Komunikasi Keluarga Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Bullying di Sekolah (Studi Kasus Desa Karang Satria)

research
  • 21 Oct
  • 2024

Komunikasi Keluarga Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Bullying di Sekolah (Studi Kasus Desa Karang Satria)

Kepribadian anak dibentuk oleh pola asuh orang tua, dan perilaku anak dipengaruhi oleh
bagaimana orang tua berkomunikasi mengenai perkembangan kepribadiannya.
Komunikasi keluarga tentang pengajaran kepribadian yang dilakukan oleh orang tua akan
mempengaruhi pembentukan kepribadian serta perilaku anak. Jika orang tua menerapkan
teknik pengasuhan yang tidak tepat, perilaku anak cenderung menjadi buruk, dan
sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan studi kasus,
berfokus pada komunikasi keluarga orangtua dan anak dalam mengatasi bullying di Desa
Karang Satria. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Peneliti dapat menyimpulkan dari data lapangan di atas bahwa Komunikasi Keluarga
Orang tua dan Anak dalam Mengatasi Bullying di sekolah Desa Karang Satria, Kecamatan
Tambun Utara, Kabupaten Bekasi memiliki peran yang sangat penting. Hal ini dibuktikan
oleh temuan penelitian yang dilakukan oleh penulis di wilayah tersebut telah diungkapkan
bahwa Komunikasi Keluarga yang efektif antara orang tua dan anak terbukti memainkan
peran penting dalam mengatasi bullying di Desa Karang Satria. Hasil penelitian
menunjukan bahwa orangtua yang aktif berkomunikasi dengan anak-anak mereka
cenderung lebih peka terhadap tanda-tanda bullying dan dapat bertindak lebih cepat untuk
mengatasinya.

Unduhan

 

REFERENSI

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, XI(1), 51–53.
Damayani Pohan, D., & Fitria, U. S. (2021). JENIS JENIS KOMUNIKASI. Cybernetics:
Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2, 45–79.
https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. United States
of America: Pearson Education, Inc. pdf. In Universitas Nusantara PGRI Kediri
(Vol. 01).
Hamidah, M. (2020). Religiusitas dan Perilaku Bullying Pada Santri Di Pondok Pesantren.
Psycho Holistic, 2(1), 141–151.
https://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/view/519%0Ahttps://jo
urnal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic/article/download/519/321
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. In Pengantar Ilmu
Komunikasi.
Hurlock, E. B. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan, terj. In Isti Widiyati, Jakarta: Erlangga (p. 452).Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap
Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2),
232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530
Lestari, N. D., Hidayati, L. N., & Abadiyah, S. S. (2019). Gerakan Masyarakat Sekolah
Tanggap Bullying Dalam Upaya Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Sekolah.Jurnal SOLMA, 8(1), 101. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2957
Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak
St. Rahmah UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 13–31.
Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Pratiwi, E. Y. R., Hartatik, S., & Rihlah, J. (2022).
Penghentian Bullying pada Siswa Jenjang Sekolah Dasar melalui Penggunaan
Gambar Terintegrasi dengan Cooperative Learning. Indonesia Berdaya, 3(3), 471–
478. https://doi.org/10.47679/ib.2022241
Santoso, A. (2018). Pendidikan Anti Bullying. Majalah Ilmiah “Pelita Ilmu,” 1(2), 49–
57. http://jurnal.stiapembangunanjember.ac.id/index.php/pelitailmu/article
Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam
Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41.
https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia
Dini. Plamboyan Edu (JPE), 1(3), 95–105.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628Trimardhani, V., Rachmawati, D., & Yulma, Y. (2021). Strategi Komunikasi Persuasi
untuk Pencegahan Aksi Bullying di SMP Negeri 85 Jakarta. Warta ISKI, 4(1), 60–
71. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.102
Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate.