Kelas Jurnalis Cilik merupakan sebuah komunitas yang mengajarkan anak-anak pesisir tentang fotografi jurnalistik melalui tulisan dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pemateri dalam belajar fotografi jurnalistik anak pada Komunitas Kelas Jurnalis Cilik di kawasan cilincing Jakarta Utara.
Dalam penelitian ini, digunakan teori interaksionisme simbolik dan beberapa konsep yang terkait dengan penelitian ini, seperti komunikasi, komunikasi kelompok, pola komunikasi, dan komunitas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sifat penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara terstruktur dengan 1 orang key informan dan 3 orang informan, observasi partisipan, dan studi kepustakaan. Serta keabsahan data melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pola komunikasi yang digunakan oleh pemateri Kelas Jurnalis Cilik dalam penyampaian materi kepada anak-anak yaitu pola komunikasi primer, sekunder, dan sirkular. Selain itu terdapat juga peran penting relawan yang berperan sebagai penerjemah antara pamateri dan anak-anak.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah pola komunikasi primer melibatkan interaksi langsung dengan komunikasi verbal dan nonverbal, pola komunikasi sirkular menggunakan visualisasi untuk membuat pembelajaran menarik, serta pola komunikasi sirkular memberi kesempatan anak-anak untuk aktif berpartisipasi.
Khairun Nisa_44200317_Skripsi After Sidang
Abdul Muhid, W. E. W. (2020). Interaksi Simbolik : Teori dan aplikasi dalam penelitian pendidikan dan psikologi (cetakan pe). opac.perpusnas.go.id/detailOpac.aspx?id=1452504
Azimah, N. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Pemberdayaan Pemuda (Studi Kasus Yayasan Rafflesia Nusantara). 1–115. http://e- theses.iaincurup.ac.id/2365/1/NURUL.pdf
Dyatmika, T., & Bakhri, S. (2021). ILMU KOMUNIKASI (Syamsul Bakhri (Ed.)).
Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=YmM0EAAAQBAJ
Karyadi, B. (2017). FOTOGRAFI: Belajar Fotografi. NahlMedia. https://books.google.co.id/books?id=pKeqDgAAQBAJ
Prof. Dr Ahmad Qorib, M. A. M. Y. S. S. A. M. I. K. S. S. P. (n.d.). PengantarJurnalistik. GUEPEDIA.
https://books.google.co.id/books?id=xvoWEAAAQBAJ
Ramadhanti, S. A. (2020). Interaksi simbolik dalam komunikasi guru dan murid di sekolah dasar luar biasa-B Nurasih Jakarta selatan. In Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53320
Ruliana, P. (2018). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus.
Suara.com. (2019). POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENJALIN KEHARMONISAN HIDUP BERMASYARAKAT SUKU JAWA DI LINGKUNGAN IX KELURAHAN MABAR HILIR. 1.
https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/06/100500/belajar-membingkai-imaji- anak-pesisir-cilincing-lewat-kelas-jurnalis-cilik?page=all
Suardi, S., & Syarifuddin, S. (2017). Peran Ganda Istri Komunitas Petani. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.508
Syafrianto I., Arif, E., & Azwar. (2019). Pendekatan Komunikasi Pada Penggabungan Kelurahan Di Kota Payakumbuh. Kinesik, 6(1), 115–126. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i1.75
Wulandari, R., & Luthfi, M. (2022). Pola Komunikasi Antarbudaya Dalam Menjalin Keharmonisan Hidup Bermasyarakat Suku Jawa Di Lingkungan Ix Kelurahan Mabar Hilir. Network Media, 5(1), 39–55. https://doi.org/10.46576/jnm.v5i1.1828
Yunus, M. R., & Karundeng, D. F. (2021). Pola Komunikasi Antara Pimpinan Dan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt Wapoga Mutiara Industri. COPI SUSU: Jurnal Komunikasi, 3(2), 50–69.
Fadhilah, N. (2022).