Imro’atul Khoiriyah (4420994), Persepsi Masyarakat Terhadap Kepuasan Penggunaan Program Spotify Di Era Digital (Mahasiawa Ilkom Semester I Pemuda)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap keberagaman konten musik yang ditawarkan oleh program Spotify Untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana masyarakat menilai keberagaman konten musik yang disediakan oleh program Spotify yang memengaruhi persepsi pengguna. penelitian ini diharapkan bisa menyediakan wawasan tentang perilaku konsumen dalam konteks layanan digital, khususnya bagaimana mereka memutuskan untuk menggunakan atau tidak menggunakan layanan streaming musik. sehingga dapat menjadikan ilmu yang bermanfaat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperkuat atau memodifikasi model yang ada tentang bagaimana pengaruh sosial dan budaya memengaruhi adopsi teknologi. metode penelitian TAM (Technology Acceptance Model) persepsi kemudahan kegunaan Spotify memilki hubungan yang kuat terhadap kepuasan kegunaan Spotify, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kemudahan kegunaan Spotify terhadap persepsi kegunaan Spotify. Adapun berikut merupakan hasil penelitian yang telah didapatkan, persepsi kemudahan kegunaan Spotify memilki hubungan yang kuat terhadap kepuasan kegunaan Spotify, selain itu juga terbukti bahwa adanya hubungan positif antara kemudahan penggunaan program Spotify dan peningkatan kepuasan mendengarkan musik di kalangan penggunanya
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Kepuasan pengguna, Program Spotify
COVER SKRIPSI
FULL SKRIPSI
Bagas Rifki, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet yang Dimediasi Oleh Minat Beli”, (Skripsi SE, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2016), 15-26.
Federiko, Y. (2021). Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Paket Premium Aplikasi Streaming Musik Spotify (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).
Ginting, Y. M., Elvera, E., Yuliany, N., & Mico, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Ulang Terhadap Spotify Premium Di Indonesia. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(2), 551-564.
II BAB, Persepsi A. Sarlito W. Sarwono, Psikologi Lintas Budaya , (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), 24. 28. Published online 2014:28-57.
Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Indeks, 2008), 281.
Maghfiroh, L., & Aminah, S. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Aplikasi musik Spotify Premium. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7339-7346.
Odelia, F., & Sembiring, S. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SPOTIFY DENGAN MENGGUNAKAN METODE UTAUT. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2).
Panjaitan, R. A. R., & Andarini, S. (2024). Pengaruh Brand Experience dan Perceived Usefulness terhadap Brand Loyalty pada Layanan Spotify Premium di Kota Surabaya. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7465-7477.
Pemudakaya (2021). Spotify. Diakses pada 2 juni 2024, dari https://idcopy.net/tips-akun-premium/apa-itu-spotify/
Putri, D. A. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan E-Marketing terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Spotify di Medan Johor.
Rizky Dermawan, Pengambilan Keputusan, (Bandung: Alfabeta, 2013), 189.
Utami, Audrey Anindita. Persepsi Terhadap Brand Image Spotify Sebagai Aplikasi Streaming Musik Anak Muda. Diss. UNIVERSITAS BAKRIE, 2018.
Wihandoko, A. (2015). Persepsi Dan Tingkat Partisipasi Masyarakat Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) di Kabupaten Mesuji (Studi Kasus Kecamatan Tanjungraya). Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 167-190.