STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN CITRA BAIK PENYIDIK BARESKRIM POLRI TERHADAP PUBLIC EKSTERNAL

research
  • 21 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN CITRA BAIK PENYIDIK BARESKRIM POLRI TERHADAP PUBLIC EKSTERNAL

Di Indonesia, Indonesia adalah negara terbesar ketiga di dunia, dan Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Indonesia adalah negara dengan tingkat modal sosial tertinggi. Pemerintah Indonesia memiliki sejarah panjang dalam mempromosikan modal sosial, dan telah mampu membangun modal sosial melalui penggunaan hubungan masyarakat. Makalah ini berfokus pada Kebijakan Reformasi Birokrasi Indonesia dan membahas peran humas pemerintah dalam membangun modal sosial: kasus Hubungan Masyarakat Pemerintah Indonesia dalam Membangun Modal Sosial: Kasus Kebijakan Reformasi Birokrasi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang komunikasi untuk membangun hubungan baik oleh Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) terhadap Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian mengeksplorasi suatu kasus dan aktivitas terkait pembelajaran di Bareskrim Polri. Metode ini ditujukan untuk mendapatkan database informasi yang ada pada setiap informan yaitu Pimpinan Polri/Kabareskrim Polri atau Wakabareskrim, Direktur/Wakil Direktur Bareskrim Polri, Karo Wasidik, Kasub Dit, Kanit, Penyidik. Teknik analisis data dilakukan dengan  membaca  dan  memahami  berbagai  materi  emperik (emperical  material)  yang  telah  dikumpulkan  tersebut  kemudian  mengkaitkannya  dengan  key  themes pada  penelitian  ini. Hasil penelitian ini membukrikan bahwa komunikasi yang telah terjadi belum seluruhnya dapat dipahami oleh Masyarakat luas dikarenakan kurang nya informasi yang diberikan atau di sajikan oleh kepolisian. Namun dengan kegiatan yang sudah dilakukan oleh kepolisian sudah memberikan sedikit dampak baik terhadap hubungan dengan Masyarakat.

Unduhan

 

REFERENSI

 

Agustianti, Rifka, Pandriadi, W. (2022). Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif. In CV. Tohar Media (Issue).

Amaliyyah, R. (2021).

Angeline, A., & Setyanto, Y. (2023). Penerapan Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Baik Perusahaan (Studi terhadap Helios Capital Asia). Kiwari, 2(2), 192–200. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.23997

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). VisiAgustianti, Rifka, Pandriadi, W. (2022). Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif. In CV. Tohar Media (Issue).

Amaliyyah, R. (2021).

Angeline, A., & Setyanto, Y. (2023). Penerapan Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Baik Perusahaan (Studi terhadap Helios Capital Asia). Kiwari, 2(2), 192–200. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.23997

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Aulia, P., & Zaen, N. (2023). Membangun Citra Perusahaan yang Kuat: Strategi Komunikasi untuk Keberhasilan. Pujangga Baru, 2(2341–2541), 12.

Chapter, B. (n.d.). No Title.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Effendy, O. U. (1993). Human Relation dan Publik Relation.

Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(2), 8–21. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/139

Hasibuan, M. A. (2019). Komunikasi Sirkular (Circular Theory). Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–18.

Ira Fatmawati. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.18

Jeffrey, J., & Junaidi, A. (2019). Kegiatan Public Relations Votrro Coffee And Bar Dalam Menjaga Loyalitas Customer Votrro Coffee And Bar. Prologia, 3(1), 142. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6231

Lubis, N. L., & Hum, S. (2019). the Role of Government Public Relations in Building Social Capital: the Case of Indonesia’S Bureaucratic Reform Policy …. Researchgate.Net.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., Ummah, A. H., Arifuddin, O., Hanika, I. M., Zusrony, E., Chairunnisah, R., Ismainar, H., Syamsuriansyah, Bairizki, A., Lestari, A. S., & Utami, M. M. (2021). Komunikasi Organisasi. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Siti Rohmah. (2021). Teori-teori komunikasi.

Suparyanto dan Rosad. (2020). Pemaparan Tentang Konsep. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Supit, B. F. (2023). Konsep Dasar Komunikasi Organisasi. Tahta Media Group, 12(2), 75.

Vladimir, V. F. (2020). Bab 2 Landasan Teori Citra Perusahaan. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.

 Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Aulia, P., & Zaen, N. (2023). Membangun Citra Perusahaan yang Kuat: Strategi Komunikasi untuk Keberhasilan. Pujangga Baru, 2(2341–2541), 12.

Chapter, B. (n.d.). No Title.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Effendy, O. U. (1993). Human Relation dan Publik Relation.

Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(2), 8–21. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/139

Hasibuan, M. A. (2019). Komunikasi Sirkular (Circular Theory). Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–18.

Ira Fatmawati. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.18

Jeffrey, J., & Junaidi, A. (2019). Kegiatan Public Relations Votrro Coffee And Bar Dalam Menjaga Loyalitas Customer Votrro Coffee And Bar. Prologia, 3(1), 142. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6231

Lubis, N. L., & Hum, S. (2019). the Role of Government Public Relations in Building Social Capital: the Case of Indonesia’S Bureaucratic Reform Policy …. Researchgate.Net.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., Ummah, A. H., Arifuddin, O., Hanika, I. M., Zusrony, E., Chairunnisah, R., Ismainar, H., Syamsuriansyah, Bairizki, A., Lestari, A. S., & Utami, M. M. (2021). Komunikasi Organisasi. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Siti Rohmah. (2021). Teori-teori komunikasi.

Suparyanto dan Rosad. (2020). Pemaparan Tentang Konsep. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Vladimir, V. F. (2020). Bab 2 Landasan Teori Citra Perusahaan. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.