Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan aplikasi mobile sebagai media pembelajaran. Sudah selayaknya teknologi informasi diterapkan di instansi pendidikan salah satu contohnya aplikasi mobile dapat menjadi alat yang efektif bagi para instruktur untuk melakukan presensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android presensi instruktur menggunakan teknologi Flutter. Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun aplikasi mobile multi-platform. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Agile Metodology dengan framework Scrum. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, tahap desain dilakukan untuk merancang antarmuka dan fitur aplikasi, tahap impelementasi dilakukan untuk membangun aplikasi, dan tahap evaluasi dilakukan untuk menilai kelayakan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi instruktur yang dikembangkan dengan menggunakan framework Flutter dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile berbasis Android. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang memudahkan instruktur pada lembaga kursus dalam melakukan presensi kehadiran dan bagi admin lembaga kursus dan pelatihan Bright School memudahkan dalam memantau rekap presensi serta mengolah data presensi.
Kata Kunci: presensi, instruktur, bright school
Jurnal Rancang Bangun Aplikasi Presensi Instruktur Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter Pada LKP Bright School Lampung Timur
Adhella, R., & Firdonsyah, A. (2021). Design of School Information System Using Waterfall Method (Case study: MTsN 8 Bantul). Procedia of Engineering and Life Science, 1(2). https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1020
Amarta, A. A. F., & Anugrah, I. G. (2021). Implementasi Agile Scrum Dengan Menggunakan Trello Sebagai Manajemen Proyek Di PT Andromedia. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 4(6), 528–534. https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i6.3702
Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 1–5.
Arafat Febriandirza. (2019). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 6(1), 53–59. www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode%0APERANCANGAN
Fazrin, Q. E., Lisnawati, T., Nurhayati, S., Satya, J. B., & Alamsyah, D. (2021). Penerapan Metode Pengembangan Sistem Extreme Programing (XP) Pada Aplikasi Presensi Karyawan dengan QR Code. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 164–170. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1018
Ghani, A. I. Al, & Andrian, R. (2023). Pengembangan Presensee: Aplikasi Presensi Mahasiswa Mobile Menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus: Studi Independen Alterra Academy. Jurnal Media Infotama, 19(2), 447–453. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4351
Mustika, A. (2024). Journal of Data Science and Information System (DIMIS) Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Menggunakan Metode Scrum. Journal of Data Science and Information System (DIMIS), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.58602/dimis.v2i1.97
Permana, B. A. (2022). Aplikasi Presensi Online Menggunakan Validasi Jarak Lokasi Pengguna Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 86–92. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1865
Rizky, M., & Sugiarti, Y. (2022). Pengunaan Metode Scrum Dalam Pengembangan Perangkat Lunak: Literature Review. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 3(1), 41–48. https://doi.org/10.36596/jcse.v3i1.353
Ulumudin, I., Faizah, N., & Nurcahyo, W. (2023). Aplikasi Sistem Presensi Pegawai PT. Berkah Pena Ilmu dengan Metode Location Based Service (LBS) Berbasis Android Menggunakan Firebase. Design Journal, 1(1), 89–98. https://doi.org/10.58477/dj.v1i1.61