Interaksi Sosial Gen Z Kota Depok Pada Platform Instagram

research
  • 21 Oct
  • 2024

Interaksi Sosial Gen Z Kota Depok Pada Platform Instagram

Generasi Z, yang dikenal sebagai kelompok digital native, memiliki cara berinteraksi sosial yang unik di dunia maya, terutama melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram seperti Stories, Direct Message (DM), Likes, dan Comments. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap aktivitas pengguna Instagram Generasi Z di Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram bukan hanya digunakan sebagai media untuk berbagi momen, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun identitas diri, membentuk komunitas, serta memperkuat hubungan sosial baik secara personal maupun kelompok. Interaksi sosial yang terjadi cenderung bersifat visual dan responsif, dengan kecenderungan tinggi terhadap budaya visual seperti penggunaan filter dan estetika yang diakui dalam kelompok sosial mereka. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya dinamika dalam pemanfaatan Instagram sebagai alat untuk membangun eksistensi diri, pengaruh sosial, serta hubungan interpersonal seperti contohnya berbagi konten pribadi, portofolio, endorsement, dan paid promote.

Unduhan

 

REFERENSI

Shintai, Ai., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitais Mediai      Sosiail Instaigraim Terhaidaip Personail Brainding Bintaing Emon Paidai      Penggunai      Instaigraim. Communicology: Jurnail Ilmu Komunikaisi, 9(1), 98–122. http://journail.unj.aic.id/

Sikumbaing, K., Raimaidhinai, W., Yaini, E. R., Airikai, D., Haiyaiti, N., Haisibuain, N. Ai., & Permainai, B. G. (2024). Perainain Mediai      Sosiail Instaigraim terhaidaip Interaiksi Sosiail dain Etikai      paidai      Generaisi Z. Journail on Educaition, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888

Syifai, S. F., Nur Istirohmaih, Ai., Lestairi, P., & Nur Aizizaih, M. (2023). Daimpaik Penggunaiain Mediai      Sosiail terhaidaip Prestaisi Belaijair Pesertai      Didik. Jurnail BELAiINDIKAi       (Pembelaijairain Dain Inovaisi Pendidikain), 5(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaiindikai.v5i1.100

Wairdhaini, D. S., Unnimaih, S. Z., & Aimailiyaih, N. K. (2022). Paindaingain Gen Z

terhaidaip Baihaisai      Inggris di Rainaih Mediai      Sosiail. Prosiding Seminair Naisionail Saistrai, Linguai, Dain Pembelaijairainnyai       (Sailingai), 2(1), 289–295.

https://doi.org/10.33503/sailingai.v2i1.2235

Wijaiyainti, S. H., Sihotaing, K., Dirgaintairai, V. E., & Maiytriyainti, M. (2022). Bentuk- Bentuk Komunikaisi Generaisi Mileniail Di Sosiail Mediai. BAiSINDO : Jurnail Kaijiain Baihaisai, Saistrai       Indonesiai, Dain Pembelaijairainnyai, 6(1), 84.

https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p84-99

Xiaio, Ai. (2018). Konsep Interaiksi Sosiail Dailaim Komunikaisi, Teknologi,

Maisyairaikait. Jurnail Komunikai: Jurnail Komunikaisi, Mediai       Dain Informaitikai, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunikai.v7i2.1486