MISE-EN-SCÈNE MULAI DARI THE JONESY SHOT SAMPAI MARTINI SHOT DI FILM BOUQUET OF LIES

research
  • 20 Oct
  • 2024

MISE-EN-SCÈNE MULAI DARI THE JONESY SHOT SAMPAI MARTINI SHOT DI FILM BOUQUET OF LIES

Film memiliki sejarah yang panjang di dalam kehidupan manusia, film dibuat untuk mengabadikan momen kedalam bentuk video yang dapat diputar berulang kali dan masing – masing film memiliki makna tersendiri kepada pada audiensnya. Film dapat merubah persepsi manusia tergantung bagaimana interpretasi di dalam pikirannya terhadap film tersebut. Film melahirkan banyak perkembangan di dalam industrinya sendiri dalam mengolah estetika maupun perasaan audiens yang dapat berasal dari permainan Tone warna dan Dialog yang mengacu kepada psikologis manusia untuk menangkap kejadian dari sebuah Scene, Shot, hingga Komposisi. Permainan psikologi ini dapat mempengaruhi pikiran serta perasaan audiens dalam menilai sebuah film berdasarkan naskah atau sinematografinya. Penulis mencoba menjabarkan apa yang dapat dianalisa dari kedua sisi tersebut di dalam film “bouquet of lies” bagaimana sebuah dialog dapat mempengaruhi pikiran seseorang dalam bertindak, serta dari sisi sinematografi untuk menganalisa sisi keindahan film mulai dari beberapa Shot yang ada di dalam film tersebut. Penulis yang juga sebagai seorang sutradara di film ini berharap agar pesan di dalam film dapat tersampaikan dengan sangat baik kepada para audiens.

Unduhan

  • File_Cover.pdf

    cover

    •   diunduh 19x | Ukuran 102 KB

 

  • full_skripsi.pdf

    Full_text

    •   diunduh 37x | Ukuran 1,990,791

REFERENSI

Aldairasyah, & Wibowo, A. A. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA BARTHES PADA BILLBOARD BURGER BROS“MASIH GENTAYANGAN KARENA PEMASARAN.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10).

Alfarazo, E. (2023). PENGGUNAAN LIGHTING DALAM FOTOGRAFI KONSEPTUAL HUMAN INTEREST. Jurnal IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, dan Media Baru, 14(2).

Andhita, P. R. (2021). KOMUNIKASI VISUAL (M. Fahmi, Ed.; 1 ed.). Zahira Media Publisher.

Anjaya, A., & Deli. (2020). STUDI PERBEDAAN KOMPOSISI PADA SINEMATOGRAFI DAN EFEK YANG DIHASILKAN (Vol. 1). http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Asrini, R. (2023). Metode Jigsaw dalam Analisis Cerita Pendek. Rumah Belajar matematika Indonesia.

Brown, B. (2016). Cinematography. Focal Press.

Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). PERANCANGAN FILM PENDEK YANG BERJUDUL “ASK MYSELF.” 4(2).

Harimurti, A., & Febriarko, Y. (2023). PSIKOLOGI KONTEMPORER Risalah Teoritis dan Praktis Psikologi Masa Kini (A. Harimurti & Y. Febriarko, Ed.; 1 ed.). SANATA DHARMA UNIVERSITY PRESS.

Herlin, G., & Sukendro, G. G. (2020). Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. 4(1).

Hiraku, A. B. (2022). PENGARUH ANGLE KAMERA DALAM PENERAPAN VIDEOGRAFI DAN FOTOGRAFI. 6(1).

Kemal, I. (2014). ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM HIKAYAT MUDA BALIA KARYA TEUKU ABDULLAH DAN M. NASIR. Jurnal Genta Mulia, 5(2).

Lahengko, K., & Van Rate, J. (2016). Sekolah Fotografi Dan Sinematografi. Sekolah Fotografi Dan Sinematografi (Wujud Ekspresionisme).

Latief, R. (2021). JURNALISTIK SINEMATOGRAFI (1 ed.). Kencana.

Lubis, M. R., Khairani, S., & Rismayanti. (2022). Perancangan Video Promosi dengan Teknik Camera Movement Terhadap Efektivitas Penggabungan VideoPromotional Video Design with Camera Movement Techniques on the Effectiveness of Merging Videos. JOURNAL OF COMPUTER SCIENCE AND INFORMATICS ENGINEERING (CoSIE), 1(3).

Munaris, Yanti, Y., & Anantama, M. D. (2023). UNSUR PEMBANGUN PROSA (R. Prayogi, Ed.). SELAT MEDIA PATNERS.

Munawaroh, S. (t.t.). PENGARUH TERPAAN FILM PENDEK “KENAPA BELUM NIKAH?” TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP PENONTON TENTANG ORANG YANG MELAJANG.

Panendra, P. A., Hardirman, & Mursal. (2016). Komposisi Fotografi Pemandangan Karya Nusantara Photo Club Indonesia. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 6(2).

Prasetyo, M. E. (2021). KAJIAN KOMPOSISI VISUAL PADA FILM SERIAL NETFLIX DRAMA FIKSI ILMIAH BERJUDUL THE 100 KARYA JASON ROTHENBERG. JURNAL TITIK IMAJI, 4(1).

Putra, R. W. (2020). POKOK BAHASAN PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS KOMUNIKASI (E. Risanto, Ed.; 1 ed.). ANDI (Anggota IKAPI).

Ritonga, H. M. (2019). PSIKOLOGI KOMUNIKASI (1 ed.). PERDANA PUBLISHING.

Rosalina, I. F., Shovmayanti, N. A., Citrayamie, A. G., Yoman, M., Harsari, R. N., Fatimah, Deswindi, L., Gunarso, S., Laksono, R. D., MARS, Riana, N., Abdillah, I. I., Sutresna, A., Leriani, O. A., & Rahmadiana. (2024). BUKU AJAR PSIKOLOGI KOMUNIKASI (Sepriano, Ed.; 1 ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sijabat, M. P., & Darwinsyah, M. (2021). Peran Sutradara dalam Tahapan Pra Produksi Film Pendek “Theater Of State.” Prosiding Jurnalistik, 250–257.

Suparna, P., & Pramana, I. B. G. A. Y. (2023). Buku Ajar Psikologi Komunikasi (I. B. A. L. Manuaba, Ed.; 1 ed.). Penerbit Nilacakra.

Yanti, F. (2021). PSIKOLOGI KOMUNIKASI (D. Anugrah & O. Agustin, Ed.; 1 ed.). CV. Agree Media Publishing.