Efektivitas Penggunaan Scan Barcode Pada Pemesanan Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi X Di Coffeeshop Temu Kamu Depok

research
  • 21 Oct
  • 2024

Efektivitas Penggunaan Scan Barcode Pada Pemesanan Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi X Di Coffeeshop Temu Kamu Depok

Temu Kamu Depok adalah Perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage yaitu restoran, menjual makanan dan minuman di era coffeeshop yang kekinian yang meggunakan metode scan barcode dalam pemesanan menu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan scan barcode dalam pemesanan menu terhadap kepuasan pelanggan generasi X di coffeeshop Temu Kamu Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah pelanggan dari Temu Kamu Depok yang telah memesan menu dengan menggunakan scan barcode sebanyak 100orang. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Normalitas dan uji T Independen. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh penulis menyatakan menggunaan scan barcode pada pemesanan menu terhadap kepuasan pelanggan Generasi X di coffeeshop Temu Kamu Depok tidak efektif dalam penggunaan scan barcode pada Generasi X rentang usia 40 – 60 Tahun.

Unduhan

 

REFERENSI

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Almaududi, S., Syukri, M., & Astuti, C. P. (2021). Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mexsicana Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 96. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.233

Dedek, & Arianti Mahyuzar, M. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QR CODE (Studi Sosialisasi Oleh Harian Serambi Indonesia dan Pemahaman Masyarakat Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(Vol 2, No 2 (2017): Mei 2017), 79–94.

Gani, F. S. (2019). Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Inventarisasi Barang Berbasis Android (Studi Kasus: Sma Negeri 1 Banjarsari. Thesis, Universitas Siliwangi., 1–32. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1140

Harahap, P. (2008). karateristik barcode.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4, 176–182.

Jakaria, D. A., & Desiani, D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Puspasari Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Puspasari Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, 02(01), 143. https://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/434/482

Josee Bloemer, R. dan W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dengan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8–33.

Kaban, R., & Nasution, R. J. (2020). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Perancangan Sistem Pemesanan Menu menggunakan Quick Response (QR) Code. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 5(2), 144–152. https://doi.org/10.54367/means.v5i2.920

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284

Mulyanti, R. Y. (2021). PERBEDAAN NILAI-NILAI KERJA GENERASI BABY BOOMER, GENERASI X DAN GENERASI Y (Survey Pada Karyawan Hotel Provinsi Jawa Barat). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(1), 79–91. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.251

Nahak, M. (2017). Bab Ii Tinjauan Pustaka Dan Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Pratama, S., & Lendi, W. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Syahdu). 11(1), 61–69. http://repository.stei.ac.id/6226/

Pratiwi, L. S. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Kode QR Dalam Pemesanan Menu Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Ichiban Sushi) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1445]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73793/1/11180150000067_Linda Sulistiyo Sari P.pdf

Saepulloh, A., & Adeyadi, M. (2018). Jurnal manajemen dan teknik informatika. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Puspasari Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, 02(01), 181–190.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sukrianto, D., & Oktarina, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Barcode Pada Sistem Informasi Perpustakaan Di Smk Muhammadiyah 3 Pekanbaru. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(2), 136. https://doi.org/10.35145/joisie.v1i2.216

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Sururi, N., Astuti, P., Sihabudin, A. A., Garis, R. R., Galuh, U., & Irigasi, J. (2022). Efektivitas Program Jaringan Irigasi Desa. 3217–3230.

Triadi, D. (2015). Efektivitas Penggunaan Sistem Barcode Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Information Operation Division (IOD) Bank Syariah Mandiri. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32325

Widyaningsih, P. (2011). IMPLEMENTASI BARCODE READER UNTUK PRESENSI GURU DAN KARYAWAN MENGGUNAKAN DELPHI 7 (STUDI KASUS : SMP NEGERI 1 COLOMADU KARANGANYAR). Jurnal Duta, 1(September), 72–80.

Yudhanto, Y. (2007). Sejarah Teknologi Barcode. Www.Ilmukomputer.Com, 1–6.