Fenomena yang sering terjadi di masyarakat seperti kasus kasus kenakalan remaja, yang meresahkan bagi sebagian masyarakat. Di era digital ini seperti mengakses berita di media sosial yang menurunkan motivasi belajar, menjadi lebih aktif di media sosial dari pada belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru yang digunakan dalam memotivasi siswa SMA Bunda Kandung di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, metode ini digunakan untuk menemukan pemahaman mendalam dengan fakta yang ada di lapangan. Hasil wawancara di lapangan setiap guru memiliki strategi komunikasi yang berbeda saat menyampaikan materi. Secara keseluruhan strategi yang di gunakan adalah strategi komunikasi persuasif. Adapun kendala yang dihadapi para guru yaitu sebagian siswa masih ada yang tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi. Berdasarkan hal tersebut maka strategi komunikasi untuk memotivasi para siswa adalah melalui strategi komunikasi persuasif, yaitu dengan : 1) Komunikasi yang bersifat mengajak serta merubah perilaku antara guru dan siswa SMA Bunda Kandung yang dinamis dan berkelanjutan. 2.) Memanfaatkan media digital seperti website, aplikasi zoom, serta sosial media instagram, YouTube dan WhattsApp sebagai media untuk mendukung pembelajaran dan menciptakan komunikasi yang baik agar siswa nyaman dengan saat pembelajaran berlangsung.
File Full Skripsi
Artikel Jurnal
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ardiansyah, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.
Ardina, Nike. 2023. “Pikiran Dan Makna Diri Dalam Teori Interaksi Simbolik Https://Uici.Ac.Id/Pikiran-Dan-Makna-Diri-Dalam-Teori-Interaksionisme-Simbolik-2.”
Azmi, U. K., Sarmiati, S., & Asmawi, A. (2023). Analisis kompetensi komunikasi guru dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(2), 284–291.
Dewi, N., Rambe, N. U., Lubis, Y. J., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023a). Strategi Komunikasi Edukatif Guru. AT-Taqwa. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 137–143.
Dewi, N., Rambe, N. U., Lubis, Y. J., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023b). STRATEGI KOMUNIKASI EDUKATIF GURU DALAM. AT-Taqwa: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 137–143.
Dianti, Y. (2017). Informan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Eni. (2022). Pengertian Belajar. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952 (Issue MI).
Erika, A. A., & Eriend, D. (2024a). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Menangani Kenakalan Siswa Smk Negeri 8 Padang. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 228–234. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1596
Erika, A. A., & Eriend, D. (2024b). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Menangani Kenakalan Siswa Smk Negeri 8 Padang. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 228–234. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1596
Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 11(30), 143–150.
Haris, A., & Amalia, A. (2018). MAKNA DAN SIMBOL DALAM PROSES INTERAKSI SOSIAL (Sebuah Tinjauan Komunikasi). Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), 16.
Hartatik, S. F., & Lestari, H. D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Nomosleca, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i1.5535
Haru, E. (2022). Perspektif dan Analisis Seputar Fenomena Kenakalan Remaja. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 10(2), 57–74. https://doi.org/https://doi.org/10.60130/ja.v10i2.60.
Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225–234. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978
Iryana, & Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Ekonomi SyariahSekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong A., 21(58), 99–104.
Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886
Maulia, S., & Purnomo, H. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd
Ndruru, Y., & Lawalata, M. (2024). Berbicara Dengan Logika: Strategi Komunikasi Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran. Harmoni: Jurnal Ilmu …, 2(2), 60–69.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Nurlela, S., & Dunan, A. (2023). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Bogor. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(01). https://doi.org/10.47007/jkomu.v20i01.573
Pandawangi.S. (2021). Metodologi Penelitian. Journal Information, 4, 1–5.
Prihatma, G. T., & Nurhayani, N. (2024). Pengaruh Era Digital Terhadap Perilaku Wirausaha Melalui Media Sosial Pada UMKM. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(4), 703–714. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i4.13700
Simorangkir, and Nuut Rahimah. 2014. “Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan.” Universitas Medan Area (1994):1–64.
Suryani, I., Bakiyah, H., & Isnaeni, M. (2018). Strategi Public Relations PT Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations. Ejournal.Bsi.Ac.Id, 9(9), 1–9.
Tolapa, M. (2023). Strategi Komunikasi Guru Dalam Panyampaian Materi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Gorontalo. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, 46–57. https://doi.org/10.47030/aq.v13i1.147
Tracy, Brian. 2019. Three Elements of Persuasion - Ethos, Pathos, Logos.
Unique, A. (2016). Pengertian Strategi Komunikasi (Issue 0).
Yelvita, F. S. (2022). Metode Kualitatif. In הארץ (Issue 8.5.2017).
Buku
Award, D., & Laksana, W. (2023). Strategi Komunikasi Fungsi Komunikasi.
Creswell, & David. (2018). Metode Penelitian.
Masrur, A. (2022). Informan Utama.
Mead, H. 2023. Kerangka Teori.
Murniarti, E. (2019). Komunikator, Pesan, Pedia , Komunikan, Efek dan Umpan Balik. In Fkip Uki.
Ngalimun. (2018). Karakteristik Komunikasi Interpersonal. Ceo.
Razali, G., Retu, M. K., Rifai, A., Zumiarti, Hanika, I. M., Mendri, N. K., Badi’ah, A., Meliala, A. J., Herawati, K. M., Satory, A., Djerubu, D., & Nugraha, R. S. (2022). ILMU KOMUNIKASI DAN INFORMASI & TRANSAKSI ELEKTRONIK (A. Munandar (ed.); 1st ed.). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Repository Stie Pgri Dewantara Jombang. (2016). Metodologi Penelitian. In Metodologi Penelitian.
Skripsi
Adiputra. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Dan Staf Tata usaha (Studi Kasus pada MTsN 10 Tanah Datar Kecamatan Sungayang). Skripsi STIE Inonesia Jakarta,.
Manurung, R. P. (2021). KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 OKU TIMUR DI ERA PANDEMI COVID 19. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue April). UNIVERSITAS SRIWIJAYA.
Partini. (2012). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Komunikasi Interpersonal. (Vol. 1, Issue 1). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta,.
Saputri, D. N. P. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI SUDIRMAN GONDANG LEGI, JUMAPOLO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. In วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย (Vol. 4, Issue 1). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA.
Shalwa, G. Y. (2023). Gambaran Prinsip - Prinsip Komunikasi Efektif Karyawan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Rsud Dr Adnaan Wd Payakumbuh Tahun 2023. In วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย (Vol. 4, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.