Muhammad Rayhan Alhafitz (41210023), Perancangan Ulang Company Profile Museum Komunikasi Dan Informatika Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal
Museum Komunikasi Dan Informatika atau Museum penerangan adalah sebuah museum yang berfokus dengan Sejarah dan Kemajuan Media Komunikasi & Informatika yang terjadi di Indonesia yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Diresmikan sejak tahun 1993 oleh Soeharto yang kala itu menjabat sebagai Presiden. Museum ini didirikan untuk memvisualisasikan kemajuan Sejarah komunikasi dan kejadian-kejadian penting di dalam Sejarah Indonesia. Peran Public Relations di museum ini dianggap penting karena banyaknya ilmu pengetahuan yang ada didalam museum ini dianggap sangat bermanfaat dan adalah hal penting untuk generasi penerus mengetahui perkembangan Sejarah komunikasi dan berbagai peristiwa penting di NKRI yang terekam dan menjadi koleksi di Museum Komunikasi & Informatika atau Museum Penerangan ini. Untuk Saat ini, Museum Komunikasi & Informatika atau Museum Penerangan sudah memiliki Company Profile berbentuk Digital. dengan itu dibuatlah perancangan ulang Company Profile dalam bentuk media cetak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam pengerjaan Tugas Akhir ini meliputi Observasi, Wawancara, Studi Pustaka, dan Dokumentas. Untuk metodi analisis yang digunakan adalah Metode Analisis Kualitatif, Dimana data dianalisa tanpa menggunakan metode statistik. Penulis membuat Company Profile dengan Visual yang menarik sebagai media publikasi Museum Komunikasi & Informatika ataun Museum Penerangan sebagai media publikasi sehingga menarik khalayak luas untuk mengunjungi dan belajar di museum ini.
Kata Kunci :Perancangan ulang, , Media Publikasi, Company Profile.
PERANCANGAN ULANG COMPANY PROFILE MUSEUM KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI KEPADA PUBLIK EKSTERNAL
Ashari Yulia Wanda. (n.d.). Perancangan Company Profile PT Yakin Laris Manis Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal. Retrieved June 13, 2024, from https://repository.bsi.ac.id/repo/41913/Perancangan-Company-Profile-PT-Yakin-Laris-Manis-Sebagai-Media-Publikasi-Kepada-Publik-Eksternal#
Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT CAKRA MAHKOTA DALAM CUSTOMER RELATIONS PT CAKRA MAHKOTA PUBLIC RELATIONS COMMUNICATION STRATEGY IN CUSTOMER RELATIONS. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JKB
Dewa, I., Agus Mahardikayana, G., Kumala Dewi, A., Desi, N. L., Sari, I. D., Komunikasi, D., Rupa, S., & Desain, D. (n.d.). PERANCANGAN ULANG LOGO TUKSEDO STUDIO DI GIANYAR SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Vol. 4, Issue 1).
Fachru Riza Bahijzahy. (2022). APLIKASI COMPANY PROFILE CV. METRIKA TEKHNIK BERBASIS WEBSITE KERJA PRAKTIK Program Studi S1 Sistem Informasi.
Fitriyah, F., & Khasanah, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Terhadap Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Usia 3-4 Tahun. 09(02), 111–118. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6770
Ghiyats Abdulhafizh, L., & Djatiprambudi, D. (2020). PERANCANGAN COMPANY PROFILE JURUSAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. In Jurnal Barik (Vol. 1, Issue 1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (n.d.). Perancangan Ulang Company Profile JawaPos.com sebagai Media Informasi dan Promosi. Retrieved June 8, 2024, from publication.petra.ac.id
Luh, N., Permini, P. E., Made, I., & Atmaja, W. K. (n.d.). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal MODERAT, 8(3).
Lukmanul Hakim, I. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 16 BANDUNG. Repository UPI, Ivan Lukmanul Hakim, 3, 35–45. http://repository.upi.edu/58184/6/S_JKR_1505964_Chapter3.pdf
M Tuju, G. L., Van Rate, P., Pondaag, J. J., Ekonomi Dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi, J. (2022). ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN LQ45 TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2016-2020) ANALYSIS OF EXTERNAL AND INTERNAL FACTORS AFFECTING SHARE PRICES OF LQ45 BANKING COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE (PERIOD 2016-2020). In Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 1).
Made Suyasa, I., & Sedana, N. (2020). MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MEDIA CETAK DI TENGAH GEMPURAN MEDIA ONLINE MAINTAIN THE EXISTENCE OF PRINTED MEDIA IN THE MIDDLE EXPOSED TO MEDIA ONLINE. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JKB
Mega Silvia, O., Ahmad Faizal, F., Malik Ibrahim, A., Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Tinggi Teknologi Bandung, S. (2021). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN PADANG SABANA KAPAU DI KOTA BANDUNG. Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 03.
Miftachul, W. (2022). BAB II LANDASAN TEORI. https://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/373/2/BAB%20I.pdf
Nila Tsamara, A., & Nugraha, J. (2021). Penerapan service excellence sebagai upaya peningkatan kualitas layanan humas pemerintah Kota Surabaya (studi pada koridor co-working space). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1028
Noviantika, S. (2023). 3. TUGAS AKHIR TANPA PEMBAHASAN. https://digilib.unila.ac.id/76499/3/3.%20TUGAS%20AKHIR%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
Puspa Ayudia, A., & Sri Wulandari, S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo Abstrak. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa
Rahayu, P. & T. N. (2022). Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya Dalam Meningkatkan Citra dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Puji Rahayu. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Rezy, M., Rahman, A., & Redaksi, D. (n.d.). INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI (INTECH) PERANCANGAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE PADA DESA TANJUNG KEMALA KECAMATAN BATURAJA TIMUR INFORMASI ARTIKEL ABSTRACT. JURNAL INTECH, 5(1), 35–42. Retrieved June 9, 2024, from https://journal.unbara.ac.id/index.php/INTECH/article/view/2497
Rini, E., & Astuti, W. (n.d.). Analisis Penerapan Prinsip Layout pada Visual Konten Instagram Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan Tahun 2021.
Santika, G. N., Suastra, W., Bagus, I., & Arnyana, P. (2022). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA.
Septiana, D., & Sholeh, E. M. (2021). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DI ERA PANDEMI COVID 19.
Supriani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 2). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Tri Yoga, R., & Setyanto, Y. (2024). Implementasi Peran Praktisi Humas dalam Mengkomunikasikan Kinerja Anggota Fraksi PKS DPR RI Jelang Pemilu 2024.
Utomo, I. W., & Hidayat, S. F. (2020). Strategi Humas Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Museum. 1.
Warouw, D. M. D. (2020). PENTINGNYA WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DESTINASI WISATA DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MINAHASA Oleh YUNICE ZEVANYA SURENTU. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31117
Wati, Y. C. (2021). IMPLEMENTASI AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA CV .WAHANA SEJAHTERA FOODS JOMBANG. IMPLEMENTASI AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA CV .WAHANA SEJAHTERA FOODS JOMBANG, 3, 17–25. https://repository.stiedewantara.ac.id/1960/5/12.%20BAB%203.pdf
Yohana K. Sihombing. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. Repository UHN, Yohana K. Sihombing, 1–25.
Yusra, Z., & Zulkarnain, R. (2021). JOLL 4 (1) (2021) Journal Of Lifelong Learning. Zhara Yusra / Journal Lifelog Learning, 4(1), 15–22.