Studi ini bertujuan untuk menganalisis sentimen dari ulasan pengguna aplikasi Zalora yang terdapat di Google Play Store menggunakan metode Decision Tree. Di era digital saat ini, ulasan pengguna sangat berharga bagi pengembang aplikasi dan perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Data yang dipakai dalam studi ini diambil dari komentar pengguna aplikasi Zalora di Google Play Store. Proses analisis dimulai dengan pengumpulan data ulasan, yang kemudian diproses lebih lanjut melalui proses pembersihan dan persiapan data sebelum pemrosesan tersebut. Selanjutnya, dilakukan ekstrasi fitur untuk mengubah kata-kata dalam ulasan menjadi format numerik yang dapat diproses oleh algoritma Decision Tree. Setelah itu, model Decision Tree digunakann untuk mengklasifikasi sentiment ulasan menjadi positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Decision Tree memiliki tingkat akurasi yang tinggi yang tinggu dalam mengklasifikasikan sentiment ulasan pengguna aplikasi Zalora. Analisis ini memberikan wawasan mendalam tentang persepsi pengguna terhadap aplikasi Zalora, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.
Muhammad Rifky Arief Wichaksono 17191104
Aditya Quantano Surbakti, Regiolina Hayami, & Januar Al Amien. (2021). Analisa Tanggapan Terhadap Psbb Di Indonesia Dengan Algoritma Decision Tree Pada Twitter. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 91–97. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.2851
Cahya Herdiyani, T., & Zailani, A. U. (2022). Sentiment Analysis Terkait Pemindahan Ibu Kota Indonesia Menggunakan Metode Random Forest Berdasarkan Tweet Warga Negara Indonesia Sentiment Analysis Related to Transportation of Indonesian Capital City Using Random Forest Method Based On Tweet Of Indonesian Citizens. In JTSI (Vol. 3, Issue 2).
Cahyaningtyas, C., Nataliani, Y., & Widiasari, I. R. (2021). Analisis sentimen pada rating aplikasi Shopee menggunakan metode Decision Tree berbasis SMOTE. AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 18(Agustus), 173–184.
Caroline, Stevie., & Tjiptodjojo, K. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE ZALORA. In Universitas Kristen Maranatha Jl. Surya Sumantri No (Vol. 65, Issue 022).
Chiquita Kurniawan, I., Remiasa, M., Manajemen Bisnis, P., & Studi Manajemen, P. (2021). JMP | ANALISA E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELIAN ONLINE DI ZALORA INDONESIA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 75–83. https://doi.org/10.9744/jmhot.7.2.75-83
Franseda, A., & Anggraeni, S. (2020). Integrasi Metode Decision Tree dan SMOTE untuk Klasifikasi Data Kecelakaan Lalu Lintas Integration of Decision Tree and SMOTE Methods for Classification of Traffic Accidents Data. 08(3). https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40982
Ginantra, N. L. W. S. R., Yanti, C. P., Prasetya, G. D., Sarasvananda, I. B. G., & Wiguna, I. K. A. G. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Villa di Ubud Menggunakan Metode Naive Bayes, Decision Tree, dan K-NN. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 11(3), 205–215. https://doi.org/10.23887/janapati.v11i3.49450
Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., Maulana, A., Safitri, K., Fahlevi, M., Sulistyo, A. B., & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 477–486. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.006
Mardiana, L., Kusnandar, D., & Satyahadewi, N. (2022). ANALISIS DISKRIMINAN DENGAN K FOLD CROSS VALIDATION UNTUK KLASIFIKASI KUALITAS AIR DI KOTA PONTIANAK. In Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster) (Vol. 11, Issue 1).
Santosa, F. D., & Baisyir, F. (2021). An Analysis Of Differences In Consumer Satisfaction On Zalora E-Commerce Users In The Bekasi City Region Based On Customer Value And Consumer Trust. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 65–77. https://databoks.katadata.co.id/
Putra Laksana, R., & Ruswanti, E. (2023). The Influece Of Service Quqlity On Customer Sastisfcation And Customer Trust And Impaction Repurcase Intention And Site Revition. In International Journal of Science. http://ijstm.inarah.co.id
Rofiani, R., Oktaviani, L., Vernanda, D., & Hendriawan, T. (2024). Penerapan Metode Klasifikasi Decision Tree dalam Prediksi Kanker Paru-Paru Menggunakan Algoritma C4.5. 18(1).
Rokhman Abbi, Khoirul., Berliana, & Arsi Primandani. (2021). 341-Article Text-1787-2-10-20210922.
Rosid, M. A., Fitrani, A. S., Astutik, I. R. I., Mulloh, N. I., & Gozali, H. A. (2020). Improving Text Preprocessing for Student Complaint Document Classification Using Sastrawi. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 874(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/874/1/012017
Sudarsono, B. G., Leo, M. I., Santoso, A., & Hendrawan, F. (2021). ANALISIS DATA MINING DATA NETFLIX MENGGUNAKAN APLIKASI RAPID MINER. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(1). https://doi.org/10.30813/jbase.v4i1.2729
Tangkelayuk, A., & Mailoa, E. (2022). Klasifikasi Kualitas Air Menggunakan Metode KNN, Naïve Bayes Dan Decision Tree. 9(2), 1109–1119. http://jurnal.mdp.ac.id
Tuntun, R., Kusrini, K., & Kusnawi, K. (2022). Analisis Perbandingan Kinerja Algoritma Klasifikasi dengan Menggunakan Metode K-Fold Cross Validation. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(4), 2111. https://doi.org/10.30865/mib.v6i4.4681
Vicky Haekal, B., Ernawati, lin, Chamidah, N., Nasional Veteran Jakarta, P., Fatmawati Raya, J. R., Labu, P., & Cilandak, K. (n.d.). Klasifikasi Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Decision Tree C4.5. 3, 2021.
Wilyani, F., Nuryan Arif, Q., & Aslimar, F. (n.d.). Pengenalan Dasar Pemrograman Python Dengan Google Colaboratory Basic Introduction to Python Programming With Google Colaboratory. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i1.1087