Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi iklan tune up yang dipublikasikan di media Instagram. Analisis dilakukan untuk memahami strategi komunikasi yang digunakan dalam iklan tersebut serta untuk mengeksplorasi pesan-pesan yang disampaikan kepada audiens. Metode analisis isi digunakan untuk mengeksplorasi gambar dan vidio cinematic yang terdapat dalam iklan-iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan-iklan tune up cenderung menggunakan visual yang menarik dengan fokus pada keamanan, efisiensi, dan kinerja kendaraan. Pesan-pesan yang disampaikan mencakup keunggulan teknis layanan, promosi diskon, serta penggunaan testimoni atau review positif dari pelanggan. Selain itu, iklan-iklan ini juga menggunakan teknik-teknik persuasif seperti pemilihan kata yang positif, penekanan pada manfaat, dan panggilan untuk bertindak untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana iklan di media sosial, khususnya Instagram, dapat menjadi alat yang efektif dalam mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen terkait layanan tune up kendaraan. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi komunikasi yang lebih efektif dalam pemasaran layanan otomotif di platform digital.
2023, A. A. C. D. (2023). STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA LAYANAN AUTO2000 HOME SERVICE (THS) PADA PT ASTRA INTERNATIONAL AUTO2000 SANUR. 4(1), 88–100.
Bahri, A. N. (2001). Judul : Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @ Republikaonline Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Generasi Milenial Muslim . : Andini Nur Bahri NIP. http://repository.uinsu.ac.id/12286/
Car, A., Trisuchon, J., Ayaragarnchanakul, E., Creutzig, F., Javaid, A., Puttanapong, N., Tirachini, A., Irawan, M. Z., Belgiawan, P. F., Tarigan, A. K. M., Wijanarko, F., Henao, A., Marshall, W. E., Chalermpong, S., Kato, H., Thaithatkul, P., Ratanawaraha, A., Fillone, A., Hoang-Tung, N., … Chalermpong, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Akun @ohmyskin.official. International Journal of Technology, 47(1), 100950. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.01.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cstp.2023.100950%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.007%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.trd.2021.102816%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tra.2020.03.015%0Ahttps://doi.org/10.1016/j
Hasri, D. A. (2022). Pengaruh Efektivitas Promosi Iklan Jasa Make Up Artist Pada Akun Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa ( Studi Penggunaan Jasa Make Up @ rohmah _ mua pada Wisuda Mahasiswi Universitas Sriwijaya Inderalaya ).
Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Memenuhi, U., & Syarat, S. (2024a). ANALISIS TEKNIK KOMUNIKASI DALAM VIDEO IKLAN PADA CHANNEL YOUTUBE. 6751.
Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Memenuhi, U., & Syarat, S. (2024b). Makna kecantikan wanita dalam iklan (analisis semiotika roland barthes iklan wardah exclusive series new edition ) skripsi (Issue 6488). http://repository.uin-suska.ac.id/78251/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/78251/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf
Marliana, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Trans TV dengan Menggunakan Meta Ads dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 13(2), 19–33. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2
Nafis, A. G. R. (2017). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Produk Jilbab Afra. Walisongo Instutional Repository.
Novita Nilla Fauzia, & Qoni’ah Nur Wijayani. (2023). Analisis Efektivitas Iklan Di Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Journal Sains Student Research, 2(1), 133–143. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.487
Pratiwi, D. E., Mustikasari, A., & Hanifa, F. H. (2020). Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode Customer Response Index (studi Kasus Pada Avana Id Tahun 2020). EProceedings …, 6(2), 920–927. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/12068
Siporay, F. R. F., & Damastuti, R. (2022). Analisis Isi Konten Post Akun Instagram @Menantea.Toko Dalam Membangun Engagement Followers. Communique : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 55–69. https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/122
Widiastuti, F. (2020). Peran Media Sosial sebagai Sarana Strategi Promosi Museum dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Museum Basoeki Abdullah. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51234
Yulianti. (2019). ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ONLINE SHOP DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung) SKRIPSI. 8(5), 55.