Indikator Nasional Mutu (INM) adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai tingkat capaian target mutu pelayanan kesehatan di praktik mandiri dokter dan dokter gigi, klinik, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan unit transfusi darah. Mengingat pentingnya indikator nasional mutu maka penulis ingin meneliti tentang indikator mutu pada Rumah Sakit Mangesti Rahayu yang saat ini belum tersedia aplikasinya. Dalam pengumpulan data mutu yang masih melakukan pencatatan secara manual yaitu tulis tangan, itu dapat membuat petugas yang ditunjuk merasa kesulitan dan memakan waktu yang lebih lama. Oleh karena ini dibutuhkan sebuah aplikasi indikator mutu agar membantu mempermudah dan mempercepat proses pelaporan datanya. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan database server memakai Microsoft SQL Server. Metode pengujian menggunakan pengujian Blackbox Testing. Untuk penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall, pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka serta analisanya berupa analisis kualitatif karena akan menggambarkan aktivitas yang terjadi pada implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada instalasi Indikator Mutu di lapangan secara lebih mendalam. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi berbasis website yang dapat memudahkan petugas pencatatan mutu untuk lebih cepat, akurat serta tepat waktu dalam melakukan pelaporannya kepada Kementerian Kesehatan pada setiap bulannya.
Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis teknik Entity-Relationship Diagram dalam perancangan database: Sebuah literature review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682
Bangkinang, D. I. R. (2024). Penerapan indikator nasional mutu (INM) untuk peningkatan mutu pelayanan dalam pencapaian standar akreditasi rumah sakit di RSUD Bangkinang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7, 517–529.
Hendrian, S., Himawan, I., & Aditya, D. Y. (2022). Penerapan bahasa pemrograman web sebagai peningkatan pengetahuan teknologi informasi. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–79. https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1246
Maulida, N. H. (2022). Studi literatur penerapan metode prototype dan waterfall dalam pembuatan sebuah aplikasi atau website. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, 4–6. https://www.researchgate.net/profile/Nur-Maulida-2/publication/359814481_Studi_Literatur_Penerapan_Metode_Prototaype_Dan_Waterfall_Dalam_Pembuatan_Sebuah_Aplikasi_Atau_Website/links/624fcd304f88c3119ce8737e/Studi-Literatur-Penerapan-Metode-Prototaype-Dan-
Partogi, Y., & Pasaribu, A. (2022). Perancangan metode decision tree terhadap sistem perpustakaan STMIK Kuwera. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.56995/sintek.v1i2.4
Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2023). Analisis teknik Entity-Relationship Diagram dalam perancangan database. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), 1(2), 98–102. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.533
Rahmawati, E., & Wijianto, R. (2019). Penerapan metode waterfall pada pengembangan sistem informasi rekam medis klinik rawat inap Naja Shafana Purwokerto. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 15(1), 53–60. https://doi.org/10.33480/pilar.v15i1.63
Rangkuti, A., Prodi, M., Matematika, P., Utara, S., & Yahfizham, Y. (2023). Pengenalan algoritma pemrograman dasar dalam konteks pembelajaran pemrograman awal. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 2987–5315. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1714
Rochaety, E. (2016). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Saputri, Z. R., Oktavia, A. N., Ramdhani, L. S., & Suherman, A. (2019). Rancang bangun sistem informasi pemesanan makanan berbasis web pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(1), 66–77. https://doi.org/10.34010/jati.v9i1.1378
Setyoningrat, D., Arimbawa, I. G., & Damayanti, E. (2019). The influence of services, facilities, and locations to purchasing decisions and customer satisfaction on Warkop Dewa Sidoarjo. Journal of World Conference (JWC), 1(2), 225–231. https://doi.org/10.29138/prd.v1i2.159
Sindriama Rinelda, M., Saepudin, S., & Kunci, K. (2021). Sistem informasi penjualan makanan hewan (studi kasus Happy Tri Pet Shop Bogor). Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra, 1(01), 266–269. https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/42
Solehudin, S., & Sancka Stella Ganiasnda Sihura. (2023). Pengaruh akreditasi terhadap peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Jurnal Medika Husada, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.59744/jumeha.v3i1.38
T., S., & Santi. (2020). Membangun sistem informasi pendaftaran siswa baru berbasis web dengan metode MDD (Model Driven Development) di Raudhatul Athfal Nahjussalam.
Yasir, A. (2020). Sistem informasi perpustakaan berbasis web pada Perpustakaan Universitas Dharmawangsa. DJTechno: Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 36–40. https://doi.org/10.46576/djtechno.v1i2.970