STRATEGI KOMUNIKASI PROMOSI PARIWISATA BAKAUHENI HARBOUR CITY DI INSTAGRAM

research
  • 22 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PROMOSI PARIWISATA BAKAUHENI HARBOUR CITY DI INSTAGRAM

- Bakauheni Harbour City (BHC) adalah destinasi wisata baru di Lampung yang menarik wisatawan
dengan berbagai atraksinya, seperti Siger Market, Masjid BSI, Selasar Siger, Menara Siger, dan Krakatau Park.
Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi promosi pariwisata BHC di Instagram.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BHC menerapkan empat strategi komunikasi
promosi di Instagram, yaitu content sharing, content creation, connecting, dan community building.
Strategi content sharing dilakukan dengan membagikan informasi dan foto-foto menarik tentang BHC. Strategi
content creation dilakukan dengan membuat konten kreatif, seperti video dan infografis. Strategi connecting
dilakukan dengan menjalin hubungan dengan influencer dan komunitas di Instagram. Strategi community
building dilakukan dengan membangun komunitas online untuk para wisatawan BHC. Berdasarkan teori
Gunelius, strategi komunikasi promosi BHC di Instagram tergolong efektif. Hal ini dibuktikan dengan tingginya
engagement rate dan jumlah pengikut akun Instagram BHC. Penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi
untuk meningkatkan efektivitas strategi komunikasi promosi BHC di Instagram. Maka penulis
merekomendasikan BHC Meningkatkan kualitas konten yang dibagikan, Memperbanyak konten kreatif,
Memperkuat kerjasama dengan influencer dan komunitas, Meningkatkan interaksi dengan pengikut akun
Instagram BHC

Unduhan

 

REFERENSI

’Prabawati, H., & “wasono. adi.” (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia
(KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan . Jurnal Communicology, 7(2), 160–176.
Andini Hernani Utami. (2021). Media Baru dan Anak Muda: Perubahan Bentuk Media. Jurnal Perpustakaan
Universitas Airlangga, 11, 8–18.
Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., Rejeki, S., & Padjadjaran, U. (2020).
Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat
Daerah Kabupaten Pangandaran). Jurnal Al Munir, 11(1), 48–59.
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/view/1499/
Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. .
Jurnal Komunikasi Pembangunan, 177–187.