ABSTRAK
Stefanie Aulia Putri (41210033), Perancangan Ulang Company Profile PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pada Corporate Social Responsibility Sebagai Media Informasi Perusahaan.
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk atau yang juga dikenal dengan sebutan Indocement adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang produsen semen tiga roda terkemuka di Indonesia yang mulai beroperasi pada 1975. Seiring dengan perkembangan usahanya, Perusahaan terus meningkatkan kapasitas produksi, baik dengan membangun pabrik baru maupun mengakuisisi pabrik lain. Tujuan daripada dibentuknya Company Profile diperlukan seorang Public Relations perusahaan yang berkewajiban memberikan informasi internal maupun eksternal yang dimiliki perusahaan untuk memudahkan masyarakat melihat informasi lengkap dan mudah saat membaca. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka dengan metode analisa berupa analisis kualitatif yaitu metode analisis data. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk sudah memiliki Company Profile yang lengkap berupa website, video, namun belum memiliki bentuk cetak sebagai sarana menciptakan kepuasan publik terhadap perusahaan sehingga meningkatkan brand awareness untuk menarik minat konsumen. Dengan dilakukan perancangan ulang Company Profile supaya menambah citra positif dan kredibilitas perusahaan dimata publik, calon pelanggan, hingga masyarakat luas dan menjadi pendorong agar terus berkembang dalam pelayanan dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas.
Kata Kunci: Company Profile, Media Komunikasi, Informasi, Publik Eksternal
Full Tugas Akhir
COVER
DAFTAR PUSTAKA
Abdulhafizh, luthfi ghiyats, & Djatiprambudi, D. (2020). Perancangan Company Profile Jurusan Desain Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Barik, 1(1), 112–122. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35672/31722
Ahnsar, M. (2019). Electronic Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi, Volume 8, 200–213. https://core.ac.uk/download/pdf/270191921.pdf
Alda, S., Shinta, H. P., & Nugraha, S. (2020). … SANGKURIANG (Studi Kasus Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Program Penghijauan dan Pengelolaan Sampah Warga Sekitar PT Karya …. Prosiding Seminar Hasil Penelitian, 120–130. http://repository.unibi.ac.id/109/
Andriyan, W., Septiawan, S., & Aulya, A. (2020). Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Peningkatan. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 79–88.
Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan Ulang Company Profile Jawapos.Com Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11238
Hamzah, P. (2022). Pada Literasi Digital Pengguna Media Sosial. KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 67–78.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Hidayat, A., & Irvanda, M. (2022). Optimalisasi Penyusunan dan Pembuatan Laporan untuk Mewujudkan Good Governance. Hospitality, 11(1), 281–290.
Hidayat, S., & Suwarno, J. (2023). Media Berbentuk Video Company Profile. Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 1(1), 29–38. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/seniman-widyakarya/article/view/91/93
Lubis, A. A. (2021). Peluang Csr Dalam Dua Sudut Pandang: Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Universitas Persada Indonesia Y.A.I), XXVI(2), 163.
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., Damayani, A. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaa, 7(3), 253–259.
Mareta Puri Rahastine. (2021). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. EJournal Komunikasi, 12(1), 85–90. https://media.neliti.com/media/publications/488086-none-23e138ac.pdf
Maulidia, R. (2020). Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Ug Jurnal, VOL.14(Edisi 07 Juli 2020), 2013–2015.
Mayasari, S., Purihastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition 2018 Kepada Masyarakat Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5094
Meranti, I. D. I., & Yazid, A. A. (2021). Peran Baitul Mal Wat Tamwil dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Economic : Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 12(01), 31–38. https://doi.org/10.59943/economic.v12i01.64
Ni Luh Putu Ening Permini, & I Made Wahyu Kusuma Atmaja. (2022). Peran Humas Dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah Di Kabupaten Badung. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 620–632. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2773
Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 458–467. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467
Sangga Rasefta, R., & Esabella, S. (2020). Sistem Informasi Akademik Smk Negeri 3 Sumbawa Besar Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 2(1), 50–58. https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i1.558
Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1219
Satira, U., & Hidriani, 2rossa. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. 1(1), 179–202.
Suhartono, S., Meiden, C., Triyani, Y., Adrea, S. N., & Sare, M. K. (2022). Pendampingan Berkelanjutan dan Pelatihan Penyusunan “Sustainability Company Profile” UMKM Toko Roti LindaYes. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(2), 93–103. https://doi.org/10.56174/jap.v3i2.485
Sukardi. (2021). Analisa Minat Membaca Antara E-Book Dengan Buku Cetak Mengunakan Metode Observasi Pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri. Ikra-Ith Ekonomika, 4(2), 158–163. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1029
Surentu, Y. Z., Warouw, D. M. D., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31117/29843