Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Kantor Kelurahan Krendang Kecamatan Tambora Kota Jakarta Barat

research
  • 22 Oct
  • 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Kantor Kelurahan Krendang Kecamatan Tambora Kota Jakarta Barat

Yahya Sarah Sati (64201014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Kerja TerhadapProduktivitas Kerja Karyawan Pada Kantor Kelurahan Krendang Kecamatan Tambora KotaJakarta Barat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Sampel yang diambil yaitu seluruh total populasi dengan 41 orang Dengan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Dari hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan kepuasan kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja Karyawan Kantor Kelurahan Krendang. Dengan model regresi Y = 9,109 + 0,593X1 + 0,215X2. Kedua variabel bebas tersebut berjalan seiring dengan variabel terikat artinya makin tinggi kualitas pelayanan dan kepuasan kerja makin tinggi pula produktivitas kerja karyawan. Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan variabel kualitas pelayanan mempunyai nilai t-hitung sebesar 3,774 lebih dari nilai t-tabel sebesar 2,024 dan nilai signifikan sebesar 0,001 kurang dari 0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan kepuasan kerja terhadap produktivitas secara parsial 1,756 merupakan nilai t hitung kepuasan kerja lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,024, dan nilai 0,087 signifikan lebih dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat
hubungan yang cukup besar antara variabel kepuasan kerja dengan produktivitas kerja karyawan. Dalam hal ini Kantor diharapkan menyelenggarakan program pelatihan berkala yang fokus pada pengembangan keterampilan agar dapat membantu karyawan mengenali dan memahami masalah lebih baik serta mencari solusi yang efektif.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Kerja,                Produktivitas Kerja Karyawan

Unduhan

 

  • cover.pdf

    cover

    •   diunduh 19x | Ukuran 79,854

REFERENSI

Ali, Jamaluddin, and Ridwan Faroji. 2021. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Neraca Peradaban 1 (2): 128–35.
https://doi.org/10.55182/jnp.v1i2.36.

Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. 2023. “Konsep Populasi Dan Sampel Penelitian.” Jurnal Pilar 14 (1): 15–31.

Anggraini, Ledy Nevira, Ira Setiawati, and Rita Meiriyanti. 2023. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Scancom Indonesia Di Semarang.” Jurnal Riset Manajemen 1 (1): 107–26.

Anggreni, Dhonna. 2022. Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto Buku Ajar.

Arifyn Damanik, Dkk. 2023. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR POS CABANG BALIGE.” Arifyn Damanik, Dkk. 07 (01): 1–11.

Basri, S K, and R Rauf. 2021. “Pengaruh Semangat Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” YUME: Journal of Management 4 (1): 103–20.
https://doi.org/10.37531/yum.v11.76.

Djajanegara, Asep R. 2020. “Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner)
Oleh : Asep R. Djajanegara.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.

Ekasari, Ratna, and Triliana Aprilia Putri. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” IQTISHADequity
Jurnal MANAJEMEN 3 (2): 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937.

Hamzah, Zulfadli, and Astri Ayu Purwati. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah.” Journal of Economic, Bussines and Accounting
(COSTING) 3 (1): 98–105. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.846.Ali, Jamaluddin, and Ridwan Faroji. 2021. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai
Perusahaan.” Jurnal Neraca Peradaban 1 (2): 128–35.
https://doi.org/10.55182/jnp.v1i2.36.

Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. 2023. “Konsep Populasi Dan Sampel Penelitian.” Jurnal Pilar 14 (1): 15–31.

Anggraini, Ledy Nevira, Ira Setiawati, and Rita Meiriyanti. 2023. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Scancom Indonesia Di Semarang.” Jurnal Riset Manajemen 1 (1): 107–26.

Anggreni, Dhonna. 2022. Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto Buku Ajar.

Arifyn Damanik, Dkk. 2023. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR POS CABANG BALIGE.” Arifyn Damanik, Dkk. 07 (01): 1–11.
Basri, S K, and R Rauf. 2021. “Pengaruh Semangat Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” YUME: Journal of Management 4 (1): 103–20. ttps://doi.org/10.37531/yum.v11.76.

Djajanegara, Asep R. 2020. “Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner) Oleh : Asep R. Djajanegara.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.

Ekasari, Ratna, and Triliana Aprilia Putri. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN 3 (2): 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937.

Hamzah, Zulfadli, and Astri Ayu Purwati. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah.” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) 3 (1): 98–105. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.846.

Hasniaty, Alexzander Widayantoro, and Syamsuddin Bidol. 2024. “Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Sebagai Variabel Intervening Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara.” YUME : Journal of Management 7 (1): 93–107.

Irmayani, Ni Wayan Dian. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, Ahmad A A Bakar. 2023.
“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN
MASYARAKAT DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN
SIPIL DI KOTA PADANG.” Journal of Engineering Research.

Kudratul Alam, Ilham, and Sarpan Sarpan. 2024. “Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Lion Wings.”Ikraith-Ekonomika 7 (2): 261–67. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3355.

Kurniawan, Sandi, Amar Sani, and Ali Murdhani Ngando. 2022. “Amkop Management Accounting Review ( AMAR ) Pengaruh Stres Kerja , Komunikasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT . Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep” 2 (1): 20–27. https://doi.org/10.37531/amar.v2i1.141.

Marzuqah, Siti Na’ilah. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4.”

Megantara, Ilma, Suliyanto Suliyanto, and Ratno Purnomo. 2019. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Rotasi Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi 21 (1): 462–77.

Monica, Chintia, and Doni Marlius. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.” Jurnal Pundi 7 (1): 53. https://doi.org/10.31575/jp.v7i1.465.

Muchlis, Muchlis, Andi Christian, and Mariana Puspa Sari. 2019. “Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik Pada STMIK Prabumulih.” Eksplora Informatika 8 (2): 149–57. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215.

Nurhandayani, Annisa. 2022. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil) 1 (2): 108–10. https://doi.org/10.58765/ekobil.v1i2.65.

Pebrian, R Ab, A Syarifudin, and ....2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Balai Diklat Keagamaan Kota Palembang.” Jurnal Ilmu Sosial … 1 (3): 621–25. http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/882%0Ahttp://jurnal.minartis.co
m/index.php/jishs/article/download/882/813.

Prayudi, Ahmad. 2021. “Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pd. Pembangunan Kota Medan.” Jurnal Ilmu ManajemenMETHONOMIX 4 (2): 75–84. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/1109.

Purnami, Ni Made Ita, and I Wayan Mudiartha Utama. 2019. “Pengaruh Pemberdayaan, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8 (9): 5611. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p13.

Putri, Mulya, Achmad Fauzi, Farhan Saputra, Bayu Putra Danaya, and Dita Puspitasari. 2023.
“Pengaruh Pengembangan Karier, Budaya Organisasi Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Literature Review MSDM).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 5 (2): 99–110. https://dinastirev.org/https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.

Ramadhan, Gilang, and Muh Ferils. 2021. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya KerjaTerhadap Produktivitas Kerja Karyawan The Influence of Job Satisfaction and Work Culture on Employee Work Productivity Abstract.” Akuntabel 18 (4): 853–63. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/download/14325/2815.

Razak, Mashur, Ahmad Firman, and Mulyawan Amin. 2022. “Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten
Takalar.” AkMen JURNAL ILMIAH 19 (1): 64–77. https://doi.org/10.37476/akmen.v19i1.2703.

Reni Ayu Shintya, Ahmad Jamil, Febry Jein Andjar. 2024. “Pengaruh Kemampuan Kerja Karyawan Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat” 3 (4): 517–30.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: 2018.

Sapitri, Dewi, and Putri Oktovita Sari. 2022. “Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Dengan Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Madiun).”

Sihotang, Hotmaulina. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Siregar, Isra Adawiyah. 2021. “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif.” ALACRITY : Journal of Education 1 (2): 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25.

Sudanang, Ertanta Ari, and Sabda Elisa Priyanto. 2020. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Horison Apartemen Dan Kondotel Yogyakarta.” Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah 14 (01): 31–36. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.16.

Sugiono. 2022. “Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Bandung.” Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi) 6681 (3): 144–63. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.287.

Sutriani, Elma, and Rika Octaviani. 2019. “Keabsahan Data.” INA-Rxiv, 1–22.

Sutrisno, Edy. 2018. Budaya Organisasi. Edited by Endang Wahyudi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tadung E, Nuryani. 2020. “Produktivitas Kerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe.” Jurnal AKRAB Juara 5 (2): 171–84.
https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i13054.

Veriana, I, M Suparmoko, and.... 2024. “Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Klinik Umum Di Kota Serang.” Jurnal Mirai … 9 (1): 183–201. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/6356.

Yandi, Andri. 2022. “Literature Review Model Produktivitas Karyawan: Motivasi, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi.” Jurnal Ilmu Multidisplin 1 (1): 23–32. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.3.

Yani, Nabila Nursiska, and Kurniati W. Andani. 2024. “Pengaruh Motivasi, Disiplin Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 6 (1): 154–60. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i1.28587.

Yuniarti, Ratna. 2022. “Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif.” Jurnal UJMC 8 (1): 1–10.