Pengaruh Price Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Susu Dairy Pada CV Sawangan Farm Dairy

research
  • 21 Oct
  • 2024

Pengaruh Price Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Susu Dairy Pada CV Sawangan Farm Dairy

Harga ( Price ) merupakan salah satu unsur yang penting dalam pemasaran, yang
apabila konsumen menerima harga yang terlalu tinggi maka mereka akan mencari
produk atau merek lain dengan harga yang lebih terjangkau. Ketika harga yang
ditetapkan terlalu rendah maka suatu merek tidak akan mendapatkan laba yang telah
di targetkan oleh perusahaan. WOM atau Word Of Mouth menjadi bagian penting
yang memiliki power potensi yang luar biasa dalam pemberitaan sebuah produk.
Keputusan pembelian merupakan proses pelanggan dalam mengevaluasi berbagai
macam pilihan yang ada kemudian membuat keputusan pilihan tersebut menjadi
sebuah keputusan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total
responden 100 kemudian menggunakan slovin menjadi 80 responden. hasil nilai t
tabel dengan taraf kesalahan 5% dan dk = 79 yaitu 1,664 berdasarkan data diatas
didapatkan hasil bahwa 3,969 > 1.664 (t hitung> t tabel). hasil nilai t hitung= 5,442
dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan
penulis secara serempak atau simultan, diperoleh bahwa nilai F hitung = 14,862 dan
F tabel = 3,97 dan nilai signifikan = 0,000. Dengan demikian diperoleh hipotesis
bahwa terdapat pengaruh Price (X1) dan Word Of Mouth (X2) terhadap keputusan
pembelian (Y).

Unduhan

 

  • Bukti submit .pdf

    BUKTI SUMBIT

    •   diunduh 21x | Ukuran 33,064

REFERENSI

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution, Ed.). PT Inovasi
Pratama Internasional.
Asia, N. (2023). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Bagi
Konsumen Alfamart di Lembang Kabupaten Pinrang.
Dekasari, Y., & Hendri. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth
Communication Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Dancow Di
Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1).
Extevanus, L., & Sari, W. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan
Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada
Dimsum Kaki Lima di Bandar Lampung. Journal of Information System,
Applied, Management, Accounting and Research, 8(1), 198–210.
https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i1.1439
Fachrul Rozi, M., Setianingsih, R., & Kusumah, A. (2023). Pengaruh Citra
Merek, Harga, dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan
Pembelian Teh Gepuk Di Pekanbaru. Seminar Nasional Ekonommi Dan
Bisnis, 3, 70–78.
Fatimah, B. S. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN
WORD OF MOUTHTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SMARTPHONE VIVO. Marketgram Journl, 1(1), 11–20.
Firmansyah, M. A. (2023). Manajemen Pemasaran (S. F. Paramita Wardani,
Ed.). UM Surabaya Publishing.
Hertita, D. (2023). Setiap Pebisnis Harus Tahu Promo Upselling Cross-selling
Ini! (Virgiona, Ed.). PT Elex Media Komputindo.
Khalik, I. (2022). Penetapan Atribut Produk dan Harga Terhadap Penciptaan
Nilai Serta Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran (A. A Musyaffa, Ed.).
Insania.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). PENGARUH CITRA MEREK,
PERSEPSI HARGA DAN E- WORD OF MOUTH TERHADAP
57
KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION JINISO.ID DI
MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Economina, 2(3).
Mahendra, I. K. A., Pertama, I. G. A. W., & Idawati, I. A. A. (2022). Pengaruh
Harga, Word of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Pada CV. Lagas Jaya Badung. Lagas Jaya Badung.
Warmadewa Management and Business Journal, 4(2), 63–71.
https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj
Maknunah, L. U., Diantanti, N. P., & Darajat, A. H. (2023). Pengaruh Word of
Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. BRILIANT : Jurnal Riset Dan
Konseptual, 8(4), 863– 869.
Nur Arafah, R., & Subali. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Konsumen Angkringan Cahsaiki Bekasi.
Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(3), 361–367.
https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p36
Nur Hidayati, S., Rachmawati, E., Septin Muji, T. R., & Yusnar Kharismasyah,
A. (2023). Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup
terhadap keputusan pembelian. Keuangan Dan Manajemen, 19(1), 209–
222.
Nuriyah, S., & Surianto, Moh. A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan
Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko
Bening Bungah. Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(1), 53–60.
Prayoga, I. K. W., & Kerti Yasa, N. N. (2023). Electronic Word of Mouth, Brand
Image dan Puschase Intention : Konsep dan Studi pada calon Konsumrn
Kedai Kopi Fore Coffee (S. Winarsih, Ed.). Media Pustaka Indo.
Rorlen, Ekadjaja, M., Eric Adiwijaya, & Elizabeth Christinio Puspita. (2023).
Pengaruh Identitas Merek, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap
Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ekonomi, 28(2), 255–273.
https://doi.org/10.24912/je.v28i2.1622
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PESAN ANTAR MAKANAN GOFOOD DI KOTA
SOLO. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 70–78.
58
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2).
Yuli Anita, S., Amiruddin, E. E., Wahyuni, R., Wiratmo, L. B., Mustafa, F.,
Khairo, F., Rahmani, S., Puspasari, D., Suyatno, A., Fadillah, M. I.,
Adam, K. A., Nurhayati, N., Puspitasari, M., & Abdillah, F. (2023).
Perilaku Konsumen (M. A. Wardana, Ed.). Intelektual Manifes Media.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian
merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber
informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Dekasari, Y. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth
Communication Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Dancow Di
Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(1), 1–11.
https://doi.org/10.57084/jmb.v1i1.232
Harisandi, P., Yahya, A., Risqiani, R., & Purwanto, P. (2023). Peran Harga dan
Citra Merek dalam Mediasi Pengaruh E-Word to Mouth terhadap
Keputusan Pembelian melalui Aplikasi TikTok. MUKADIMAH: Jurnal
Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 277–285.
https://doi.org/10.30743/mkd.v7i2.7232
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga
Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion
Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753–765.
https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398
Widyanto, I., & Albetris, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan
Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi
Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian).
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 138.
https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.239