Promosi melalui media sosial Instagram merupakan bagian dari keberlangsungan perusahaan, yang berarti bahwa produk atau jasa dapat dijual, memberikan kepuasan kepada publik, dan membuat publik diingat sesuai dengan informasi yang diberikan. Penulis memiliki tujuan untuk menganalisis strategi Marketing Public Relation yang dilakukan SD Marsudirini Bekasi melalui media Instagram. Hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran merek atau produk terhadap orang tua siswa, terutama orang tua yang akan menyekolahkan anak-anak mereka. Analisis menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif, yaitu dengan menggali informasi melalui wawancara dan observasi dengan pihak SD Marsudirini Bekasi perihal strategi Marketing Public Relations. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Dari hasil peneleitian didapatkan strategi Marketing Public Relation yang dilakukan SD Marsudirini Bekasi melalui media Instagram sangat baik dengan urutan proses pembuatan konten yang baik pula, dari perancangan konten, pengolahan konten, publikasi konten, hingga interaksi dengan publik melalui kolom komentar. Begitupun kerja tim media sosial yang baik sehingga dalam menyusun sebuah strategi Marketing Public Relation dengan memahami audience dalam menjaga brand awareness dan citra sekolah.
Skripsi ANALISIS STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION SD MARSUDIRINI BEKASI MELALUI MEDIA INSTAGRAM
Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/10.36787/JSI.V3I1.199
Andara, S., Ishmah, Z., Aisy, R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.15294/Harmony.V7I1.55893
Diana, E., & Rofiki, Moh. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 336–342. https://doi.org/10.31004/JRPP.V3I2.1356
Kusuma, N. B. A. P., & Miartana, I. P. (2018). Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Association Brand Preference dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 100–119. https://doi.org/10.38043/JMB.V15I2.595
Mi’razul Mu’minin, A., Al, A., & Soem, M.’. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Niat Mendaftar Ulang (Repurchase Intention) Siswa Sma Al Ma’soem Ke Amik Al Ma’soem. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 1(1), 1–22. https://doi.org/10.32627/MAPS.V1I1.210
Muarrief Rahmat, 211007008. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Humas Dinas Perhubungan Aceh dalam Menyebarkan Informasi Publik.
Nurrokhim, A., Widyastuti, E., & Korespondensi, ). (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli
57
sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53088/JMDB.V1I2.134
Persadanta, O. E., Ferry, B., Koagouw, V. I. A., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.Com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3).
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536
Shinta, A., & Putri, K. Y. S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Terhadap Personal Branding Bintang Emon Pada Pengguna Instagram. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 98–122. https://doi.org/10.21009/Communicology.021.08
Syaifudin, A. A., & Wahyuni, S. (2022). Strategi Promosi Pariwisata: Studi Atas Marketing Public Relation Pantai Ngebum Kendal. Jurnal An-Nida, 14(2). https://kendalkab.bps.go.id
Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian ... - Rachmat Kriyantono, Ph.D. - Google Buku. (t.t.). Diambil 10 Juli 2024, dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=I-VNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=teori+public+relations&ots=j4ZImbxES2&sig=btXT5pk3_yfBZ68VyWE41SCX730&redir_esc=y#v=onepage&q=teori%20public%20relations&f=false