Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Noesantara Dalam Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi

research
  • 21 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Noesantara Dalam Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi

Strategi komunikasi pemasaran merupakan sebuah langkah awal sekaligus langkah terpenting yang berkaitan dengan tujuan pemasaran perusahaan yang hendak dituju. Dibutuhkan strategi yang efektif dan efisien dalam menjalankan komunikasi pemasaran
karena berpengaruh terhadap proses penjualan produk dalam suatu perusahaan. Seiring terjadinya revolusi zaman, terjadi pula revolusi dalam kegiatan pemasaran. Dari yang awalnya menggunakan cara konvensional menjadi digital. Media sosial Instagram dianggap menjadi salah satu media baru yang efektif dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran, karena memiliki fokus utama pada hal visual serta menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak hingga saat ini. Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis mengenai bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran dalam pemanfaatan Instagram sebagai media promosi serta apa saja faktor penghambat yang didapat. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Langkah-langkah analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang peneliti dapatkan dari penelitian ini adalah: 1) adanya penyusunan tahapan strategi komunikasi pemasaran sebelum menjalankannya 2) Dalam pelaksanaannya, kegiatan pemasaran yang dilakukan turut menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Instagram sebagai penunjang untuk melakukan kegiatan pemasaran, seperti reels, feeds, stories, direct message, serta Instagram ads. 3) Pengaplikasian strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran promosi yang dipopulerkan
oleh Kotler yaitu periklanan, penjualan pribadi, serta humas & publikasi. 4) Terdapat faktor penghambat yang muncul dari segi eksternal dan segi internal.

Unduhan

 

REFERENSI

Agung Prasetya. (2021). Komunikasi Pemasaran Iklan di Produk Cetak dan Produk. Ilmu Komunikasi, 17(2), 31–41.
As bella. (2022). Dalam menetapkan strategi promosi, pembagian promosi berdasarkan baurannya. 5–14.
Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan di Klinik Miracle. Skripsi STIE Indonesia, 16–22.
Darul Islam, S.E., M.M., C. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (1st ed.).
Dr. Fatmawati, S. IP., M. (2021). KOMUNIKASI KORPORAT TEORI DAN PRAKTIS (1st ed.).
Fauzi Syawal, M., & Aminah, R. S. (2023). Strategi Komunikasi Anggota Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Dalam Kegiatan Penyuluhan Penanganan Stunting Di Kelurahan Baranangsiang. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 7(1), 21–28.
Haryaji Catur Putera Hasman, Cindy Natalina, A. (2021) Analisis Pengetahuan Keuangan, Kepribadian Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan, 11(1), 192–201.
Hasibuan, P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi Analysis of Air Temperature Measurements Using the Observational Method. ABDIMAS:Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15.

Lestari, H. (2022). yang diartikan sebagai ilmu siasat (perang), siasat atau taktik, akal.
1. 10–45.
Munawwir. (2022). Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Yogyakarta. In Core.Ac.Uk.
Napoleoncat. (2024). https://databoks.katadata.co.id
Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136