Kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis, termasuk
industri ritel seperti penjualan produk pakaian. Toko Pramudia merupakan salah satu toko
pakaian yang telah berdiri sejak tahun 2010, namun toko Pramudia belum pernah
melakukan riset terhadap kepuasaan pelanggan. Perlunya pemahaman yang mendalam
tentang tingkat kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Toko
Pramudia menjadi sangat penting. Hal tersebut membuat pihak toko Pramudia sebagai
industri ritel terus berupaya mengembangkan pelayanan yang bertujuan untuk
meningkatkan potensi kepuasan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisa tingkat kepuasan para pelanggan toko Pramudia terhadap produk pakaian
dengan menggunakan metode Customer Satisfatcion Index (CSI). Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan yang membeli sebuah
produk pada toko Pramudia sebagai responden untuk memperoleh data tingkat harapan
dan kinerja yang dirasakan para pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, para pelanggan
toko Pramudia telah merasa puas dengan kinerja pelayanan yang dilakukan pihak toko.
Hal ini dapat kita ketahui dari hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yang
telah diperoleh yaitu sebesar 85,16%, dimana berdasarkan table index Customer
Satisfaction Index (CSI) hasil ini termasuk dalam kriteria sangat puas. Adapun hal-hal
yang perlu ditingkatkan ataupun diperbaiki dari pelayanan toko Pramudia, salah satunya
adalah adanya ruang tunggu yang nyaman karena dengan selisih skor 0,53%.
Ermini-Suryati-Najib-Dina. (n.d.). (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan
Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada The Hungry Burger.
Jurnal Media Wahana Ekonomi, Vol. 20 No.1
Aisyah, N., Studi Manajemen, P., & Kertanegara Malang, S. (n.d.). (2023). Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas
Pelanggan. Studi pada Haidee Rental Malang, Volume 5 Nomor 2
Jufriyanto, M. (2020). MATRIK: Jurnal Manajemen & Teknik Industri-Produksi 79
kemampuan pelayan terampil dan jelas dalam memberikan informasi. Jurnal
Manajemen & Teknik Industri, Volume XX, No.2, Maret 2020, Halaman 79-90
Attamimi dan Ay Maryani Pengukuran Kepuasan Nasabah melalui Kualitas, Z.,
Attamimi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Z., &
Maryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, A. (n.d.).
(2019). PENGUKURAN KEPUASAN NASABAH MELALUI KUALITAS
PELAYANAN PT. BNI SYARIAH KC. CIPUTAT DENGAN METODE
IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) & METODE COSTUMER
STATISFACTION INDEX (CSI). Finansia, Volume 02 Nomor
Dwi Setiawan, A., Zaki Yamani, A., Dwi Winati, F., Rekayasa Industri dan Desain, F.,
Panjaitan No, J. DI, Selatan, P., & Tengah, J. (2022). Pengukuran Kepuasan
Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi
Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(4), 286–295.
Sutawa, L. (n.d.). (2023). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP
LOYALITAS.
Harmaja, O. J., Purba, W., Siregar, M. P., Manurung, H. T., & Sirait, F. A. (2022).
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA RUDANG HOTEL
BERASTAGI MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION
INDEX (CSI). Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(1), 147.
https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.511
Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Anugerah
Bintang Sejahtera Abadi Banyuwangi Retno Daniati, P. P., & Rai Suwena, K.
(2023). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi-NC 4.0 license-
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0. 11(1), 27–33.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Miftahul Janna, N., & Pembimbing, D. (n.d.). (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN
RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. Institut Turatea Indonesia,
Rimelda Sibuea, A., Sukma, E.,. (2021) Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli, A., Guru
Sekolah Dasar, P., Negeri Padang, U., Kunci, K., & Saintifik, P. (n.d.). Analisis
Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di
Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Journal of Basic EducationStudies, Vol 4 No
1
Sampurno, H. R., & Sharif, O. O. (2020). PENERAPAN CUSTOMER
SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE
ANALYSIS (IPA) PADA KUALITAS PELAYANAN GOJEK (STUDI
PELANGGAN DI KOTA BANDUNG) Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).
4(6), 856–870.
Satriadi, by, & Hendrayani, E. (n.d.). (2021). Manajemen Pemasaran. Samudra Biru
Trinoto, A. A., Zamakhsari, A., & Pelanggan, P. P. (n.d.). (2021). ANALISIS
KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP APLIKASI PELAYANAN
PELANGGAN DENGAN METODE CSI DAN SERVQUALSTRING (Satuan
Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), Vol. 5