Museum Gedung Juang 45 merupakan museum yang menerapkan konsep museum digital. Dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pelayanan publiknya, Museum Gedung Juang 45 menggunakan media sosialnya yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Instagram Museum Gedung Juang 45 dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat. Dengan teori yang digunakan The Circular Model Of Some. Metode analisis datanya menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada tahap share, Instagram Museum Gedung Juang 45 telah membagikan berbagai informasi yang secara konsisten setiap hari dibagikan melalui instastory. Tahap optimize, Instagram Museum Gedung Juang 45 mengoptimalkan penggunaan media sosial Instagram dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Instagram, seperti fitur Instastory, Direct Message (DM), dan kolom komentar. Tahap manage, Instagram Museum Gedung Juang 45 selalu mengadakan evaluasi setiap seminggu sekali bagaimana perkembangan pengelolaan dari Instagram Museum Gedung Juang itu sendiri, evaluasi tersebut diadakan demi memaksimalkan pengelolaan Instagram Museum Gedung Juang 45 itu sendiri. Dan tahap terakhir yaitu engage, Instagram Museum Gedung Juang 45 bekerja sama dengan beberapa akun besar yang memiliki pengikut yang cukup banyak, guna membuat akun Instagram Museum Gedung Juang 45 semakin dilirik oleh masyarakat luas.
JURNAL DANIA-44200855
FINAL SKRIPSI DANIA-44200855
Kamil, H. H., & Tanno, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Investor Berinvestasi, Latar Belakang Pendidikan dan Penghasilan Sebagai Variabel Kontrol. Owner, 6(2), 1622– 1637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.568
Linda, Nurfauzi, K. R., & Amalin, K. (2024). Circular Model of SOME dalam Komunikasi Korporasi MYLK di Media Sosial Instagram. ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 32–47.
https://doi.org/10.61902/analogi.v2i2.1026
Majid, A. (2107). Analisis Data Penelitian Kualitatif (1st ed.). Penerbit Aksara Timur.
Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Prof. Dr. Apollo, M.Si., Ak. CIFM, CIBG, C. (2023). Fenomenologi dan Metode. Nas Media Pustaka.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Bandung : Alfabeta.