Strategi Komunikasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi dan Komunikasi Pada Masyarakat

research
  • 21 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi dan Komunikasi Pada Masyarakat

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) merupakan unsur pendukung Eselon I di bawah naungan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP). BPPSDMKP menyampaikan informasi dan komunikasi melalui media sosial Instagram, namun semakin banyak persaingan Instansi yang menggunakan media sosial juga, maka dari itu membutuhkan strategi komunikasi agar dapat menyampaikan informasi dan komunikasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh BPPSDMKP dalam penggunaan media sosial Instagram sebagai media informasi dan komunikasi pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori oleh Fred R David, dengan tahapan strategi komunikasi yaitu: Perumusan atau Perencanaa Strategi, Implementasi Strategi dan Evaluasi Strategi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari Tahap Perumusan atau Perencaan Strategi ditetapkan oleh BPPSDMKP yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan-kebijakan dan program BPPSDMKP kepada masyarakat. Tahapan Implementasi Strategi terdapat pada menekankan konsistensi, aktif bertinteraksi dengan masyarakat dan selalu memaintant engagement. Tahapan Evaluasi Strategi terdapat kenaikan atau terus meningkat engagement dari bulan Maret, April dan Mei.

Badan Penyuluhan dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) is a supporting element of Echelon I under the auspices of Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). BPPSDMKP conveys information and communication through Instagram social media, but there is more and more competition for agencies that use social media as well, therefore requiring a communication strategy in order to convey good information and communication. The purpose of this study is to determine the communication strategy carried out by BPPSDMKP in using Instagram social media as a medium of information and communication to the public. This study uses the theory by Fred R David in the stages of communication strategy: Strategy Formulation or Planning, Strategy Implementation and Strategy Evaluation. This research method uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques were interviews, observation and documentation. Based on the results of the study, the Strategy Formulation or Planning Stage is determined by BPPSDMKP which aims to convey information about BPPSDMKP policies and programs to the public. The Strategy Implementation Stage is in emphasizing consistency, actively interacting with the community and always maintaining engagement so that it can continue to increase. The Strategy Evaluation stage is an increase or continued increase in engagement from March, April and May.

Unduhan

 

REFERENSI

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974–80. doi:10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Agianto, Rifqi, Anggi Setiawati, and Ricky Firmansyah. 2020. “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Dan Etika Remaja.” Tematik 7(2): 130–39. doi:10.38204/tematik.v7i2.461.

Ahmad Mulyadi, dkk. 2022. “Strategi Komunikasi Kementerian Komunikasi Dan Informatika Dalam Kampanye Nasional Penurunan Prevalensi Stutning.” Interaksi Online Studi Komunikasi: hal. 6-8.

Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. 2015. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=bLo-DwAAQBAJ.

Ardyan, E, Y Boari, A Akhmad, L Yuliyani, H Hildawati, A Suarni, D Anurogo, et al. 2023. METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF : Pendekatan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=A8LmEAAAQBAJ.

Azhari Harahap, Imam, Nazmia Yusdi Arwana, and Suci Wahyu Tami Br Rambe. 2020. “Teori Dalam Penelitian Media.” Jurnal Edukasi Nonformal 3(2): 136–40.

Bura, Michael. 2023. “Peran Strategi Komunikasi Dalam Komunikasi Kebijakan Pemerintah Di Era Digital.” KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-papuamaluku/baca-artikel/16631/Peran-Strategi-Komunikasi-dalam-Komunikasi-Kebijakan-Pemerintah-di-Era-Digital.html#:~:text=Strategi komunikasi dipahami sebagai aktifitas,yang diinginkan sesuai dengan tujuannya. (June 5, 2024).

Dr. Rukin, S.P.M.S. 2021. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF EDISI REVISI. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=I-E2EAAAQBAJ.

Dwi, Anugrah. 2023. “Komunikasi Adalah: Pengertian, Jenis, Dan Tujuannya.” FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK. https://fisip.umsu.ac.id/komunikasi-adalah-pengertian-jenis-dan-tujuannya/ (June 5, 2024).

Eriyanto. 2015. Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untun Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Keti. Jakarta: Kencana.

Fatoni, Ahmad, and Dwi Bayu Rendra. 2014. “Perancangan Prototype Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino.” Prosisko 1(September): 23–29.

Giantika, G A N G A N. 2016. “Strategi Komunikasi Dalam Mengimplementasikan Kartu Jakarta Pintar.” Jurnal Komunikasi VII: 44–54.

Girsang, Dameria, and Nova Lusnia Sipayung. 2021. “Peran Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun (Pasca Pandemi Covid-19).” Jurnal Darma Agung 29(3): 416. doi:10.46930/ojsuda.v29i3.1226.

Harahap, Sri Wahyuni, Ruri Regita Br. Ginting, Muhammad Rasyidin, and Dedi Sahputra. 2021. “Komunikator Dan Komunikan Dalam Pengembangan Organisasi.” Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi 3(1): 106–14. doi:10.31289/tabularasa.v3i1.629.

Inang, Sh, and Yohanes Harususilo. 2023. “Potensi Sektor Kelautan Dan Perikanan Besar, Kementerian KP Genjot SDM Berkualitas.” Kompas.com. https://kilaskementerian.kompas.com/kemen-kp/read/2023/07/19/17003621/potensi-sektor-kelautan-dan-perikanan-besar-kementerian-kp-genjot-sdm (July 10, 2024).

Iskandar, D. 2022. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, Dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=hHeDEAAAQBAJ.

Isnanto, Ardi, Bayu. 2023. “Humas Adalah: Peran, Fungsi, Skill, Dan Bedanya Dengan Marketing.” detikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6841382/humas-adalah-peran-fungsi-skill-dan-bedanya-dengan-marketing (June 5, 2024).

Jamilah, Mimi, and Rohmat Widiyanto. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara.” Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar 1(1): 59–67. doi:10.15408/elementar.v1i1.20886.

Kasuma, Erlin. 2022. “Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Pada Program Halte Sampah Di Kelurahan Gunung Bahagia.” eJournal Ilmu Komunikasi Vol 10(No. 2): Hlm. 41-51.

Kristina, A. 2024. Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=p7gDEQAAQBAJ.

Kriyantono, P R. 2022. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif: Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=yrkFEQAAQBAJ.

Kriyantono, Rachmat. 2019. “Peran Manajerial Praktisi Humas Perempuan Lembaga.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 23(2): 181–94. http://dx.doi.org/10.31445/jskm.2019.2694%0Ahttps://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/2694.

Kustiawan, Winda, Ade Nurlita, Almaidah Siregar, Syarifah Aini Siregar, Indah Ardianti, Manita Rahma Hasibuan, and Sri Agustina. 2022. “Media Sosial Dan Jejaring Sosial.” Maktabun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi 2(1): 1–5.

Leliana, Intan, and Venessa Agusta Gogali. 2019. “Strategi Humas Kementerian Perindustrian Dalam Menginformasikan Layanan Publik Melalui Youtube.” J-Ika 6(2): 110–19. doi:10.31294/kom.v6i2.6836.

merdeka.com. 2021. “Mengenal Fungsi Media Sosial, Berikut Pengertian Dan Jenisnya.” merdeka.com. Mengenal Fungsi Media Sosial, Berikut Pengertian dan Jenisnya (June 8, 2024).

Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Edisi Pert. Jakarta: K E N C A N A.

Mukarom, Zainal. 2020. TEORI-TEORI KOMUNIKASI. Edisi Pert. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/31495/1/ZM Book Teroi-teori Komunikasi.pdf.

Mustofa, Ahmad Fikru, and Dhama Suroyya. 2023. “Interpersonal Guru Dalam Pembelajaran Membatik Di Smalb Abcd Pgri 2 Jajag.” 1(2): 115–22. doi:10.35719/ijdr.vxix.xxxx.

Nasution, Abdul. 2023. Motode Penelitian Kualitatif. Edisi Pert. Bandung: Harfa Creative.

NH, Dwi, and Sari A P. 2023. “Kementerian KP Perkuat VOGA Dan SFV Untuk Kawal Program Ekonomi Biru.” Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2023/03/30/09425681/kementerian-kp-perkuat-voga-dan-sfv-untuk-kawal-program-ekonomi-biru?page=all.

Nurbaiti, Nurbaiti, and Muhammad Faisal Alfarisyi. 2023. “Sejarah Internet Di Indonesia.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen 3(2): 2336–44. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/5985.

Nurhadi, Zikri Fachrul, Achmad Wildan Kurniawan, Program Studi, Ilmu Komunikasi, and Universitas Garut. 2017. “Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian-ISSN: 2461-0836 KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI.” (1): 90–95.

Pandaleke, Tommy, Frans Waleleng, and J Grace. 2020. “Peran Komunikasi Sosial Masyarakat Dalam Melestarikan Bahasa Daerah Pasan Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara.” Acta Diurna Komunikasi, 2(3): https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna.

Pohan, Zakirun. 2018. “Peran Humas (Public Relathions).” Jurnal Sintesa: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan 18(1): 103–10.

prokomsetda, Admin. 2018. “PERAN HUMAS DALAM TUGAS SEKSI INFORMASI PEMERINTAH.” Prokomsetda. https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/peran-humas-dalam-tugas-seksi-informasi-pemerintah-50 (June 4, 2024).

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3(1): 71–80. doi:10.34010/common.v3i1.1950.

Radita Gora, S.S.M.M. 2019. RISET KUALITATIF PUBLIC RELATIONS. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=KijZDwAAQBAJ.

Rahartri. 2019. “Media Komunikasi Efektif Pada Layanan Jasa Informasi: Studi Kasus Di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Puspiptek).” Pustakawan 26(2): 109–17. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/download/26848/17220/.

Rahmawati, Widya. 2019. “Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Fundraising Di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor.” Jurnal Kependidikan 7(2): 166–78. doi:10.24090/jk.v7i2.2994.

Rini, Damayanti. 2018. “Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.” Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma 5(3): 261–78.

Rizky, Nurul, and Sri Dewi Setiawati. 2020. “Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe Sebagai Komunikasi Pemasaran Online.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(2): 177–90. doi:10.15642/jik.2020.10.2.177-190.

Rusandi, and Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2(1): 48–60. doi:10.55623/au.v2i1.18.

Sari, I N, L P Lestari, D W Kusuma, S Mafulah, D P N Brata, J D N Iffah, A Widiatsih, E S Utomo, and others. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS. https://books.google.co.id/books?id=iCZlEAAAQBAJ.

Simpplr.com. 2024. “Komunikasi Strategis.” Simpplr.com. https://www.simpplr.com/glossary/strategic-communications/ (June 5, 2024).

Siregar, Hotrun. 2022. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan (1): 71–82. doi:10.52738/pjk.v2i1.102.

Suharso, Putut, and Ayu Muntiah. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi.” Edulib 10(1): 1–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/index.

Sulistiyo, U, and P.T.S.M. Indonesia. 2023. METODE PENELITIAN KUALITATIF. PT Salim Media Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=nJm8EAAAQBAJ.

Suri, Dharlinda. 2019. “Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Dalam Perwujudan Pembangunan Nasional.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 17(2): 177–87. doi:10.46937/17201926848.

Syahruromadhon, Roy Candra Nainggolan, Zulianti, Khairuna Irma. 2022. “Jurnal Teknologi , Kesehatan Dan Ilmu Sosial.” Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial 4(2): 328–38.

Tubel Agusven, S.T.M.M., S.A.P.M.S. Satriadi, S.E.M.M. Rihan Hafizni, M P Nanda Kristia Santoso, and S.S.M.P. Hasnarika. 2023. DASAR METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. CV Rey Media Grafika. https://books.google.co.id/books?id=oBq3EAAAQBAJ.

Tulandi, Emmanuel Vinnesea. 2021. “Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Mengenai Kesehatan Mental.” Jurnal Petik 7(2): 136–43. doi:10.31980/jpetik.v7i2.1196.

Untung, Lasiyono, and Wira Alam. 2024. Metode Penelitian Kualitatif. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=_9b-EAAAQBAJ.

Untung, Lasiyono, and Yudha Alam Wira. 2024. Metode Penelitian Kualitatif. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=_9b-EAAAQBAJ.

Vanya, Putri. 2021. “Media Cetak: Pengertian Dan Jenisnya.” Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/06/103349769/media-cetak-pengertian-dan-jenisnya (June 6, 2024).

Yusuf, Ramayani, Heny Hendawati, and Lili Adi Wibowo. 2020. “Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan iImu Sosial 1(2): 506–15. doi:10.38035/JMPIS.

Zabrina, Audrey, and Silas Darmawan. 2021. “JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA Strategi Komunikasi Amerta Land Dalam Mengimplementasikan Program ‘Member Get Member.’” Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Zamzami, Wili Sahana. 2021. “StrategiKomunikasiOrganisasi.” Journal Educational Research and Social Studies Volume 2 N: 25–37.