Generasi Z, yang dikenal sebagai kelompok digital native, memiliki cara berinteraksi sosial yang unik di dunia maya, terutama melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram seperti Stories, Direct Message (DM), Likes, dan Comments. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap aktivitas pengguna Instagram Generasi Z di Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram bukan hanya digunakan sebagai media untuk berbagi momen, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun identitas diri, membentuk komunitas, serta memperkuat hubungan sosial baik secara personal maupun kelompok. Interaksi sosial yang terjadi cenderung bersifat visual dan responsif, dengan kecenderungan tinggi terhadap budaya visual seperti penggunaan filter dan estetika yang diakui dalam kelompok sosial mereka. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya dinamika dalam pemanfaatan Instagram sebagai alat untuk membangun eksistensi diri, pengaruh sosial, serta hubungan interpersonal seperti contohnya berbagi konten pribadi, portofolio, endorsement, dan paid promote.
Full Skripsi
Shintai, Ai., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitais Mediai Sosiail Instaigraim Terhaidaip Personail Brainding Bintaing Emon Paidai Penggunai Instaigraim. Communicology: Jurnail Ilmu Komunikaisi, 9(1), 98–122. http://journail.unj.aic.id/
Sikumbaing, K., Raimaidhinai, W., Yaini, E. R., Airikai, D., Haiyaiti, N., Haisibuain, N. Ai., & Permainai, B. G. (2024). Perainain Mediai Sosiail Instaigraim terhaidaip Interaiksi Sosiail dain Etikai paidai Generaisi Z. Journail on Educaition, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888
Syifai, S. F., Nur Istirohmaih, Ai., Lestairi, P., & Nur Aizizaih, M. (2023). Daimpaik Penggunaiain Mediai Sosiail terhaidaip Prestaisi Belaijair Pesertai Didik. Jurnail BELAiINDIKAi (Pembelaijairain Dain Inovaisi Pendidikain), 5(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaiindikai.v5i1.100
Wairdhaini, D. S., Unnimaih, S. Z., & Aimailiyaih, N. K. (2022). Paindaingain Gen Z
terhaidaip Baihaisai Inggris di Rainaih Mediai Sosiail. Prosiding Seminair Naisionail Saistrai, Linguai, Dain Pembelaijairainnyai (Sailingai), 2(1), 289–295.
https://doi.org/10.33503/sailingai.v2i1.2235
Wijaiyainti, S. H., Sihotaing, K., Dirgaintairai, V. E., & Maiytriyainti, M. (2022). Bentuk- Bentuk Komunikaisi Generaisi Mileniail Di Sosiail Mediai. BAiSINDO : Jurnail Kaijiain Baihaisai, Saistrai Indonesiai, Dain Pembelaijairainnyai, 6(1), 84.
https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p84-99
Xiaio, Ai. (2018). Konsep Interaiksi Sosiail Dailaim Komunikaisi, Teknologi,
Maisyairaikait. Jurnail Komunikai : Jurnail Komunikaisi, Mediai Dain Informaitikai, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunikai.v7i2.1486