ANALISIS SENTIMEN PUBLIK PADA SOSIAL MEDIA X MENGENAI PENINGKATAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN KNN

research
  • 21 Oct
  • 2024

ANALISIS SENTIMEN PUBLIK PADA SOSIAL MEDIA X MENGENAI PENINGKATAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN KNN

Media sosial Twitter menjadi X setelah pada bulan Juli 2023 pemilik baru Elon Musk mengganti namanya. Nilai tukar rupiah di tahun 2024 sudah menginjak level Rp.16.255 per dolar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analisis sentimen pengguna media sosial X mengenai Peningkatan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar bertujuan untuk mengetahui sentimen positif dan negatif pada media sosial X  terhadap Peningkatan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Menggunakan Metode Naïve Bayes dan KNN. Penelitian ini menggunakan alur metode SEMMA. Sampel melakukan crawling melalui tweet harvest selanjutnya di ambil bagian penting pada tahap explore. Tahap modify melakukan text preprocessing menjadi data yang lebih terstruktur. Proses pelabelan menggunakan kedua metode. Pada kedua metode tersebut dilakukan klasifikasi menggunakan 1 rasio. Assess pada cross validation berupa confussion matriks adalah hasil. Akurasi terbaik Naïve Bayes 68.82% menggunakan rasio 3:7, sedangkan K-Nearest Neighbor nilai akurasi terbaiknya sebesar 56.76% sehingga naïve bayes unggul 12.06% dari KNN. Hasil akurasi Naïve Bayes dan KNN menghasilkan nilai akurat untuk topik Peningkatan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar, dan algoritma ini dapat diterapkan untuk analisis sentimen dengan data yang lebih baru.

Unduhan

 

REFERENSI

Ahdiat, A. (2024). Rincian penetrasi internet Indonesia pada 2024 berdasarkan pulau atau kawasan, diurutkan dari yang tertinggi sampai terendah. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/01/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-79-pada-2024

Ahmad, R. (2024). Metodologi Pada Data Mining SEMMA. Medium.Com. https://medium.com/@faiz.ahmad.ragil/metodologi-pada-data-mining-semma-d1103b0446ca

Alghifari, F., & Juardi, D. (2021). Penerapan Data Mining Pada Penjualan Makanan Dan Minuman Menggunakan Metode Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Informatika, 9(02), 75–81. https://doi.org/10.33884/jif.v9i02.3755

Bara, E. A. B., Nasution, K. A., Ginting, R. Z., & Kartini. (2022). Penelitian tentang Twitter. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 167–172.

Christianingrum, R. (2022). Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Terhadap Nilai Tukar Rupiah. Jurnal Budget : Isu Dan Masalah Keuangan Negara, 4(1), 43–63. https://doi.org/10.22212/jbudget.v4i1.28

Daffa Alkhussaid, F. (2022). lowchart metode KNN dalam kerja sistem atau alur penelitian untuk melakukan klasifikasi pada metode K-NN. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/figure/Gambar-2-Flowchart-Algoritma-K-NN-Keterangan-1-Menginput-data-2-Masukkan-nilai-k-3_fig1_364452703

Elza Putra, A. (2023). Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat kepada Video Youtube mengenai Resesi 2023 menggunakan Metode Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor (KNN). 1–23.

Fuansah, Y. S., Meileni, H., Novianti, L., Informatika, J. M., Sriwijaya, P. N., Neighbor, K., & Matrix, C. (n.d.). Implementasi Metode K-Nearest Neighbor untuk Menentukan Klasifikasi Status Ekonomi Penerima Bantuan. 929–938.

Hamka, M., & Ratna Sari, D. (2022). Analisis Sentimen Dan Information Extraction Pembelajaran Daring Menggunakan Pendekatan Lexicon. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i1.2194

Himma, F. (2022). Analisis Sentimen adalah: Pengertian, Contoh, Tipe. Majoo.Id. https://majoo.id/solusi/detail/analisis-sentimen-adalah

Iradat, D. (2023). Ganti Nama Twitter Jadi X, Perusahaan Elon Musk Digugat. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20231003201203-206-1006741/ganti-nama-twitter-jadi-x-perusahaan-elon-musk-digugat

Kurniawati, Y. (2023). Analisis Sentimen dan Jenisnya. Sis.Binus.Ac.Id. https://sis.binus.ac.id/2023/11/24/analisis-sentimen-dan-jenisnya/

Laraswati, B. D. (2022). Algoritma Naive Bayes: Definisi dan Contoh Penerapannya. Blog.Algorit.Ma. https://blog.algorit.ma/algoritma-naive-bayes/

Mutiara, N., Maylita, S., Zahro’, H. Z., & Vendyansyah, N. (2022). Penerapan Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Untuk Menentukan Status Gizi Balita (Studi Kasus : Posyandu Ananda Kelurahan Langkai, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 1–5.

Oki Oktaviarna Tensao, I Nyoman Yudi Anggara Wijaya, & Ketut Queena Fredlina. (2022). Analisa Data Mining dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Mahasiswa Baru Pada STMIK Primakara. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 14(1), 1–17. https://doi.org/10.37424/informasi.v14i1.135

Oliver, A. (2022). Mengenal Google Colab: Mulai dari Definisi, Cara Menggunakan, hingga Manfaatnya. Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/google-colab-adalah/

Rina. (2023). Memahami Confusion Matrix: Accuracy, Precision, Recall, Specificity, dan F1-Score untuk Evaluasi Model Klasifikasi. Esairina.Medium.Com. https://esairina.medium.com/memahami-confusion-matrix-accuracy-precision-recall-specificity-dan-f1-score-610d4f0db7cf

Salsabila, N. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Loket.com Pada Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM) Dan Pendekatan Lexicon Based. 1–90.

Saumi, A. K. (2024). Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini jelang Hasil Rapat The Fed. Market.Bisnis.Com. https://market.bisnis.com/read/20240430/93/1761619/nilai-tukar-rupiah-terhadap-dolar-as-hari-ini-jelang-hasil-rapat-the-fed

Setiawan, R. (2021). Apa itu Data Mining dan Bagaimana Metodenya? Dicoding.Com. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-data-mining/

Siswandi, F. (2019). Implementasi Data Mining Dengan Metode Klasifikasi Naive Bayes Untuk Memprediksi Stok Bahan Jadi. Jurnal SIGMA, 10(2), 1–10.

Styawati, S., Hendrastuty, N., & Isnain, A. R. (2021). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Program Kartu Prakerja Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(3), 150–155. https://doi.org/10.30591/jpit.v6i3.2870

Syahril Dwi Prasetyo, Shofa Shofiah Hilabi, & Fitri Nurapriani. (2023). Analisis Sentimen Relokasi Ibukota Nusantara Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan KNN. Jurnal KomtekInfo, 1–7. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v10i1.330

Trivusi. (2023). Apa itu Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN). Trivusi.We.Id. https://www.trivusi.web.id/2022/06/algoritma-knn.html

Utami,  silmu nurul. (2023). Pengertian dari Media YouTube, Instagram, TikTok dan X atau sering disebut dengan Twitter. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/27/150000469/jenis-jenis-media-sosial-dan-contohnya?page=all

Zakawali. (2024). Intip Sejarah Aplikasi Twitter, Kini Telah Menjadi “X.” Beritausaha.Com. https://beritausaha.com/bisnis-ecommerce/aplikasi-twitter/