Perancangan Ulang Company Profile Walikota Jakarta Barat Sebagai Media Informasi Bagi Publik

research
  • 22 Oct
  • 2024

Perancangan Ulang Company Profile Walikota Jakarta Barat Sebagai Media Informasi Bagi Publik

Penelitian ini berfokus pada perancangan ulang company profile Walikota Jakarta Barat sebagai upaya strategis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat. Di era digital yang semakin berkembang, keberadaan informasi yang komprehensif dan mudah diakses secara online menjadi krusial bagi instansi pemerintah. Studi ini menekankan peran vital media sosial sebagai sarana utama dalam penyebaran informasi dan memfasilitasi interaksi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.

Integrasi platform media sosial ke dalam company profile diproyeksikan dapat meningkatkan transparansi, memperkuat citra positif, dan membangun kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jakarta Barat. Desain company profile yang inovatif, disajikan dalam format cetak dan digital, bertujuan untuk menjangkau spektrum audiens yang lebih luas, dengan fokus khusus pada generasi muda yang aktif di ranah digital.

Melalui pendekatan ini, diharapkan tercipta saluran komunikasi yang lebih efektif dan inklusif, memungkinkan penyampaian informasi yang lebih transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Perancangan ulang ini tidak hanya bertujuan untuk memodernisasi cara pemerintah berkomunikasi, tetapi juga untuk memperkuat hubungan antara Walikota Jakarta Barat dengan warganya, mendorong partisipasi aktif dalam proses pemerintahan, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan publik.

 

Kata Kunci: Company Profile, Walikota Jakarta Barat, Media Sosial, Transparansi, Komunikasi Publik, Desain Informasi, Pemerintahan Digital

 

Unduhan

  • cover ta.pdf

    Cover

    •   diunduh 18x | Ukuran 69 KB

 

  • Full Ta.pdf

    full TA

    •   diunduh 17x | Ukuran 3,531,477

REFERENSI

Ardiansah, I., and Anastasya Maharani. 2020. Optimalisasi Instagram Sebagai

Media   Marketing. 1st ed. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.

Ardianto, E. 2013. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama

Media.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Barat, Jakarta. 2024. “Profil Jakarta Barat.” Apeksi Asosiasi Pemerintahan kota

seluruh indonesia. https://apeksi.id/jakarta-barat/.

Brihandono, Abby Javin. 2023. Produksi Media Company Profile Mengenai Produk

Dan Layanan Pt. Taspen (Persero) Kcu Semarang Terhadap Peserta Aparatur Sipil Negara Dan Pejabat Negara. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17293/1/S_ABBY JAVIN BRIHANDONO.pdf.

Bungin, B. 2017. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,

Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dewo, Kivo Kemolo, and Athanasia O. P. Dewi. 2019. “School Library Video

Company Profile Berbasis Multimedia Dalam Upaya Konstruksi Citra Perpustakaan (Studi Action Research Perpustakaan Smp N 21 Semarang).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(4): 31–40. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23209.

Goyal, Mr Adheer, Sakshi Bhong, Pranav Kumbhare, and Riya Bharadkar. 2021.

“The New Era Of Digital Marketing: A Literature Review.” Pjaee 18(10): 728–41. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/9890/9089.

Gunawan, I. 2019. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Hamdi, A. S., and E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam

Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hernanto, Danu. 2011. “Perancangan Komunikasi Visual Company Profile Galangan

Kapal PT. Janata Marina Indah.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Iskandar. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.

Moleong, L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT

 

Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putra, I. G. N. 2015. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Raco, J. R. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, Dan

Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saryono, and Anggraeni. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sudjana, N., and Ibrahim. 2014. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung:

Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, V. W. 2020. “Peran Company Profile Dalam Membangun Citra

Perusahaan.” Jurnal Komunikasi 12(1): 1–12.

United Nations. 2020. United Nations E-Government Surveys E-Government Survey

2020 - Digital Government in the Decade of Action for Sustainable

Development.

“Visi Dan Misi - DISKOMINFOTIK.” https://www.diskom.info/jakarta/visi-dan-

misi.html.

Wilcox, D. L., G. T. Cameron, and B. H. Reber. 2020. Public Relations Strategies

and Tactics. Pearson.