Analisis Tingat Kepuasan Pengguna Discord Dengan Metode System Usability Scale

research
  • 21 Oct
  • 2024

Analisis Tingat Kepuasan Pengguna Discord Dengan Metode System Usability Scale

Penggunaan aplikasi komunikasi berbasis suara, teks, dan video telah menjadi kebutuhan penting di era digital saat ini, terutama di kalangan komunitas gaming dan profesional. Salah satu aplikasi yang populer adalah Discord. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Discord menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode SUS merupakan alat yang sederhana, cepat, dan efektif untuk mengevaluasi kegunaan suatu sistem dari perspektif pengguna. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang aktif menggunakan aplikasi Discord. Hasil survei dianalisis untuk menghitung skor SUS, yang kemudian diinterpretasikan untuk menentukan tingkat kepuasan dan kegunaan aplikasi Discord. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kegunaan yang baik. Mayoritas responden merasa puas dengan fitur-fitur yang ada, kemudahan penggunaan, dan antarmuka yang intuitif. Namun, beberapa responden mengemukakan adanya kebutuhan akan perbaikan dalam stabilitas koneksi dan penambahan fitur-fitur tertentu. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi Discord memiliki tingkat kepuasan pengguna yang tinggi, namun tetap ada ruang untuk perbaikan. Hasil ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi dalam upaya meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna di masa mendatang.

Unduhan

 

  • Sampul.pdf

    Cover

    •   diunduh 20x | Ukuran 426,276

REFERENSI

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Ariska, A., & Wahyuddin, W. (2022). Penerapan Kriptografi Menggunakan Algoritma Des (Data Encryption Standard). Jurnal Sintaks Logika, 2(2), 9–19. https://doi.org/10.31850/jsilog.v2i2.1734

Bahari, M. F. (2022). Analisa Dan Implementasi Keamanan Pesan Chatting Menggunakan Algoritma Challenge Response. Analisa Dan Implementasi Keamanan Pesan Chatting Menggunakan Algoritma Challenge Response, 1(2), 49–53. https://doi.org/10.47065/jussi.v1i2.1442

Emeilia, R. I., & Muntazah, A. (2023). Jurnal-Hambatan-Komunikasi_RNE fix point 1. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 155–166.

Ernawati, S., Anwariningsih, S. H., & Musslifah, A. R. (2023). Analisis Tingkat Usabilitas Aplikasi Kamus Istilah Psikologi Menggunakan Metode System Usability Scale. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri Dan Informasi, 11(2), 147–157. https://doi.org/10.31001/tekinfo.v11i2.2031

Esabella, S., Shibghatallah, H., Hamdani, F., Studi, P., Informatika, T., Sumbawa, U. T., Barat, N. T., Iwes, U., & Sumbawa, K. (2021). Bulletin of Information Technology ( BIT ) PERANCANGAN APLIKASI PENGAMANAN PESAN CHATTING. 2(3), 84–92.

Gronier, G., & Baudet, A. (2021). Psychometric Evaluation of the F-SUS: Creation and Validation of the French Version of the System Usability Scale. International Journal of Human-Computer Interaction, 37(16), 1571–1582. https://doi.org/10.1080/10447318.2021.1898828

Hasmawi, F. (2019). Manajemen dalam komunikasi. Al-Idarah, V(6), 76–86.

Hidayatullah, M. I., Hamza, S., & Gunawan, E. (2022). Analisis User Experience Terhadap Website Progrez.Cloud Dengan Metode Usability Testing. Jurnal PRODUKTIF, 6(1), 557–565.

Ilyas, R. (2020). Ikon Pada Chatting Whatsapp Ditinjau dari Hubungan Makna dan Bentuk. Seminar Nasional Pendidikan, 690–697. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/381/364

Jannah, E. I., & Hentasmaka, D. (2021). THE USE OF DISCORD APPLICATION IN VIRTUAL ENGLISH. 10(2), 183–200.

Kesuma, D. P. (2020). Evaluasi Usability Pada Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan System Usability Scale. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 212–222. https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.518

Kurniawan, S., I, P. A., & Ependi, A. (2023). USABILITY ANALYSIS OF C-ACCESS COMMUTERLINE APPLICATIONS USING THE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Management Transportation Railways Railway Polytechnic Indonesia M a Diun, 4(1), 88–100.

M.Agil Kusumadya, Rasmila, Faiz Hidayat, & Dicky Chandra. (2022). Analisis Website Petani Kode Menggunakan SUS (System Usabilty Scale). Jurnal Informatika Polinema, 8(4), 41–46. https://doi.org/10.33795/jip.v8i4.908

Nur Maghfirah Aesthetika, & Rizal, M. S. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Pecinta Film. Medium, 10(1), 19–27. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).8882

Okviana, L., Nabilla, P., & Wahyuni, S. (2022). Aplikasi Discord Dalam Mempertahankan Solidaritas Tim Pada Komunitas Royal E-Sport Divisi Point Blank. Jurnal Ilmu Komunikasi, 100, 49–59.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29–37.

Putra, P. S., Zunaidi, R. A., Mardhiana, H., & Mirza, H. (2024). Innovative Design of Ecommerce Mobile Application Using Kansei Engineering and System Usability Scale. 01036.

Rahardian, R. L., Putera, W. A., Digital, S. B., Teknologi, I., & Bali, S. (2023). System Usability Scale pada Penerapan Gamification di Aplikasi Toko Online. 7, 5707–5717.

Ramadhan, A., & Albaekani, A. K. (2021). Universitas Singaperbangsa Karawang. 7385, 42–47.

Rizky, M. F., Syahrizal, M., & Aripin, S. (2021). Implementasi Pisanc Chiper Untuk Autentikasi Voice Chat. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 2(4), 288–294. https://doi.org/10.47065/josyc.v2i4.819

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.50

Wahyuningsih, E. (2021). Scrutinizing the potential use of Discord application as a digital platform amidst emergency remote learning. 1(1), 9–18.

Yansyah, I. R., Suyoprayogo, H., & Muftikhali, Q. E. (2023). Rancang Metode Pembelajaran Daring Sebagai Media Belajar Pemrograman Menggunakan Discord. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(1), 159–166.