Panca Rizki (43210049), Perancangan Iklan Sekolah SMK Cahaya Prima Dengan Tema Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Dan Telekomunikasi.
SMK Cahaya Prima adalah salah satu sekolah swasta yang beroperasi di Jakarta Barat. Disaat banyaknya sekolah swasta yang hadir dengan berbagai keunggulannya, membuat SMK Cahaya Prima mengalami sedikit kesulitan dalam bersaing dengan kompetitornya terutama dalam jurusan yang sama yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Akan tetapi SMK Cahaya Pima belum banyak dikenal di khalayak masyarakat, dikarenakan termasuk dalam kategori sekolah yang baru berdiri. Maka dari itu SMK Cahaya Prima melakukan kegiatan beriklan agar dapat menigkatkan brand awareness dari calon siswa atau orang tua siswa.
Selain itu diperlukan strategi – strategi dalam melakukan kegiatan beriklan sebagai media promosi utama. Dalam pengumpulan data mengenai klien, penulis menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Media utama untuk menyampaikan program iklan adalah banner, yang dimana iklan akan ditempatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan target yang diharapkan. Oleh karena itu dengan perancangan iklan media cetak untuk menciptakan brand awareness SMK Cahaya prima, yaitu dengan konsep iklan yang efektif.
Kata Kunci : Brand Awareness, SMK Cahaya Prima, Iklan Media Cetak
PERANCANGAN IKLAN SEKOLAH SMK CAHAYA PRIMA DENGAN TEMA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Kendallville: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Fahmi, I. (2015). Manajemen Strategis. Bandung: CV. Alfabeta.
Http://www.nielsenmedia.com/id/enpress-room/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU- MEMPERTAHANKAN-POSISINYA.print.html
Johar, D., Kumadji, S., & Mawardi, M. (2015). Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Iklan Online. Administrasi Bisnis, 26, 10. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/indek.php/jab/article/view/1031
Kriyantono, R. (2015). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktek. Malang: UB Press.
Kurniawan, A. (2014). Total Marketing Segala Hal Tentang Marketing & Bagaimana Menjadi Sales Handal. Yogyakarta: KOBIS.
Patricia, & Murkey. (2016). The Influence of Brand Awareness, Perceved Quality, and Price on Purchase Decisions. Journal of Management.
Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial.
Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PRENADAMEDIA GROUP. Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Tandjung, J., Prayogo, T., & Prabowo, A. (2013). Stop Promotion, Start Communication. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.