Perkembangan teknologi saat ini terjadi dengan cepat. Banyaknya perusahaan yang
memanfaatkan kemajuan teknologi dan membuat persaingan dalam perekonomian semakin
ketat. Persaingan bisnis menyebabkan banyak perubahan dalam pengelolaan dan
penyelenggaraan usaha antara perusahaan dengan perusahaan lainnya. Ruang lingkup
penelitian ini adalah Analisis kinerja dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan
metode BSC Balance Scorecard PT Kenongo Subur Makmur (Spbu 3413711) Jakarta
Timur. Metode ini menggunakan perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan Balanced
Scorecard yang dilakukan pada bulan April - Juni 2024. Penelitian ini menggunakan jenis
kuantitatif non Statistik dan termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan pada kondisi
alamiah yang dimulai dengan menyusun asumsi dasar dan aturan berpikir. Dari hasil
penelitian, ditemukan bahwa tingkat kepuasan dan produktivitas karyawan dinilai baik,
hasil kuesioner sangat setuju dengan nilai 53% memiliki analisis bahwa masyarakat sangat
puas dalam pelayanan, tingkat kepuasan sebesar 225% menunjukkan bahwa tingkat
kepuasan karyawan berada dalam kategori "Baik", Hasil tingkat produktivitas sebesar
22.500.000 diinterpretasikan dalam skala rating, tingkat retensi pegawai sebesar 0%,
tingkat motivasi, kekuatan, dan kesejahteraan sebesar 0,3% menunjukkan bahwa tingkat
produktivitas perusahaan dinilai sebagai "Baik", Dari hasil pengukuran, terlihat bahwa
aspek kepuasan karyawan dan produktivitas karyawan dinilai baik, menunjukkan
efektivitas strategi manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.
Namun, masih terdapat tantangan dalam hal retensi karyawan dan motivasi, yang
menunjukkan perlunya perusahaan untuk lebih memperkuat kebijakan dan program yang
mendukung stabilitas organisasi dan keterlibatan karyawan.
Skripsi
Bukti Submit/LOA
Abdullah. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan
Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Di Tengah
Pandemic Covid-19. Communnity Development Journal, 2(1), 76–80.
Andini, S. (2023). PERFORMANCE MEASUREMENT ANALYSIS OF MOTHER
AND CHILD SERVICES WITH THE BSC METHOD (Balanced Scorecard)
CENTERED ON CONSUMER PERSPECTIVE.
file:///C:/Users/USER/Downloads/31822-Article Text-108894-1-10-
20230302.pdf
Apandi. (2020). ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN LOGISTIK (I. F. Meutia
(ed.)). Pustaka Ali Imron.
Avena. (2020). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Syariah Yogyakarta.
Difanamira, F. (2023). PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD
SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN PADA TROYA
ACADEMIC PLATFORM PT TROYA DIGITAL.
http://eprints.uty.ac.id/12857/1/5180211408_FARAH DIFANAMIRA.pdf
Iskarim. (2020). Rekrutmen Pegawai Menuju Kinerja Organisasi yang Berkualitas
dalam Perspektif MSDM dan Islam. Jurnal Manajemen, 2.
Mutiawait. (2021). TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA
PELAYANAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA BANDA ACEH
MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)
Cut. 10(1), 55–63.
Nurjaya. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja
Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS
(Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172.
https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9086
Prihantoro. (2020). PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA
MELALUI MOTIVASI, DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA, DAN
KOMITMEN. 2, 85–86. https://media.neliti.com/media/publications/22850-
ID-peningkatan-kinerja-sumber-daya-manusia-melalui-motivasi-disiplinlingkungan-ker.pdf
Puspita. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja
Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 35–54.
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/2277
Sabna, E. (2020). Analisis Text Mining Dari Hasil Wawancara. Jurnal Ilmu
Komputer, 9(1), 46–48. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss1.157
Safani. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja
44
Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar
Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 841–856.
http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/419
Selvy. (2021). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP
PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEPATAN Selvy. 01(02), 169–
180.
Syahputra. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN
KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH.
Ekonomi Dan Bisnis, 477–486. http://e-journal.potensiutama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/781
Wulan, I. (2023). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN
METODE BALANCED SCORECARD PADA KPRI DWIJA TAMA
JOMBANG. http://repository.stiedewantara.ac.id/3948/
Abdullah. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan
Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Di Tengah
Pandemic Covid-19. Communnity Development Journal, 2(1), 76–80.
Andini, S. (2023). PERFORMANCE MEASUREMENT ANALYSIS OF MOTHER
AND CHILD SERVICES WITH THE BSC METHOD (Balanced Scorecard)
CENTERED ON CONSUMER PERSPECTIVE.
file:///C:/Users/USER/Downloads/31822-Article Text-108894-1-10-
20230302.pdf
Apandi. (2020). ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN LOGISTIK (I. F. Meutia
(ed.)). Pustaka Ali Imron.
Avena. (2020). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Syariah Yogyakarta.
Difanamira, F. (2023). PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD
SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN PADA TROYA
ACADEMIC PLATFORM PT TROYA DIGITAL.
http://eprints.uty.ac.id/12857/1/5180211408_FARAH DIFANAMIRA.pdf
Iskarim. (2020). Rekrutmen Pegawai Menuju Kinerja Organisasi yang Berkualitas
dalam Perspektif MSDM dan Islam. Jurnal Manajemen, 2.
Mutiawait. (2021). TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA
PELAYANAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA BANDA ACEH
MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)
Cut. 10(1), 55–63.
Nurjaya. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja
Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS
(Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172.
https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9086
Prihantoro. (2020). PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA
MELALUI MOTIVASI, DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA, DAN
45
KOMITMEN. 2, 85–86. https://media.neliti.com/media/publications/22850-
ID-peningkatan-kinerja-sumber-daya-manusia-melalui-motivasi-disiplinlingkungan-ker.pdf
Puspita. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja
Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 35–54.
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/2277
Sabna, E. (2020). Analisis Text Mining Dari Hasil Wawancara. Jurnal Ilmu
Komputer, 9(1), 46–48. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss1.157
Safani. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja
Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar
Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 841–856.
http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/419
Selvy. (2021). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP
PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEPATAN Selvy. 01(02), 169–
180.
Syahputra. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN
KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH.
Ekonomi Dan Bisnis, 477–486. http://e-journal.potensiutama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/781
Wulan, I. (2023). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN
METODE BALANCED SCORECARD PADA KPRI DWIJA TAMA
JOMBANG. http://repository.stiedewantara.ac.id/3948