PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PT POS LOGISTIK INDONESIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI LOGISTIK UNTUK PELANGGAN

research
  • 21 Oct
  • 2024

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PT POS LOGISTIK INDONESIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI LOGISTIK UNTUK PELANGGAN

Penelitian ini mengkaji bagaimana PT Pos Logistik Indonesia memanfaatkan akun media sosial Instagram sebagai alat untuk mengedukasi pelanggan tentang logistik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan analisis konten postingan Instagram. Berdasarkan hasil pembahasan mengenai pemanfaatan akun media sosial Instagram oleh PT. Pos Logistik Indonesia sebagai alat edukasi bagi pelanggan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan instagram yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan The Circular Model of Some yang terdiri dari empat langkah utama. Pertama, PT. Pos Logistik Indonesia fokus pada konten edukatif yang memberikan wawasan tentang dunia logistik kepada pengguna Instagram. Kedua, mereka mengoptimalkan konten dengan menggunakan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti dan relevan dengan minat audiens, sehingga konsep yang disampaikan menjadi lebih jelas dalam bentuk cerita atau keterangan (caption). Ketiga, perusahaan menggunakan Meta Business Suite untuk mengelola akun Instagram dengan efisien, sambil menjalankan pedoman khusus untuk mempertahankan konsistensi dan efektivitas konten. Terakhir, PT. Pos Logistik Indonesia memelihara hubungan yang baik dengan pengikutnya melalui interaksi aktif di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram. Dengan demikian, strategi ini tidak hanya membantu PT. Pos Logistik Indonesia memanfaatkan Instagram sebagai alat promosi, tetapi juga sebagai sarana yang efektif untuk pendidikan dan peningkatan kesadaran tentang industri logistik di kalangan pelanggan dan masyarakat umum.

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 3x | Ukuran 45 KB

 

REFERENSI

Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media televisi di era internet. ProTVF, 2(1), 101.

Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja pressindo.

Abdussamad, Z. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Syakir Media Proses.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Alexander, J. L., Safitri, D., & Anindhita, W. (2021). The circular model of some in Instagram management (Case study: Forum Human Capital Indonesia). Jurnal Komunikasi Indonesia, 10(2).

Bank, T. W. (2023). Logistics Performance Index (LPI). https://lpi.worldbank.org/international/global

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Fauzi, M. I., & Yuliati, N. (2021). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai upaya edukasi pencegahan penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 148–155.

Firdausy, C. M. (2021). Memajukan logistik Indonesia yang berdaya saing. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., PS, T. E. A., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Vol. 1). Penerbit Insania.

Habibillah, S. I., Utomo, I. W., & Emeilia, R. I. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Informasi Humas Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta-Paramita Jaya. Jurnal Public Relations (J-PR), 4(2), 43–50.

Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.

Kartini, K., Syahrina, J., Siregar, N., & Harahap, N. (2022). Penelitian Tentang Instagram. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 20–26.

Kemp, S. (2024). DIGITAL 2024: INDONESIA. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia?rq=Indonesi

Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 127–143.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media sosial dalam mempererat interaksi antar keluarga di desa Esandom kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Meisyaroh, S. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 1(1).

Mufidah, R., & Mufidah, A. (2021). Aplikasi tik-tok dan instagram sebagai salah satu alternatif dalam media pembelajaran IPA. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 60–69.

Muqsith, M. A. (2022). Determinisme Teknologi dan Ekstensi Manusia. ADALAH, 6(1), 76–84.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Komputindo.

Putranto, T. D. (2021). Instagram Panahan Korea Selatan Pada Olimpiade Tokyo 2020 Dalam Perspektif Determinisme Teknologi. Scriptura, 11(2), 65–73.

  1. Pos Logistik Indonesia. 2024

Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Rizqi, R., & Sofyan, A. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram KPU Provinsi Jawa Barat Sebagai Media Edukasi Pemilu Bagi Masyarakat. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1), 172–178.

Rochmanti, M. R. (2021). Feed Instagram sebagai media edukasi dan lomba teka-teki silang tentang covid-19 dan kesehatan mental. Pekommas, 6(The), 105–111.

Rohmadi, A. (2016). Tips produktif ber-social media. Elex Media Komputindo.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037.

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. Iocs Publisher.

Sosiawan, E. A., & Wibowo, R. (2019). Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 147–157.

SUBEKTI, S., & JAYAWATI, D. (2017). Perbandingan Logistic Performance Index (Lpi) Dan Purchasing Manager’s Index (M-Pmi) Dalam Mengevaluasi Kinerja Logistik Indonesia. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(1), 43–55.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

The World Bank. (2023). Logistics Performance Index (LPI) 2023. lpi.worldbank.org/international/global

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.