pieces Framework,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 231–239, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2452.

[5]         S. Sumartini, K. S. Harahap, and S. Sthevany, “Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna,” Aurelia J., vol. 2, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.15578/aj.v2i1.9392.

[6]         V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

[7]         M. A. Kosim, S. R. Aji, and M. Darwis, “Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2022, doi: 10.31326/sistek.v4i2.1326.

[8]         J. E. Efraim and S. Bakhri, “System Usability Scale Kepuasan Pelanggan Website Depo Air Hidup pada PT Graha Tirta Ventura,” J. Komput. Antart., vol. 1, no. 3, p. 2023, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka

[9]         T. Suhono and H. Al Fatta, “PENYUSUNAN DATA PRIMER SEBAGAI DASAR INTEROPERABILITAS SISTEM INFORMASI PADA PEMERINTAH DAERAH MENGGUNAKAN DIAGRAM RACI (Studi Kasus: Pemerintah Kabupaten Purworejo),” Jnanaloka, pp. 35–44, 2021, doi: 10.36802/jnanaloka.2021.v2-no1-35-44.

[10]      E. Suharyanto and A. Zein, “Analisis Data Minat Calon Mahasiswa Universitas Pamulang Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” Sainstech J. Penelit. Dan …, pp. 70–76, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.istn.ac.id/index.php/sainstech/article/view/1434%0Ahttps://ejournal.istn.ac.id/index.php/sainstech/article/download/1434/943