Peran Produser Dalam Manajemen Produksi Film Pendek “Bertahan Hidup”

research
  • 21 Oct
  • 2024

Peran Produser Dalam Manajemen Produksi Film Pendek “Bertahan Hidup”

Film dijadikan sebagai media hiburan dan media komunikasi massa yang memiliki peran dalam penyampaian pesan. Pada proses pembuatan film diperlukan beberapa tim, diantaranya adalah produser. Dalam pembuatan karya film pendek “Bertahan Hidup”, penulis berperan sebagai produser. Produser bertanggung jawab atas manajemen produksi film mulai dari pra-produksi hingga pasca-produksi. Tahap pra produksi meliputi pembentukan ide dan konsep, perencanaan jadwal, anggaran, alat dan pemain. Pada tahap produksi, produser memantau jalannya produksi, memastikan segala nya sesuai dengan rencana yang telah dibuat, serta berusaha menjaga mood talent dan tim produksi agar segalanya berjalan dengan baik. Pada tahap pasca produksi, produser melakukan evaluasi dan memantau proses editing. Produser memainkan peran krusial dalam mengkoordinasikan seluruh proses produksi untuk memastikan film dapat terselesaikan dengan baik. Film pendek “Bertahan Hidup” memiliki durasi 10 menit dengan genre drama, berkisah tentang seorang anak perempuan yang berjuang mempertahankan hidup setelah kehilangan ibunya dan menghadapi perubahan perilaku ayahnya yang menjadi kasar. Meskipun sempat berpikir untuk bunuh diri, sang anak memilih untuk bertahan hidup.

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 21x | Ukuran 99 KB

 

REFERENSI

Ruliana, P., & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Shadrina, A., Zaim, S., & Arimurti, F. (2023). Manajemen Produksi Film Pendek Keling: Dari Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Jurnal Audiens, 4, 320–330. https://doi.org/10.18196/jas.v4i2.36

Noercahyo, D., Maulana, I., & Arryadianta. (2019). SEBUAH KARYA FILM PENDEK “KASIH SAYANG.” Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1, 31–43.

Shofi Ayudiana. (2024, February 25). Potensi besar menanti industri film Indonesia. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/3981483/potensi-besar-menanti-industri-film-indonesia

Utama, R., Bo’do, S., & Lumanauw, G. (2023). REPRESENTASI ANAK DALAM FILM GARAPAN SINEAS LOKAL KOTA PALU (Analisis Semiotika Pada Film Halaman Belakang dan Film Gula & Pasir). KINESIK, 10, 62–81.

Prima, D. (2022). ANALISIS ISI FILM “THE PLATFORM.” JOURNAL OF DIGITAL  COMMUNICATION AND DESIGN  (JDCODE), 1 No 2, 127–136.

Ibrahim, I., & Samsiah. (2022). FUNGSI MEDIA MASSA BAGI MASYARAKAT DI DESA MOIBAKEN (Studi Fungsi Dan Media Massa Di Masyarakat Desa Moibaken). KOPI SUSU : Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi, 4 No 1, 38–49.

Studio Antelope. (2023, March 9). Jenis-Jenis Genre Dasar Yang Harus Dipahami Filmmaker. Studioantelope.Com.

Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). PERANCANGAN FILM PENDEK YANG BERJUDUL “ASK MYSELF.” Sense, 4 No 2.

Admaja, Y., & Sonita, A. (2022). Multimedia development life cycle method for script making in  the film kultur . Borobudur Informatics Review, 2 No 1, 36–46.

Latifah, L. L., Basri, A. S., & Chairun, A. Muh. A. (2023). Peran Produser dalam Manajemen Produksi Film Pendek “Ojan’s Story” di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Audiens, 4(3), 383–393. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.57

Nazilah, S. (2021). PERAN PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI WEB SERIES PERDANA  WAHANA HONDA. Jurnal Visi Komunikasi, 20(1), 34–49.

Studio Antelope. (2023, March 10). Produser: Pengertian Dan Tugas-Tugasnya Dalam Pembuatan Film. Studioantelope.Com.

Moran, R., & Munandar, A. (2020). MANAJEMEN PRODUKSI FILM. Https://Indonesia.Sae.Edu/Wp-Content/Uploads/2020/11/Manajemen-Produksi-Film.Pdf, 28–52.

Oktavianus, H. (2015). Penerimaan Penonton Terhadap Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–12.

Handanti, N., & Edi Irawan, R. (2020). Peran Produser Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi Bergenre Drama Delapan Warna Pelangi. Inter Community : Journal of Communication Empowerment, 2(2), 1–16.

Heru. (2017, October 6). 20 Tugas Produser Film yang Paling Penting. Pakarkomunikasi.Com.

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86.

Dewi, E. (2017). Film dan Konstruksi Sosial.

Tahir, A., & Medita, H. (2023). Film Tari Sebagai Media Komunikasi Massa dalam Pertunjukkan Seni Tari. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 14–23. https://jpii.upri.ac.id/index.php/connected/article/view/127

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online The Role Of Mass Media In Facing Online Media Attacks. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 51–64.

CINDENIA PUSPASARI, S. IP. , M. Soc. Sc. (2017). PRODUKSIFILM.