DANIEL, Resepsi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Proses Penyelenggaraan Haji dan Umrah (studi kasus @informasihaji), (di bimbing oleh Anisti, S.Sos, M. Si dan Tuty Mutiah, S.I.Kom, M.M, M.I.Kom).
Di era informasi digital yang begitu pesat, platform media sosial menjadi sangat penting dalam menyebarkan informasi, termasuk soal agama dan ibadah. Di Indonesia, dengan lanskap geografis dan budaya yang beragam, proses penyelenggaraan haji dan umrah memiliki relevansi yang signifikan, khususnya di kalangan penduduk mayoritas Muslim. Instagram telah muncul sebagai platform terkemuka di mana akun seperti @informationhaji berbagi wawasan dan pembaruan mengenai haji dan umrah. Terlepas dari aksesibilitas informasi di media sosial, tantangan tetap ada dalam memastikan keakuratan, kejelasan, dan keaslian, yang sangat penting untuk menumbuhkan pemahaman publik dan mencegah misinformasi yang berpotensi berdampak pada mereka yang berencana melakukan ibadah haji. Skripsi ini mengeksplorasi bagaimana penerimaan informasi melalui akun Instagram @informasihaji meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proses ibadah haji dan umroh. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran media sosial dalam menyampaikan informasi yang kredibel terkait haji dan umrah. Temuan ini menggarisbawahi strategi komunikasi komprehensif yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Urusan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, dengan fokus pada format konten yang tepat waktu dan relevan seperti infografis, video, dan teks yang mudah digunakan. Kajian ini berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya informasi yang akurat dalam memfasilitasi pelaksanaan kewajiban keagamaan tersebut dengan baik.
Cover
Full_text
Ajif, P. (2013). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB III 09.10.033 Aji p.pdf
Ariestyani, K., & Ramadhanty, A. (2022). Khalayak Media Sosial: Analisis Resepsi Stuart Hall Pada Kesehatan Seksual Orang Muda. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.51353/kvg.v3i2.704
Dewantoro, B. W. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2011-2017 Pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. Skripsi, 1–101.
Dr. Hj. Muliati, M.Ag., D. (2019). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat (M. A. Dr. Muhammad Kamal Zubair (ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.
Farkhan, A. A. (2021). Kinerja Kementerian Agama Dalam Meningkatkan Pelayanan Urusan Haji Kepada Masyarakat (Studi Di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru). Skripsi, 1–90.
Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme Dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619
Hadiwijaya, P. (2016). Pola Komunikasi Member Group JBBOS: Kicaumania Salatiga dalam Proses Transaksi di Group. 19(5), 1–23.
Herdiana, R. I. U. & A. (2021). Pemaknaan Pendengar Terhadap Iklan Testimoni Nutrisi Herbal Nariyah Di Radio Kasihku FM Bumiayu Dalam Teori Resepsi Stuart Hall. 3, 509–520.
Indriati, W. K., & Agustina, A. (2022). Tingkat Kesadaran Masyarakat Mengenai Program Pengurangan Penggunaan Plastik Melalui Konten Instagram @pemkotbogor (Studi pada Followers Instagram @pemkotbogor). Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1), 60–69. https://doi.org/10.35814/publish.v1i1.3498
Irmayani. (2018). Strategi Manajemen Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Kepercayaan Jamaah Haji Dan Umrah. Skripsi, 1–78.
Mailangkay, C. I. J. L. (2021). Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kesadaran Istitha’ah Kesehatan Jamaah Haji Pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Skripsi, 1–126.
Muhamad, K. (2019). Peranan Anggota Kelompok Sadar Wisata Peninggalan Belanda Nyalindung Dalam Pengelolaan Situs Sejarah Di Desa Nyalindung Kabupaten Bandung Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 52–70.
Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 32. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Cetakan Ke).