Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kualitas Pelayanan Internal terhadap Motivasi Kerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

research
  • 21 Oct
  • 2024

Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kualitas Pelayanan Internal terhadap Motivasi Kerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Di zaman yang semakin terhubung secara global dan persaingan ekonomi yang kian intensif, peran sumber daya manusia menjadi krusial dalam menjaga integritas dan ketahanan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan kualitas pelayanan internal terhadap motivasi kerja pegawai di Dinas Lingkungan Hidup. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif statistic untuk menginvestigasi hubungan antara variabel kepuasan kerja dan kualitas pelayanan internal terhadap variabel motivasi kerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probabiity sampling dengan sampel jenuh, sampel yang diguanakan sebanyak 53 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pegawai Dinas Lingkungan Hidup. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Kualitas pelayanan internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kera. Selain itu, secara simultan variabel kepuasan kerja dan kualitas pelayanan internal berpengaruh terhadap motivasi kerja.

Unduhan

 

REFERENSI

Abbas, S. A. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295

Ansory, I. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 179–186.

Rusvitawati, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT NS Tractors. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 58–64. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i1.312

Siregar, I. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kelurahan. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 170–176. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i2.33

Siwij, D. S. R. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Perangkat Desa Se Kecamatan Pineleng Devie S.R. Siwij Dosen Prodi Administrasi Negara FISH Universitas Negeri Manado. 8(November), 140–146.

Suddin, C. L., Razak, M., & Arfan, H. H. (2022). Pengaruh Kemampuan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Melalui Kinerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup …. Jurnal Magister Manajemen …, 3(4), 896–910. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/2478

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1, pp. 1–5). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Yaldi, E., Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, G., Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. A. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.89