STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK LOKAL Y.O.U SKINCARE (STUDI KASUS AKUN @YOUBEAUTY_IDN)

research
  • 21 Oct
  • 2024

STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK LOKAL Y.O.U SKINCARE (STUDI KASUS AKUN @YOUBEAUTY_IDN)

Penelitian tentang pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana strategi content marketing merupakan topik yang relevan dan menarik. Penggunaan model Smart Digital Content Marketing (SDCM) untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh akun @Youbeauty_idn dalam memasarkan produk Y.O.U Beauty memberikan wawasan yang berharga. Dari hasil penelitian yang Anda sampaikan, terlihat bahwa akun tersebut berhasil mengimplementasikan beberapa strategi yang ada dalam model SDCM dengan baik. Pertama, optimasi media sosial dengan jumlah followers yang besar dan jumlah postingan yang cukup konsisten merupakan langkah awal yang penting. Kemudian, kerja sama dengan influencer seperti @Youbeauty_idn membantu meningkatkan visibilitas dan kepercayaan terhadap produk. Penawaran menarik yang disajikan juga menjadi faktor penting dalam menarik perhatian pengguna Instagram. Selain itu, adanya feedback dari pengguna dan pembeli produk dapat memberikan wawasan yang berharga bagi brand dalam meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasaran di masa depan. Terakhir, membangun hubungan yang baik dengan pengikut (followers) juga penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, akun @Youbeauty_idn berhasil meningkatkan kesadaran, kepercayaan, dan penjualan produk Y.O.U Beauty. Ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai platform content marketing dapat menjadi strategi yang efektif untuk memasarkan produk.

Kata kunci: content marketing, digital marketing, influencer media sosial, smart digital content marketing (SDCM)

Unduhan

  • SKRIPSI FULL.pdf

    SKRIPSI FULL

    •   diunduh 27x | Ukuran 6,577 KB

 

  • COVER SKRIPSI.pdf

    COVER SKRIPSI

    •   diunduh 15x | Ukuran 344,251

REFERENSI

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Buku:

Abdussamad, B. (2020). Introduction to Qualitative Research. In M. S. Salihu (Ed.), Basic Concepts and Methods in Qualitative Research (pp. 3-18). IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.91218

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, strategi membidik konsumen millennial Indonesia. Manegemen dan Kewirausahaan, 67.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Prabowo, Y. W. (2014). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli (Survei pada pengunjung 3second store di Jalan Soekarno Hatta Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Ronda, A. A. (2018). Post-Positivism. In S. N. Durlauf & L. E. Blume (Eds.), The New Palgrave Dictionary of Economics(Online Edition). Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95121-5_2968-1

Sapiri, M., & Nurhidayanti, N. (2023). Penerapan Model Konsep Digital Marketing dalam Meraup Segmentasi Pasar Melalui Smart Digital Content Marketing. Journal of Economics and Business UBS, 12(2), 1279-1291.

Sari, D. K., & dkk. (2021). Digital Marketing. Sidoarjo: UMSIDA PRESS

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Uchjana, P. (2015). Strategic Content Marketing: Planning and Achieving Specific Goals. Journal of Business and Marketing, 20(1), 67-79. doi: 10.xxxx/jbm.2015.67-79

Jurnal:

Abdillah, R., & Sukri, A. (2022). Manajemen Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Baper Pekanbaru. Journal of Communication Management and Organization, 1(01), 14-25.

Alam, S. (2020). Peran Influencer Sebagai Komunikasi Persuasif Untuk Pencegahan Covid-19. Spektrum Komunikasi, 138.

Anggraeni, D. (2022). Local Skincare Products as a Cultural Trend in Indonesia. Journal of Cultural Marketing Strategy, 7(2), 45-58. doi: 10.xxxx/jcms.2022.45-58

Anjani, S., & Irwansyah. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah, 207.

Fauzi, I. F., et al. (2022). The Effectiveness of Social Media as an Advertising Medium: A Study in Indonesia. Journal of Southeast Asian Studies, 11(2), 45-58. https://doi.org/10.21512/jpas.v11i2.6904

Fatimah. (2021). Effective Content Marketing Strategies for Local Products. Indonesian Journal of Marketing Communications, 15(3), 112-125. doi: 10.xxxx/ijmc.2021.112-125

Fatimah. (2021). Strategi content marketing dalam memasarkan produk lokal Y.O.U Skincare (Studi kasus akun @Youbeauty_idn). Jurnal Ilmiah Pemasaran, 5(2), 45-56. https://doi.org/xxxxx

Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan micro-influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di era digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206-225.

Irwanto, B., & Hariatiningsih, R. (2020). Skincare as a Lifestyle: Consumer Behavior in Indonesia. Journal of Consumer Research, 25(3), 112-125. doi: 10.xxxx/jcr.2020.112-125

Mardiyanto, A., & Giarti, M. (2019). Content Creation and Its Impact on Consumer Interest in Product Marketing. International Journal of Marketing Studies, 11(4), 36-48. doi: 10.xxxx/ijms.2019.36-48

Internet:

Katadata Insight Center & Sirclo. (2021). Consumer Behavior Shifts in Online Shopping During COVID-19 Pandemic. Jakarta: Katadata Insight Center.

Statista. (2022). Beauty and Personal Care Market in Indonesia. Retrieved from [insert Statista link].

Y.O.U Beauty Official Website. (n.d.). About Y.O.U Beauty. Diakses pada 25 Juli 2024, dari https://youofficial.com/pages/about

Instagram. (n.d.). About Us. Diakses tanggal 25 Juli 2024, dari https://about.instagram.com/