Penelitian ini bertujuan untuk merancang program kampanye literasi yang berfokus pada peningkatan keahlian bahasa Mandarin / China yang berada di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat. Dalam era globalisasi dan hubungan semakin erat antara Indonesia dengan negara China kebutuhan akan berkemampuan berbahasa China menjadi semakin relevan terutama pada pusat ekonomi dan budaya di Jakarta Pusat, melalui pendekatan kualitatif dan partisipatif penelitian ini menggali potensi Masjid sebagai pusat pendidikan berbasis komunitas untuk meningkatkan literasi bahasa pada kalangan masyarakat lokal. Program ini dirancang dengan melibatkan berbagai metode pembelajaran termasuk kelas tatap muka pembelajaran berbasis teknologi dan pelatihan praktis, selain itu analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan PEST (Political, Economic, Social, Technological) diterapkan untuk memahami faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan program tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa program kampanye literasi bahasa China di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat memiliki potensi besar didalamnya untuk mendukung keterampilan bahasa yang dibutuhkan dalam konteks ekonomi, sosial, budaya. Dengan dukungan dari pihak masjid, organisasi masyarakat program ini diharapkan memperkuat hubungan Indonesia dengan negara China melalui peningkatan kapasitas bahasa dikalangan masyarakat luas. Masjid ini bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan budaya yang merangkul perbedaan budaya dan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena penulis berusaha memahami fenomena berdasarkan makna yang diberikan oleh narasumber. Penulis juga menggunakan metode analisa deskriptif dengan mengumpulkan data berupa transkrip wawancara dan dokumentasi dari perusahaan. Media promosi yang digunakan adalah spanduk, poster, dan X-banner. Tujuannya adalah untuk menarik minat target khalayak agar mempelajari bahasa Mandarin dan mampu bersaing dengan lembaga kursus lainnya.
Kata Kunci: Perancangan, Literasi Mandarin, Bahasa China.
FINAL TA KAMPANYE PR
COVER TUGAS AKHIR KAMPANYE (FLO)
SOFTCOPY DESIGN KAMPANYE PR
LAPORAN TUGAS AKHIR KAMPANYE PR
Adam, A., & Wahdiah, W. (2023). Analilis Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 723-735.
Afkarina, N. I. (2018). Strategi komunikasi humas dalam membentuk public opinion lembaga pendidikan. Idaarah, 2(1), 50-63.
Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Pt Cakra Mahkota Dalam Customer Relations. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 20-34.
Dr. Vladimir, V. F. (1967). Kampanye. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.
Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13- 23.
Indriyani, L. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Bahan Ajar Dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat.
Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
Rianugrah, P. D. (2017). LKP: Perancangan Media Promosi PT. Salam Pacific
Indonesia Lines (SPIL) Melalui Poster, Flayer, & Videography (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya)
Saragih, D. K. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. 6, 2569–2577.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al- Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Shalsabila, R. N., & Ningsih, S. (2023). Pembinaan Pegawai Bagian Management Trainee di PT Jasa Marga Pusat Jakarta Timur. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 6(2), 154-164.
Sitompul, S. N., Ali, S., & Rialmi, Z. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian RI. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 918- 928.
Wahyuni, S. D. (2019). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online.
Buku: Profil Masjid Istiqlal Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal.