Penelitian ini berfokus pada perancangan ulang company profile Walikota Jakarta Barat sebagai upaya strategis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat. Di era digital yang semakin berkembang, keberadaan informasi yang komprehensif dan mudah diakses secara online menjadi krusial bagi instansi pemerintah. Studi ini menekankan peran vital media sosial sebagai sarana utama dalam penyebaran informasi dan memfasilitasi interaksi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.
Integrasi platform media sosial ke dalam company profile diproyeksikan dapat meningkatkan transparansi, memperkuat citra positif, dan membangun kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jakarta Barat. Desain company profile yang inovatif, disajikan dalam format cetak dan digital, bertujuan untuk menjangkau spektrum audiens yang lebih luas, dengan fokus khusus pada generasi muda yang aktif di ranah digital.
Melalui pendekatan ini, diharapkan tercipta saluran komunikasi yang lebih efektif dan inklusif, memungkinkan penyampaian informasi yang lebih transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Perancangan ulang ini tidak hanya bertujuan untuk memodernisasi cara pemerintah berkomunikasi, tetapi juga untuk memperkuat hubungan antara Walikota Jakarta Barat dengan warganya, mendorong partisipasi aktif dalam proses pemerintahan, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan publik.
Kata Kunci: Company Profile, Walikota Jakarta Barat, Media Sosial, Transparansi, Komunikasi Publik, Desain Informasi, Pemerintahan Digital
Ardiansah, I., and Anastasya Maharani. 2020. Optimalisasi Instagram Sebagai
Media Marketing. 1st ed. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.
Ardianto, E. 2013. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama
Media.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Barat, Jakarta. 2024. “Profil Jakarta Barat.” Apeksi Asosiasi Pemerintahan kota
seluruh indonesia. https://apeksi.id/jakarta-barat/.
Brihandono, Abby Javin. 2023. Produksi Media Company Profile Mengenai Produk
Dan Layanan Pt. Taspen (Persero) Kcu Semarang Terhadap Peserta Aparatur Sipil Negara Dan Pejabat Negara. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17293/1/S_ABBY JAVIN BRIHANDONO.pdf.
Bungin, B. 2017. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,
Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Dewo, Kivo Kemolo, and Athanasia O. P. Dewi. 2019. “School Library Video
Company Profile Berbasis Multimedia Dalam Upaya Konstruksi Citra Perpustakaan (Studi Action Research Perpustakaan Smp N 21 Semarang).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(4): 31–40. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23209.
Goyal, Mr Adheer, Sakshi Bhong, Pranav Kumbhare, and Riya Bharadkar. 2021.
“The New Era Of Digital Marketing: A Literature Review.” Pjaee 18(10): 728–41. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/9890/9089.
Gunawan, I. 2019. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi
Aksara.
Hamdi, A. S., and E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam
Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hernanto, Danu. 2011. “Perancangan Komunikasi Visual Company Profile Galangan
Kapal PT. Janata Marina Indah.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Iskandar. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.
Moleong, L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Putra, I. G. N. 2015. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Raco, J. R. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, Dan
Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Saryono, and Anggraeni. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif
Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Sudjana, N., and Ibrahim. 2014. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, V. W. 2020. “Peran Company Profile Dalam Membangun Citra
Perusahaan.” Jurnal Komunikasi 12(1): 1–12.
United Nations. 2020. United Nations E-Government Surveys E-Government Survey
2020 - Digital Government in the Decade of Action for Sustainable
Development.
“Visi Dan Misi - DISKOMINFOTIK.” https://www.diskom.info/jakarta/visi-dan-
misi.html.
Wilcox, D. L., G. T. Cameron, and B. H. Reber. 2020. Public Relations Strategies
and Tactics. Pearson.