Divisi packing sering mengalami kesulitan dalam mencari informasi barang yang akan di packing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi manajemen packing berbasis Android guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Metode pengembangan yang digunakan adalah Agile dengan kerangka kerja Scrum, yang memberikan fleksibilitas, adaptabilitas, dan iterasi cepat dalam pengembangan aplikasi. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan aplikasi, implementasi, dan pengujian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Fungsi dasar aplikasi berjalan dengan normal, responsivitas user Interface menunjukkan hasil yang memuaskan pada berbagai ukuran layar, dan fungsi pencarian order bekerja dengan baik. Pengujian kinerja aplikasi menunjukkan waktu respon < 2 detik, kecepatan loading < 5 detik, dan penggunaan memori 120MB. Aplikasi juga terbukti stabil tanpa crash dan memiliki penanganan error yang baik. Implementasi pada berbagai versi Android (8.0 hingga 12) menunjukkan aplikasi berjalan lancar di semua versi. Penelitian ini berhasil mengembangkan aplikasi manajemen packing berbasis Android yang diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja di divisi packing. Aplikasi ini mempermudah karyawan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat, mengurangi potensi kesalahan, dan mencapai efisiensi operasional yang lebih baik.
Full_Skripsi
Azimi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Version Control System Terhadap Proses Belajar Pemrograman Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 5(2).
Bourhis, P., Reutter, J. L., & Vrgoč, D. (2020). JSON: Data model and query languages. Information Systems, 89. https://doi.org/10.1016/j.is.2019.101478
Budio, S., Fadlan, A. H., & Sari, P. S. (2019). Manajemen Data Base. Menata, 2(1).
Esmaeel, H. (2019). Apply Android Studio ( SDK ) Tools Apply Android Studio ( SDK ) Tools. ResearchGate, 5(October), 88–93.
Frisbie, M. (2023). JSON. In Professional JavaScript® for Web Developers (pp. 791–799). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781394193240.ch20
Ghobakhloo, M. (2020). Industry 4.0, digitization, and opportunities for sustainability. In Journal of Cleaner Production (Vol. 252). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119869
Hardyanto, C. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE DALAM PENCATATAN PRESENSI PEGAWAI SAAT BEKERJA DARI KANTOR DI MASA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 11(1), 32–40. https://doi.org/10.34010/komputa.v11i1.7387
Herniyanti, Hafidin, M. A. F., Prasetya, E., Shabrina, Dewi, R., & Kamila, V. Z. (2022). Analisis Perilaku Desainer dalam Memanfaatkan Software Figma untuk Mendesain. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 100–108. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.374
Ilmiawan, I., & Arif, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.498
Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458
Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. SISTEMASI, 10(2), 369. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1237
Mishra, A., Abdalhamid, S., Mishra, D., & Ostrovska, S. (2021). Organizational issues in embracing Agile methods: an empirical assessment. International Journal of System Assurance Engineering and Management, 12(6). https://doi.org/10.1007/s13198-021-01350-1
Mishra, S. M. (2015). Android SDK. In Wearable AndroidTM (pp. 87–109). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119051091.ch4
Prata, S. (2019). C Primer Plus(第五版). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Ross, P., & Maynard, K. (2021). Towards a 4th industrial revolution. In Intelligent Buildings International (Vol. 13, Issue 3). https://doi.org/10.1080/17508975.2021.1873625
Salamah, U. G. (2021). Tutorial Visual Studio Code. Media Sains Indonesia, 78.
Sergi, B. S., Popkova, E. G., Bogoviz, A. V., & Litvinova, T. N. (2019). UNDERSTANDING INDUSTRY 4.0: AI, THE INTERNET OF THINGS, AND THE FUTURE OF WORK. In Understanding Industry 4.0: Ai, the Internet of Things, and the Future of Work. https://doi.org/10.1108/9781789733112
Subih, M. A., Malik, B. H., Mazhar, I., Izaz-ul-Hassan, Sabir, U., Wakeel, T., Ali, W., Yousaf, A., Bilal-bin-Ijaz, Nawaz, H., & Suleman, M. (2019). Comparison of agile method and scrum method with software quality affecting factors. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(5). https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100569
Tashildar, A., Shah, N., Gala, R., Giri, T., & Chavhan, P. (2020). APPLICATION DEVELOPMENT USING FLUTTER. In International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science @International Research Journal of Modernization in Engineering.
Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
U Urathal, A. S. S., Vinodhini, P., & Sasikala, V. (2022). an Interpretation of Dart Programming Language. UGC Care Group I Journal, 11(03).