Newsletter ialah bagian dari media cetak sebagai media Informasi yang digunakan dalam suatu lembaga, Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya menggunakan Newsletter sebagai media informasi, namun Newsletter terdahulu dengan judul MUGALEMON Update terhenti sejak 2019, oleh karena itu mendorong penulis untuk merancang ulang Newsletter Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya yang lebih menarik, elegan dan inovatif dengan nama Sahabat MUGALEMON, pada proses perancangan Newsletter Sahabat MUGALEMON penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memperoleh data melalui proses observasi, wawancara mendalam dengan Key Informan dan Informan, lalu melalui proses dokumentasi dengan memperoleh data kearsipan Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya, data-data yang diperoleh terhitung sejak Oktober 2023 sampai dengan Juni 2024 lalu disusun kedalam bentuk Newsletter, lalu penulis mendeskripsikan isi Layout perancangan Newsletter ke dalam laporan. Oleh karena itu penulis menyimpulkan dalam upaya pembuatan perancangan ulang Newsletter Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya yang terhenti sejak tahun 2019, bertujuan agar tercipta nya komunikasi dua arah yang lebih efisien dan dapat diterima baik oleh publik Internal dan Eksternal, serta lebih merangkul kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Museum,Galeri dan Monumen yang ada di DKI Jakarta.
Full Text Makalah
AINI, N. (2019). Universitas Mitra Indonesia Nur Aini Bahasa Indonesia Sebagai Alat
Media Komunikasi Sehari-Hari. https://schol ar.archiv e.org/work/hr6mcw 4rgne lnc
umw5eus53x4q/access/wayback/https://files.osf.io/v1/resources/dazfj/providers/osfsto
rage/5cc023c6fad565001a05e3ca?format=pdf&action=download&direct&version=1
Ali, M., Ritonga, S., Monang, S., & Azhar, A. A. (2020). Berajah Journal The Role Of The
Madrasah Community Relations Section In Developing Brand Image (Case Study Of
Man Labuhanbatu). Barajah Journal. https://doi.org/10.47353/bj.v2i4.187
Anggarda, A. A. (2020). Peran Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Membangun Citra
Bangga Surabaya. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v10i1.55
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan
Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3),
599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Armayanti, N., & Pramana, D. (2022). Public Relation (N. Armayanti & D. Pramana, Eds.).
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=PZGeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA
1&dq=tujuan+Public+Relations+menurut+ahli&ots=5m_ERwdn10&sig=MAL7Lo62
CCF1sYtSSHOgsp5Ps44&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal
Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(1), 10–20.
https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.707
Asriadi. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. 2(1). http://journal.iai msin jai.
ac.id/indeks.php/retorika
Ayu Salsabila Putri, N., Yasmin Sulma, N., & Adiyatni Pranoto, P. (2023). Peran Public
Relations dalam Membangun Komunikasi dengan Publik Internal pada PT Indonesia
Power Priok POMU. Nur Yasmin Sulma , Pramasti Adiyatni Pranoto INNOVATIVE:
Journal Of Social Science Research, 3, 200–209. https://j-innovative .org/inde x.php
/Innovative
Cahyono, A. D. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599
Chaerul, A., Arianto, B., & Bhirawa, D. W. (2019). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas
Di Café “Home 232” Cinere. https://journal.univ ersitassurya darma. ac.id/ index. Php
/jtin/article/view/799
Erika, D. (2022). Difusi Inovasi Organisasi Non Profit Dalam Transformasi Budaya Ngaben
Di Bali. https://jurnal.st ikoms emaran g.ac.id/index.php/jurnal/article/download/57/42
Faisal, A., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Promosi
Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. https://ejournal3.undip. ac.id/index. php/jip/
article/download/23234/21262
Fajarina, Nurul Bahriyah, E., Indrayana, R., Sekar Kinasih, F., Manallu, G., Hilmi, M., &
Nara, T. (2022). Pembuatan In-House Magazine Untuk Umkm Kriwil Salon. https
://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-24559-11_2542.pdf
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan Ulang Company
Profile JawaPos.com sebagai Media Informasi dan Promosi. https://publication
.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11238/9949
Gogali, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media
Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 (Studi Kasus Webinar BSI
Digination “How To Be A Youtuber And An Entrepreneur”). Nusantara Bina Sarana
Informatika, 20(2). https://doi.org/10.31294/jc.v19i2
Haidar, P., Dhika, H., & Habibie, M. T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan
Mobil Di Videl Rental Berbasis Java. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika
(JRAMI), 02. https://jim. unindra.a c.id/inde x.php /jrami/article/view/825/417
Hanafiah, Supyan Sauri, R., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan
Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah
Menengah Atas (Vol. 5, Issue 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Husnul Hotimah, D. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi (D. Husnul
Hotimah, Ed.). https://books.google.com/books?hl=id&l r=&id=CSCFEAAA QBAJ
&oi=fnd&pg=PA3&dq=Observasi+menurut+para+ahli&ots=dcgGyyJgOR&sig=6sy3
9vTHFycvhp8femM4BKWu79M
Jayusman, I., Agus, O., & Shavab, K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas
Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam
Pembelajaran Sejarah. In Halaman | 13 Jurnal Artefak (Vol. 7, Issue 1). https://ju
rnal.unigal.ac.id/index.php/artefak
Kharima, L., & Sri Wulandari, S. (2020). Analisis Strategi Humas Dalam Meningkatkan
Image Positif Pelayanan Administrasi di Kantor Kepala Desa Watudandang Kecamatan
Prambon Kabupaten Nganjuk. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Kustiawan, W., Shaliha, F., Asyaroh, S., Tegar Pramana Sianipar, A., Erina Nainggolan, A.,
& Sakban Wahyudi, A. (2023). Public Relations dalam Program-Program Radio.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7585/6279
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media
Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Vol.7.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19411/11477
Mariboto, D., Anisya, S., Khalis Azhar, R., Sulaiman, A., Patihawa, A. M., Husyairi, K. A.,
& Ainun, T. N. (2023). Perancangan Ulang Tata Letak Untuk Pengoptimalisasian
Ruang Pada Toko Ritel RDSP Bogor. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri
Terapan (JTMIT), 2(2), 135–143. http://jurnal-tmit.com/inde x.php/home/article/view/
161
Marta, W. (2019). Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Redesign Website SMK SMTI Padang.
Diterbitkan(2), 30–42. https://doi.org/10.35134/judikatif.v131.1
Maruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,
Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Vol. 7. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167
Mayasari, S., Rahastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem
Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition. Kepada Masyarakat Indonesia.
Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/ar
ticle/view/5094
Mega Silvia, O., Ahmad Faizal, F., & Malik Ibrahim, A. (2021). Perancangan Ulang
Identitas Visual Rumah Makan Padang Sabana Kapau Di Kota Bandung. Rupa,
Eksperimental Dan Inovatif, 03. http://journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/
files/article/download/27/24
Pramelani, :, & Lestari, A. (2019). Program Employee Gathering " Satukan Hati Selaraskan
Tujuan. Dalam Menjalin Hubungan Baik Karyawan. Jurnal Komunikasi, 10(1), 42–47.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/issue/archive/index.php/jkom/
article/view/5096
Putri, D., Ramadhani, N., & Nurulita, Z. (2022). Perancangan Newsletter Museum
Kehutanan Sebagai Media Komunikasi Kepada Publik Eksternal.
https://repository.bsi.ac.id/repo/31838/PERANCANGAN-NEWSLETTERMUSEUM
-KEHUTANAN--SEBAGAI-MEDIA-KOMUNIKASI-KEPADA--PUBLIK-
EKSTERNAL
Rahastine, M. P. (2019). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan
Indonesia Dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. Komunikasi, Vol. 12.
https://doi.org/10.31294/jkom
Rahayu, P., & Trisnawati, N. (2022). Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya Dalam
Meningkatkan Citra dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Puji
Rahayu. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Roesnilam Syafitri, E., Nuryono, W., & Bimbingan dan Konseling, Mp. (2020). STUDI
KEPUSTAKAAN TEORI KONSELING “DIALECTICAL BEHAVIOR THERAPY.”
https://core.ac.uk/download/pdf/287304825.pdf
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Rukin, Ed.). https://books.goog
le.co.id/books?hl=id&lr=&id=GyWyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Penelitian
+Kualitatif+menurut+Ahli&ots=EavokVvnE_&sig=5VGKhPhpEorjmhe1pyM0bGPx
ULA&redir_esc=y#v=onepage&q=Penelitian%20Kualitatif%20menurut%20Ahli&f=
false
Sartika Karo-karo, D., Lina Sinatra Wijaya, dan, Studi Hubungan Masyarakat, P., & Kristen
Satya Wacana Alamat, U. (2019). Strategi Komunikasi Visionet Dalam Membangun
Citra Untuk Generasi Milenial. In Journal Of Communication Studies P (Vol. 4, Issue
2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/MC/article/view/7084
Septiana, D., & Sholeh, E. M. (2021). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah
Di Era Pandemi Covid 19. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-
pendidikan/article/view/38836/34197
Setioko, M. A., & Krismayani, I. (2019). Diseminasi Informasi E-Newsletter Melalui
Komunikasi Oleh Indonesian Visual Art Archive Yogyakarta. https://ejournal3.
undip.ac.id/index.php/jip/article/download/23203/21234
Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi (I. Silviani, Ed.). Scopindo. https://books.google.
com/books?hl=id&lr=&id=4DTeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=komunikasi+O
rganisasi&ots=i1zgeIMtRT&sig=tmhMtfOef93-qg1BxdtrSXUNlwY
Supriani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu
Madrasah. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 2).
http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Tsamara, A. N., & Nugraha, J. (2021). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya
Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor
Co-Working Space). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,
Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
vol.7. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167
Widya Astuti, E. R. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Layout pada Visual Konten
Instagram Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama
Pasuruan Tahun 2021. https://ejournal.unupasuruan.ac.id/index.php/dimensi/article
/view/46/46