Strategi Komunikasi Koramil 02 Pondok Gede Bekasi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Program Babinsa, (44230707) Alda Aprilia Nurhabiba
Strategi merupakan perencanaan dan pengelolaan yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu, yang melibatkan proses berkelanjutan dan bukan sekadar peta jalan yang menunjukkan arah. Sebuah program yang berkenaan dengan publik membutuhkan strategi komunikasi yang baik agar bisa diterima dan berhasil di masyarakat. Termasuk juga program yang diselenggarakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Program Babinsa Masuk Dapur sekilas nampak program sosial namun ternyata didalamnya terdapat tujuan atau upaya mulia aparat Tentara Nasional Indonesia untuk menjaga pertahanan, kedaulatan serta keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi Koramil 02 Pondok Gede Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Program Babinsa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan sebagai instrumen dalam
pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini program "Babinsa Masuk Dapur" berhasil menunjukkan penerapan teori-teori komunikasi, public relations, dan investasi sosial yang efektif, sehingga memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat serta
memberikan dampak positif yang nyata.
Kata Kunci : Komunikasi, Satrategi Komunikasi
SKRIPSI ALDA
BUKTI SUMIT JURNAL
Akmalrazak, R., & Primasari, I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Humas NXGIndonesia Dalam Meningkatkan Awareness Literasi Digital. EProceedings of Management, 10(3).
Alfreda, J. (2021). Tinjauan Komunikasi Publik Di Era Pandemi Covid-19 Terkait Optimalisasi Vaksinasi Covid-19. Jurnal Sosioedukasi Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(2), 229–238.
https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1505
Amanda, L. (2022). Peran Humas Sebagai Fasilitator Publikasi Informasi dan Dokumentasi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 1–5.
Ananda, M. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja Duri. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Andi, A., & Sukri, A. (2022). Strategi Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pemilu Legislatif 2019 di Pekanbaru. Journal of Political Communication and Media, 1(01), 37–49.
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Arsyad, M. (2021). Kepercayaan Publik Terhadap Pengelolaan Dana Desa Garuntungan, Kabupaten Bulukumba.
http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8933/2/E011171010_skripsi_01-10-2021 Bab 1-2.pdf
AU Ningrum. (2019). Strategi Komunikasi Humas Pt Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) Iii Palembang Dalam Mempromosikan Kereta Kertalaya Di
Masyarakat. 11–46. https://repository.radenfatah.ac.id/5239/
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Chaerunisa. (2022). KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP PEMERINTAH: (STUDI TENTANG PERSEPSI DAN KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAH DALAM PENANGANAN COVID-19 DI DESA WARU, KECAMATAN PARUNG, BOGOR, JAWA BARAT). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Elyus, D. S., & Soleh, M. (2021). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era Pendemi Covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 281–289.
Faridah, S. (2020). Strategi hubungan masyarakat (humas) dalam meningkatkan citra publik lembaga pendidikan pada masa pandemic covid-19. EDUSIANA: Jurnal
Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 129–139.
Fiantika, F. R., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y.Novita (ed.)). Pt. Global Eksekutif Teknologi.