ANALISIS KOMUNIKASI DIGITAL GEREJA KRISTUS YESUS SUNTER DALAM PELAYANAN JEMAAT DI MEDIA SOSIAL

research
  • 21 Oct
  • 2024

ANALISIS KOMUNIKASI DIGITAL GEREJA KRISTUS YESUS SUNTER DALAM PELAYANAN JEMAAT DI MEDIA SOSIAL

Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter merupakan sebuah gereja beragama Kristen Protestan yang ada di Indonesia yang berdiri di atas dasar pengakuan iman bahwa Yesus Kristus adalah salah satunya dasar dan kepala gereja. Pada saat ini banyak sekali gereja yang sudah memasuki era digital salah satunya ialah Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter, Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter sendiri mulai mendigitalisasi semua informasi kegiatan di gereja, selain informasi mengenai kegiatan gereja ada juga konten-konten digital yang di unggah di media sosial. Penelitian ini mengadopsi metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka, dengan analisis kualitatif berdasarkan teori media baru (new media) oleh Pierre Levy. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter menggunakan beberapa jenis komunikasi digital seperti e-mail, website, dan media sosial. Dan dalam pelayanan yang di lakukan oleh Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter kepada jemaat dengan menggunakan media baru yaitu, Instagram, Tik-tok, Youtube dan juga Whatsapp yang dapat mempermudah jemaat untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang ada di Gereja Kristus Yesus (GKY) Sunter.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua – Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial Tik Tok. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan Gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan Di Klinik Miracle. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Candra, M. A. A., & Wulandari, I. A. (2021). Sistem Informasi Berprestasi Berbasis Web Pada SMP Negeri 7 Kota Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), 01(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi keempat. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Fatty Faiqah, Muh. Nadjib, A. S. A. (2018). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 28–42. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801

Hargita, B. S. (2019). Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning. Kajian Pendahuluan. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 213-218.

Jati, A. S. (2019). Akun Instagram Explorepsis Sebagai Media Informasi Panser Biru Supporter PSIS Semarang.

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Kelleher, T. (2007). Public Relations Online; Lasting concepts for changing media. USA: Sage Publications.

Kemenkominfo. (2023). Usul Tambah Pagu Anggaran 2024, Menkominfo: Jalankan Program Prioritas Transformasi Digital. 2024. https://www.kominfo.go.id/content/detail/51571/siaran-pers-no-294hmkominfo092023-tentang-usul-tambah-pagu-anggaran-2024-menkominfo-jalankan-program-prioritas-transformasi-digital/0/siaran_pers

Khatibah, K. (2011). Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Iqra’, 2275(Penelitian Kepustakaan), 36–39.

Kominfo. (2023, September 12 ). Kementrian Komunikasi dan Informartika. Diambil kembali dari Kementrian Komunikasi dan Informartika: https://www.kominfo.go.id

Kuhu, M., Kawengian, D. D., & Pasoreh, Y. (2022). Perubahan Fungsi Komunikasi Dalam Kehidupan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Tounelet Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 4(1).

Lestari , N. (2022). Etnografi Virtual Pada Akun @jagobahasacom. Theses, IAIN Kediri.

Manurung, R. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT BANK BUKOPIN Tbk, STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT BANK BUKOPIN Tbk,. Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas.

Portal Informasi Indonesia. (2020, Maret 2). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Diambil kembali dari Indonesia.GO.ID: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik

Pardianti, M. S., & S, V. V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1905

Rogers, E. M. (1986). The New Media in Society. Dalam E. M. Rogers, Communication Technology. New York: The Free Press.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Dinas Pendidikan Luwu Timur.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL. Jurnal The Messenger, 3.2:69.

Stevani, R. K. (2014). Pemanfaatan E-Mail Dalam Korespondensi Sebagai Perwujudan Paperless Office Di Pt Telkom. Pemanfaatan E-Mail Dalam Korespondensi Sebagai Perwujudan Paperless Office Di Pt Telkom, 1(1), 1–19. http://ejournal.unesa.ac.id/jurnal/jpap/artikel/3736/pemanfaatan-e-mail-dalam-korespondensi-sebagai-perwujudan-paperless-office-di-pt-telkom

WHO. (2020, Desember 20). World Health Organization. Diambil kembali dari WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard: https://covid19.who.int

Yusuf, M. F. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.