Pengaruh Gratis Ongkir Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Tiktok Shop Pada Siswa Kelas X1 Otkp Smk Cengkareng 1

research
  • 21 Oct
  • 2024

Pengaruh Gratis Ongkir Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Tiktok Shop Pada Siswa Kelas X1 Otkp Smk Cengkareng 1

Tri Buana Tunggal Dewi (64200739) Pengaruh Gratis Ongkir Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Di Tiktok Shop Pada Siswa Kelas XI OTKP SMK Cengkareng 1

 

SMK Cengkareng 1 bergerak dibidang pendidikan. Tujuan penelitian ini , untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gratis ongkir dan flash sale terhadap keputusan pembelian produk skincare ditiktok shop, yang meliputi gratis ongkir dan flash sale (variabel independen) keputusan pembelian (variabel dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI OTKP SMK Cengkareng 1. Sedangkan responden atau sampel nya berjumlah 50 responden. Sampling data diperoleh melalui kuesioner dengan uji analisis data yaitu uji validitas dan reabilitas,uji asumsi klasik data yaitu uji normalitas,uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji linear berganda, uji hipotesis yaitu uji T dan uji F, serta ada uji koefisien determinasi (R2). Penelitian ini menggunakan deskriptif data dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel. Dari hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel gratis ongkir B1 : 0,540, flash sale B2 : 0,267. Hasil koefisiensi determinasi (R2) menggunakan nilai R Square sebesar 0,752. Dari hasil perhitungan uji f bahwa secara simultan variabel gratis ongkir dan flash sale dengan nilai sig (0,000) < 0,05 dan fhitung (62.107) > f tabel (3.22). Untuk varibel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian adalah gratis ongkir.

Kata Kunci: gratis ongkir, flash sale, keputusan pembelian

Unduhan

 

REFERENSI

Appuliani, A., & Handayani, L. S. (2024). Analisis Pengaruh Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Dan Layanan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Management Studies and …, 5(2), 6754–6764. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/5259%0Ahttps://yrpipk u.com/journal/index.php/msej/article/download/5259/2988

Al Fajri, M. A., Moelyati, T. A., & Yamalay, F. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Pembelian Impulsif melalui Variabel Intervening Emosi Positif pada Marketplace di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(3), 132–140.

Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Flash Sale, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 209–220.

Anggraini, D., Azman, H. A., Hasanah, N. F., Febrian, H., & Sholihin, A. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Impulsive Buying Secara Online dengan Muslim Self-Control Sebagai Variabel Moderating (Kajian Perspektif Ekonomi Islam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 618–629. Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 109–120.

Arwana, D. S., & Purnomo, N. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling, Diskon, Gratis Ongkir dan Cash on Delivery terhadap Keputusan Pembelian pada E- Commerce Shopee. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 1129–1150.

Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56.

https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. Journal of Management & Business, 5(1), 60–76.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (pp.

45–46). Univ. Diponegoro Press.

Fayadl, M. F., Widarko, A., & Mustapita, A. F. (2024a). Pengaruh Gratis Ongkir, Online Costumer Review Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Tiktok Shop (Studi Pengguna Tiktok Shop di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2082–2090.

Fayadl, M. F., Widarko, A., & Mustapita, A. F. (2024b). Pengaruh Gratis Ongkir, Online Costumer Review Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Tiktok Shop (Studi Pengguna Tiktok Shop di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2082–2090.

Febriyanti, A., & Ratnasari, I. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review Dan Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Scarlett Whitening Di Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 50–57.

Hastriana, A. Z., & Wildani, A. R. B. (2023). Pengaruh Customer Rating, Promosi Flash Sale, COD, dan Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Alkasb: Journal of Islamic …, 2(December), 86–100. https://jurnal.instika.ac.id/index.php/alkasb/article/download/519/245

Herlina, Loisa, J., & Mulyana, T. (2021). DAMPAK FLASH SALE COUNTDOWN TIMER DI MARKETPLACE ONLINE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI INTERVENING [The Impact Of Flash Sale

Countdown Timer in Marketplace Online On Purchase decisions with Buying Intention As Intervening]. Jurnal Digismantech, 1(1), 11–17. http://journal.ubm.ac.id/index.php/digismantech

Hastriana, A. Z., & Wildani, A. R. B. (2023). Pengaruh Customer Rating, Promosi Flash Sale, COD, dan Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian di

Marketplace Shopee. Alkasb: Journal of Islamic Economics, 2(2), 86–100.

Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 3(2), 314–328.

Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.35506/bisniskompetif.v1i2.1011

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Irawan, R., Nurhidayati, S., & Maria, Y. (2023a). PENGARUH SISTEM CASH ON DELIVERY DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE TIKTOK SHOP. CAM

JOURNAL: Change Agent For Management Journal, 7(2), 37–47.

Irawan, R., Nurhidayati, S., & Maria, Y. (2023b). PENGARUH SISTEM CASH ON DELIVERY DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE TIKTOK SHOP. CAM

JOURNAL: Change Agent For Management Journal, 7(2), 37–47.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13), 38–51. www.indotelko.com

Mehta, C.R., and Patel, N. R. (2007). SPSS Exact Tests. SPSS16.0 Manual, January, 1–220.

Rizkya, S. N., Sarah, S., & Fanji, F. W. (2024). Pengaruh Flash Sale, Gratis Ongkos Kirim, dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1629 Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841

Sanusi, A. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta: salemba empat.

Sari, P., Palah, J. M., & Ambarwati, P. (2023). Keputusan Pembelian Pengguna E- commerce Tiktok Shop: Daya Tarik Konten, Gratis Ongkos Kirim dan Harga Flash Sale sebagai Pemicu. Jurnal EDkonomi Manajemen Bisnis, 4(01), 85–100. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.260

Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 111–113. www.fe.unisma.ac.id

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Kencana, Prenada Media Grup.

Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Jurnal Kompetitif, 12(1), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Widjanarko, W., Saputra, F., & Hadita. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678–685